Apa itu Chromebook? Ini Penjelasan Lengkapnya

Pandemi pada awal tahun 2020 membuat model pembelajaran di banyak belahan dunia mulai berubah, hal ini juga memberikan pengaruh pada proses pembelajaran di Indonesia. Para siswa yang biasanya berangkat ke sekolah mulai beradaptasi dengan Pembelajaran daring yang bisa dilakukan dirumah.

Hal ini jugalah yang kemudian memicu banyak produsen untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk memudahkan proses belajar jarak jauh. Salah satunya yaitu hadirnya Chromebook. Apa itu chromebook?

Istilah Chromebook semakin sering didengar ketika terjadi pandemi yang menyebabkan semua orang harus melakukan berbagai aktivitas baik itu belajar maupun bekerja dari rumah. Istilah Chromebook sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata yakni Chrome dan book.

Anda tentu tidak asing dengan kata Chrome. Kata Chrome ini merujuk pada browser andalan dari Google atau biasa disebut juga Google Chrome. Chrome merupakan browser nomor satu di dunia yang paling banyak digunakan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab memiliki performa yang cepat, serta memiliki tampilan yang menarik.

Lalu apa itu Chromebook? 

Chromebook adalah jenis perangkat computer atau laptop baru yang khusus dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai kegiatan dengan lebih efisien dan simple.

Hal ini disebabkan karena penggunaan ChromeOS sebagai sistem operasinya yang notabenenya sudah amat akrab dengan hal tersebut seperti pada perangkat smartphone yang digunakan sehari-hari. Mengerjakan berbagai tugas dengan lebih cepat dan lebih mudah bukanlah hal yang sulit jika menggunakannya. 

Perlu diketahui juga bahwa sistem operasi yang digunakan Chromebook adalah Chrome OS. Fungsi utama Chrome OS pada Chromebook adalah untuk menjembatani antara software dengan hardware.

Sama halnya seperti pada smartphone, ketika tidak memiliki sistem operasi maka perangkat tersebut tidak dapat digunakan untuk menjalankan suatu aplikasi apapun. Masih penasaran dengan pertanyaan apa itu chromebook?

Apakah Chromebook Bisa Digunakan Saat Offline?

Memang benar, Chromebook adalah perangkat yang akan lebih maksimal jika digunakan secara online, namun bukan berarti saat keadaan offline tidak bisa digunakan. Anda masih dapat melakukan berbagai pekerjaan secara offline sama seperti penggunaan smartphone tanpa koneksi internet. 

Hal ini juga berlaku pada Chromebook, Anda masih dapat melakukan kegiatan seperti membaca dan menulis email dengan Gmail Offline, menulis catatan atau membuat daftar dengan Google Keep, membuat dan mengedit dokumen, slide, atau spreadsheet menggunakan aplikasi Google Drive (Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide), melihat dan mengonfirmasi kehadiran di acara dengan Google Kalender, melihat dan mengedit foto yang tersimpan dengan editor foto bawaan, menikmati musik atau video dengan pemutar media bawaan. 

Oleh sebab itu, selain mengupload beberapa file penting favorit ke Cloud atau Google Drive, Anda juga harus memiliki back-upnya pada penyimpanan lokal perangkat. Sehingga jika sewaktu-waktu dalam keadaan offline tanpa koneksi internet tetap dapat melanjutkan tugas-tugas maupun aktivitas Anda.

Perbedaan Laptop Biasa dengan Chromebook

Beberapa hal tentang perbedaannya sebetulnya sudah sedikit disinggung di atas, namun untuk lebih jelasnya mari bahas kembali secara lengkap. Perbedaan pertama dari laptop biasa dan Chromebook adalah sistem operasi yang digunakan.

Pada perangkat milik Apple, sistem operasi yang digunakan pada laptopnya adalah MacOS, pada laptop biasa seperti ASUS, Acer, LG, Dell dan lainnya menggunakan Windows dan Linux, sedangkan sistem operasi khusus yang digunakan Chromebook adalah ChromeOS buatan Google.

Perbedaan penggunaan system operasi ini nantinya akan mempengaruhi aplikasi yang dapat digunakan (compatible). Jika laptop biasanya menggunakan aplikasi software Microsoft Office, pada Chromebook bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets.

Keduanya memiliki fitur serupa, namun pada aplikasi Google Docs, Slides, dan Sheets memungkinkan penggunanya dapat membukanya secara langsung melalui browser secara online. Hal ini akan sangat membantu ketika digunakan bersama tim, masing-masing orang bisa ikut mengeditnya hanya dengan membagikan link yang tersedia. Pekerjaan tim juga menjadi lebih optimal.

Baca Juga  ASUS ExpertBook B3 Flip Harga Terjangkau dengan Spesifikasi Memukau

Selain itu, Chromebook juga memiliki akses untuk menggunakan aplikasi di perangkat android. Selama masih menggunakan akun Google yang sama. Jika pernah membeli Chromebook sebelumnya, kemudian menggantinya ke perangkat Chromebook baru, proses migrasi datanya bisa dilakukan dengan mudah. Sebab data-datanya biasanya sudah disimpan pada cloud yang tersedia. Pengguna hanya perlu membukanya, tentu harus ada koneksi internet yang memadai.

Keunggulan Chromebook 

Keunggulan paling mencolok dari Chromebook adalah soal harganya yang jauh lebih murah dari pada laptop biasa lainnya. Hal ini disebabkan karena Google bekerja sama dengan produsen laptop agar Chromebook tetap terjangkau. Sehingga baik produsen maupun konsumennya tak perlu khawatir dengan harga sebagian besar software yang tersemat padanya. Harganya yang lebih murah ini juga disebabkan karena hardware yang digunakan lebih rendah dari pada laptop biasa. 

Tidak perlu khawatir, meskipun begitu penggunaan Chrome OS jauh lebih ringan dibandingkan dengan Windows. Tampilan Chrome OS yang menghadirkan user interface (UI) sederhana membuatnya mudah dipahami oleh penggunanya dari semua kalangan. Pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia.

Untuk mengatasi kapasitas penyimpanan yang kecil, pengguna bisa menjalankannya dengan penyimpanan cloud. Salah satu fitur bawaan unggulan dari Google, lengkap dengan sistem keamanannya yang berlapis.

Chrome OS yang terinstall pada laptop Chromebook sudah mencakup fitur Verified Boot. Melalui fitur ini setiap kali laptop Chromebook dihidupkan, sistem secara otomatis akan mengecek keamanan, termasuk aplikasi yang berjalan di background demi mencegah malware masuk.

Seperti yang ada pada android, pengguna dapat menginstall ribuan aplikasi secara gratis melalui Chrome Web Store (Google Play Store) untuk bermain maupun bekerja. Selanjutnya, proses booting pada laptop ini terbilang cepat, hanya perlu beberapa detik Chrome OS akan menampilkan layar utama pertama kali dihidupkan.

Keunggulan lain yang tidak kalah penting dari Chromebook adalah daya tahan baterainya yang panjang atau tahan lebih lama. Baterainya mampu bertahan hingga 12 jam sekali charge. Namun seperti penggunaan baterai pada perangkat apapun, seiring usia daya tahan baterai pada Chromebook juga akan menurun.

Kelemahan Chromebook

Sisi kelemahan paling menonjol dari Chromebook adalah spesifikasinya yang rendah dibandingkan dengan laptop lainnya. Jika dikembalikan pada preferensi penggunanya, mungkin hal ini bisa menjadi kelebihan juga karena didukung oleh system operasi yang lebih ringan.

Kelemahan selanjutnya yaitu ketergantungan koneksi internet. Seperti yang telah diketahui bahwa perangkat Chromebook dirancang khusus untuk mendukung kegiatan yang bersifat online. Berbagai aplikasi atau fiturnya dapat bekerja secara maksimal ketika terhubung dengan koneksi internet. Jika di daerah Anda koneksi internetnya masih buruk atau bahkan tidak tersedia sama sekali, maka pertimbangkan kembali saat memilihnya.

Jika Anda sering menggunakan laptop untuk mendukung pekerjaan sebagai desainer grafis, editor foto video, sering melakukan rendering, penggunaan aplikasi Adobe, maka laptop ini jelas tidak cocok.

Hal ini disebabkan karena prosesor dan kartu grafis yang digunakan memang jauh di bawah kebutuhan tersebut. Mengingat pada kebutuhan penggunaan Chromebook yang terbatas, sehingga tidak memerlukan dukungan penunjang untuk hal-hal tersebut dibandingkan dengan Windows OS.

Dengan spesifikasi yang cukup standar ini, Chromebook dibanderol dengan harga yang jelas lebih terjangkau dibandingkan laptop Windows pada umumnya. Tidak heran jika laptop ini disebut-sebut sebagai laptopnya pelajar dan mahasiswa. Soal harga biasanya Chromebook dibanderol dengan harga antara $100-300 atau sekitar Rp1,5-4 jutaan tergantung spesifikasi yang disematkannya.

Jadi, itulah penjelasan seputar pertanyaan tentang apa itu chromebook. Namun, sebelum melakukan pembelian, pastikan bahwa device yang anda beli sudah memenuhi kebutuhan yang memang diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

8 Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

8 Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

0
Ada beberapa cara menghapus aplikasi di laptop harus diketahui untuk memudahkan Anda mengelola aplikasi yang digunakan. Sama seperti smartphone, aplikasi yang tidak penting pada...
× Hubungi Kami