ASUS C202SA Chromebook Laptop Khusus Kebutuhan Belajar

ASUS C202SA Chromebook merupakan laptop yang khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dan aktivitas sehari-hari dengan intensitas tinggi. Laptop ini sengaja dibuat dengan ketahanan yang kompak dan ringan untuk memudahkan dibawa kemanapun.

ASUS C202SA Chromebook merupakan laptop Chromebook berukuran 11 inci paling Tangguh yang ideal bagi para pelajar. Tak perlu khawatir jika laptop ini suatu saat jatuh atau terkena tumpahan ketika sedang digunakan oleh anak. Sebab laptop ASUS C202 SA Chromebook ini telah dirancang khusus untuk mengantisipasinya. Dengan kualitas buid yang kokoh, keyboard yang solid, dan masa pakai baterai yang mampu bertahan seharian membuatnya layak dipertimbangkan.

Baca Juga: Inilah Chromebook Harga 5 Jutaan dengan Kualitas Istimewa

Biasanya orang tua dan guru akan khawatir jika perangkatnya digunakan oleh anak maupun muridnya. ASUS secara tanggap memahami keluhan ini sehingga mendorongnya untuk menciptakan perangkat yang tahan lama dan mampu bertahan ketika tidak sengaja mengalami insiden, baik itu jatuh dari meja hingga terkena tumpahan minuman.

Desain ASUS C202SA Chromebook

Desain ASUS Chromebook C202 pada bagian bodinya menggunakan sasis bermaterial plastik berwarna putih dengan tepi lengkung karet berwarna biru. Seperti yang telah disinggung di awal, laptop ini bahkan dapat menahan jatuh bahkan tanpa goresan sedikitpun. Hal ini disebabkan karena adanya pengaman dinding karet di bagian tepinya.

Laptop ini secara khusus didesain agar dapat dengan mudah saat diperbaiki. Anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk membongkar, memperbaiki, dan merakit kembali Chromebook ini menggunakan alat dasar. Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir untuk menyerahkannya kepada anak Anda atau salah satu siswa Anda.

Selain itu, laptop ini telah dirancang agar mudah dibawa kemanapun oleh pelajar, sehingga bobot dan ukurannya pun sangat ringan dan hemat tempat. ASUS C202SA Chromebook memiliki berat hanya 1200g saja dengan dimensi 294 x 200 x 22,4 mm.

Tampilannya yang ringan ini juga telah dikelilingi oleh port yang lengkap, seperti port HDMI, port USB 3.0, jack headphone, dan slot kartu SD pada bagian kirinya. Sedangkan pada sisi kanan, terdapat port USB 3.0 lainnya, port pengisian daya, dan kunci Kensington. Terdapat dua speaker stereo kecil di tepi melengkung kiri dan kanan Chromebook ini. Meski ukurannya kecil, kualitas audio yang dihasilkan juga terbilang bagus.

ASUS C202SA Chromebook dapat diputar ke posisi datar hingga 180 derajat berkat adanya engsel yang kokoh. Ini merupakan langkah cerdas dari ASUS karena dapat mencegah kerusakan karena anak-anak mungkin cenderung secara tidak sengaja membengkokkan tutupnya terlalu ke belakang hingga pecah.

Di sekeliling layarnya terdapat bezel yang sangat tebal yang memberikan Chromebook rasio layar-ke-tubuh sebesar 65%. 

Ukuran teks keyboardnya 15% lebih besar dari pada laptop biasa. Hal ini demi memberikan pengalaman mengetik yang baik pada penggunanya. Pelajar tidak akan kesulitan mengetik dalam situasi cahaya redup. Satu hal yang paling menarik ialah keyboardnya ini memiliki lapisan yang dapat bertahan meski terkena tumpahan. Keyboard tersebut mampu menangani tumpahan 5 cl air berkat pelat logam dan segel miller yang ada di bawah struktur keyboard.

Kinerja Prosesor (CPU) ASUS C202SA Chromebook

ASUS C202SA Chromebook hadir dengan prosesor Intel Celeron N3060, prosesor quad-core dengan cache 2 MB. Prosesornya ini memiliki frekuensi dasar 1,60 GHz dan 2,48 GHz sebagai frekuensi boostnya. 

Tak perlu khawatir, prosesornya cukup cepat dengan waktu booting hanya 9 detik. Waktu boot merupakan seberapa lama waktu yang dibutuhkan perangkat untuk bersiap-siap saat dihidupkan setelah dimatikan.

Baca Juga  Laptop ASUS ProArt StudioBook Pertama dengan Layar NanoEdge Empat Sisi

Kinerja Memori (RAM) ASUS C202SA Chromebook

Laptop ASUS C202SA Chromebook memiliki memori (RAM) berukuran 4 GB RAM LPDDR3. Ini merupakan memori slot tunggal yang tertanam langsung ke motherboard, sehingga tidak memungkinkan untuk diupgrade.

Tenang saja, karena seri Chromebook memang tidak memerlukan memori lebih dari 4 GB untuk menjalankan tugas. Laptop ini bahkan masih mampu digunakan untuk multitasking, beralih dari satu tab ke tab lainnya. Jika hanya 10 tab yang terbuka bersamaan, laptop ini masih mampu melakukannya. Dalam aktivitas harian, mungkin memang sangat jarang membuka tab sebanyak itu dalam waktu bersamaan.

Memori Penyimpanan

Dalam hal penyimpanan, ASUS Chromebook C202 hadir dengan membawa penyimpanan eMMC 16 GB. Mengingat ini adalah laptop Chromebook ukurannya tersebut terbilang cukup, karena memang biasanya pengguna akan menyimpan filenya secara online. Penyimpanan 16 GB cukup untuk Chrome OS dan aplikasi Android yang diperlukan untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Di sisi lain, jika Anda membutuhkan penyimpanan yang lebih luas, Chromebook ASUS ini telah dilengkapi dengan pembaca kartu SD lengkap. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses file yang sudah disimpan di kartu SD melalui perangkat.

ASUS C202SA Chromebook bahkan sudah menyediakan penyimpanan cloud Google sebesar 100GB. Untuk mengakses penyimpanan cloud Google Drive 100GB, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Kinerja Kartu Grafis

Jika berbicara mengenai kartu grafis, Chromebook umumnya bukan pembangkit tenaga grafis terkuat seperti laptop pada umumnya, karena memiliki Intel HD Graphics 400.

Intel HD Graphics 400 adalah kartu grafis terintegrasi yang berarti mengandalkan CPU untuk menjalankan tugas grafis. Sedangkan untuk kecepatannya, GPU ini memiliki frekuensi dasar 320 MHz dan frekuensi boost 600 MHz.

ASUS Chromebook C202SA mampu menghasilkan 60 FPS (frame per detik). Biasanya, semakin tinggi frame rate per detik, semakin baik. Jika bisa menarik kesimpulan, ASUS C202SA Chromebook memiliki kartu grafis rata-rata dengan kinerja rata-rata. 

Masa Pakai Baterai

Laptop ini ditenagai oleh baterai Li-ion 2-sel, 38WHrs. ASUS mengklaim bahwa Chromebook ini memiliki daya tahan baterai rata-rata hingga 10 jam. Artinya, laptop ini mampu bertahan seharian ketika digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Pada kenyataannya mungkin bisa jadi lebih lama, tergantung berbagai factor seperti tingkat kecerahan, jenis dan banyaknya aplikasi yang digunakan. Klaim tersebut jelas tidak berlebihan, karena akan bertahan seharian penuh di sekolah dengan sekali pengisian daya.

Jika ASUS menargetkan perangkat ini untuk memenuhi kebutuhan pelajar maka wajar dan tidak memerlukan perangkat yang kuat untuk tingkat pekerjaan sekolah. Meski bukan perangkat yang memiliki performa yang mumpuni, namun Chromebook masih sanggup menjalankan berbagai tugas harian. Terlebih lagi karena menggunakan Chrome OS yang terkenal lebih ringan dibandingkan dengan Windows.

Demikian beberapa hal terkait ASUS C202SA Chromebook yang perlu Anda ketahui. Laptop ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk pelajar karena dirancang khusus untuk kebutuhan siswa dengan ketahanan yang mumpuni. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena kualitas build yang dimiliki sudah terbukti andal.

Apalagi dengan adanya baterai yang tahan hingga seharian ketika digunakan di sekolah, hanya dengan sekali pengecasan saja. Anda tak perlu repot mencari colokan ketika proses pembelajaran berlangsung. Bobotnya yang ringan dan ukurannya yang hemat tempat juga dapat memudahkan para pelajar membawanya setiap hari.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami