ASUS Chromebook Flip C214: Laptop Entry Level Yang Convertible dan Tahan Banting

Walau tampak gencar memenuhi segmen gaming, tak lantas membuat ASUS mengabaikan segmen lainnya. Kehadiran ASUS Chromebook Flip C214 pada Agustus tahun lalu (2021) adalah buktinya. Berbeda dengan seri ROG yang hadir untuk segmen pasar gamers, laptop yang satu ini diklaim hadir untuk segmen pendidikan. Terutama di masa pembelajaran online.

Desain Fleksibel dan Convertible

ASUS Chromebook Flip C214 dibekali engsel 360o yang membuatnya lebih fleksibel lagi convertible. Sehingga penggunanya bisa lebih “suka-suka” mau menggunakannya dalam mode seperti apa. Tergantung selera dan kebutuhan. Bisa digunakan dalam mode tablet, tent atau mode laptop pada umumnya.

Bukankah desain semacam itu justru rentan mengundang kerusakan pada bagian engselnya? Tak perlu khawatir. Meski didesain dengan engsel yang dapat diputar pada rotasi 360o, ASUS sudah mempertimbangkannya secara matang. Mulai dari aspek pilihan material hingga uji ketahanan.

Engsel ASUS Chromebook Flip C214 terbuat dari material logam ringan. Bukan plastik ataupun resin. Konstruksinya pun amat solid. Sehingga dapat mengurangi resiko pecah, juga dapat bertahan lama.

Pihak ASUS sendiri bahkan telah melakukan uji ketahanan secara khusus pada bagian engsel sebelum produk ini dipasarkan. Konon, pengujiannya dilakukan dengan cara memberikan perlakuan buka-tutup dengan putaran 360o sebanyak 50.000 siklus. Hasilnya? Tak ada kerusakan pada bagian engsel seperti dol atau longgar, pecah dan semacamnya. Tidak pula berdampak pada bagian panel layar, keyboard, maupun komponen yang lain.

Menggunakan ChromeOS

Sesuai namanya, ASUS Chromebook Flip C214, laptop ini menggunakan sistem operasi yang berbeda dari laptop pada umumnya. Jika laptop-laptop pada umumnya cenderung menggunakan sistem operasi berbasis Windows ataupun Apple MacOS, maka laptop keluaran ASUS ini dibekali dengan sistem operasi berbasis ChromeOS besutan Google yang mendukung PlayStore.

Menariknya lagi, sistem operasinya sudah merupakan versi terbaru yang mendukung sebagian besar aplikasi yang ada di PlayStore. Sehingga penggunanya serasa mengoperasikan Smartphone Android. Sensasi ini muncul bukan hanya karena ada keserupaan tentang pilihan aplikasi-aplikasinya, tapi juga tampilan antarmukanya yang mirip dengan tampilan di Smartphone Android.

Karena itu, walau mengunakan sistem operasi yang “nyelenéh” dari kebanyakan laptop, penggunanya diklaim tidak akan merasa kesulitan. Toh, sudah terbiasa dengan pengoperasian Smartphone Android.

Dengan sistem operasi berbasis ChromeOS yang sudah terintegrasi dengan Google PlayStore, laptop ini sangat menunjang kebutuhan pembelajaran. Membuat tugas laporan dengan Google Docs, Sheet atau membuat presentasi dengan Google Slides. Kalaupun ingin menggunakan aplikasi Word, Exel ataupun PowerPoint, misalnya, pengguna bisa langsung mendownloadnya dari PlayStore. 

Desain Tangguh Berstandar Militer

ASUS Chromebook Flip C214 memiliki desain keamanan-cum-ketahanan fisik yang sangat luar biasa. Standar keamanan yang dipakai pun tak tanggung-tanggung: standar militer (military grade). Tepatnya standar MIL-STD 810G.

Apa itu standar MIL-STD 810G?

MIL-STD 810G adalah sebuah metode uji ketangguhan untuk pelbagai macam perangkat, baik untuk keperluan militer maupun komersil, yang rumusannya lahir dari rahim Departemen Pertahanan AS. MIL-STD 810G mencakup serangkaian uji coba dalam berbagai macam kondisi. Tak terkecual cara-cara ekstrem seperti dijatuhkan dari sebuah ketinggian hingga dimasukkan ke dalam air.

Konon, dalam masa uji produk berbasis MIL-STD 810G sebelum dipasarkan, laptop ini pernah dites dengan cara dijatuhkan dari ketinggian 1.2 meter dalam keadaan menyala dengan berbagai posisi jatuh. Hasilnya? Laptop tetap menyala normal tanpa ada kerusakan, baik secara fisik maupun kinerja mesinnya.

