ASUS ChromeBook Flip C436: Stylish, Elegan dan Powerfull

Kehadiran ASUS ChromeBook Flip C436 tampaknya menjadi jawaban ASUS atas permintaan pasar yang membutuhkan sebuah ChromeBook yang tak sekadar ChromeBook. Model ChromeBook satu ini hadir dengan segala keistimewaan. Baik prejengan fisik, spesifikasi hardware maupun fitur-fitur yang tersemat di dalamnya.

Hanya dari prejengan fisiknya saja, kesan premium langsung bisa ditangkap bahwa laptop ini bukan sembarang ChromeBook. Apalagi sampai tahu detail spek serta pelbagai fitur yang dilekatkan, kami jamin soal ke-premium-an ChromeBook satu ini tak sekadar sebuah kesan, melainkan akan menjadi sebuah keimanan yang tak bisa ditawar-tawar.

Baca Juga: ASUS Chromebook Flip C436 Harga dan Spesifikasinya

Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan pada paragraf-paragraf di bawah ini:

Desain ASUS ChromeBook Flip C436

ASUS ChromeBook Flip C