Baca Juga  Cara Backup Windows 10 dan Restore Data File dengan Mudah dan Lengkap

Selain dites dengan cara dijatuhkan dari ketinggian, produk ini juga dites segi ketahanannya dari tekanan beban. Cara pengujiannya dilakukan dengan menindihkan beban di atasnya. Tak tanggung-tanggung, beban yang ditindihkan mencapai berat 30 kg. Hasilnya? Fisik maupun kinerja mesin laptop tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Tak hanya itu, uji ketahanan port pun dilakukan dengan memberikan perlakuan “colok-lepas, colok-lepas” sebanyak 5000 siklus. Hasilnya? Daya tahan port I/O ASUS Chromebook Flip C214 sangat istimewa. Tidak ada kerusakan sama sekali akibat perlakuan tersebut. Seluruh lubang port I/O masih tetap berfungsi normal.

Sangatlah wajar bila ASUS Chromebook Flip C214 punya kualitas ketangguhan yang istimewa. Sebab, dilihat dari desain fisiknya pun laptop ini memang telah dibekali dengan fitur-fitur proteksi yang mampu membuatnya aman dari benturan, tekanan beban dan bahkan cipratan atau tumpahan air.

Sekeliling tepian laptop ini dilapisi dengan karet pelindung yang cukup solid. Sehingga dapat berfungsi untuk menahan dan meminimalisir kerusakan akibat benturan. Tak hanya itu, bagian layar ASUS Chromebook Flip C214 dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang dapat menahan goresan—bahkan retakan—akibat tekanan maupun benturan. Apalagi layar yang digunakan laptop ini berjenis layar sentuh (touchscreen) dengan dimensi 11.6″.

Sementara pada bagian keyboard dilengkapi dengan dua fitur proteksi berikut. Pertama, fitur Anti spill yang berfungsi untuk menunjang ketangguhan keyboard dari cipratan atau tumpahan air. Konon, fitur anti spill pada ASUS Chromebook Flip C214 diklaim mampu menahan tumpahan air hingga 66 cc atau 66 ml.

Kedua, fitur Tamper-resistant keyboard, yaitu fitur proteksi berupa pengurangan sela antara sudut tuts keyboard dengan lubang di sekelilingnya. Fungsinya untuk meminimalisasi kemungkinan tuts tercongkel, juga mengurangi kemungkinan masuknya benda-benda asing ke area bawah keyboard.

Tak hanya itu, bagian keyboard ASUS Chromebook Flip C214 juga diletakkan pada struktur internal yang kokoh berbahan baja ringan. Sehingga ketika ada tekanan fisik yang cukup kuat pada keyboard tidak akan membuat komponen di bawahnya terganggu.

Performa dan Spesifikasi ASUS Chromebook Flip C214

ASUS Chromebook Flip C214 memang tidak dirancang sebagai laptop gaming kelas AAA ataupun profesional video editing. Jadi, jangan bandingkan seri ROG yang punya performa istimewa. Sebab, dari spesifikasinya pun seri Chromebook Flip yang satu ini tergolong laptop entry level.

Laptop ini dibekali processor dual-core Intel Celeron N4000 yang berkecepatan 1.1GHz hingga 2.8GHz. Untuk grafisnya pun masih pakai VGA berbasis Integrated Intel HD Graphics. Apalagi memori RAM-nya yang berkapasitas 4GB.

Untuk penyimpanannya? Laptop ini hanya dibekali kapasitas penyimpanan sebesar 32GB eMMC. Untungnya terbantu dengan sistem operasinya yang memakai ChromeOS, bisa memanfaatkan Google Drive.

 
Processor Dual-core Intel® Celeron® N4000 1.1 GHz (4M Chace, up to 2.8GHz
Display Touchsceen, 11.6″, LED Backlit, HD (1366 x 768) 16:9, 235nits, 50% NTSC, Anti-glare, Wide-View, Screen-to-body ratio 65%
OS ChromeOS
Storage eMMC 5.1 32GB
RAM Memory 4GB 2400MHz LDDR4 on board, Memory Max up to 8GB
Graphics Intel® UHD Graphics 600
Input/Output Ports 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A2x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display/power delivery1x 3.5mm Combo Audio Jack
Cameras Front: 1MP up to HD 720p videoRear: 5MP up to Full HD 1080p video
Connectivity Wi-Fi: Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio Built-in SpeakerBuilt-in Array Microphone with Google Assistant voice-recognition support
Battery 50WHrs, 3SP1P, 3-cell Li-ion
Dimensions 29.20 cm x 19.90 cm x 1.95 cm ~ 20.10 cm
Weight 1.2 kg
Color Dark Grey
Kyboard & Touchpad Chiclet keyboard1.5 mm Key-travelSpill-resistant keyboard
Military Grade US MIL-STD 810G military-grade-standard
Regulatory Compliance EPEATEnergy star
Security Titan C Scurity ChipKensington Security SlotTM
Included in the Box (Optional) Stylus

Simpulan

ASUS Chromebook Flip C214 meski tergolong laptop entry level lantaran speknya tidak seistimewa seri ROG, namun secara ketangguhan fisik punya nilai yang cukup tinggi. Tak tanggung-tanggung, standar yang dipakai adalah military grade: MIL-STD 810G. Dengan mengusung desain yang convertible, ditambah penggunaan sistem operasi berbasis ChromeOS yang sangat mendukung PlayStore, laptop besutan ASUS yang satu ini memang cocok digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, bukan untuk gaming kelas AAA.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami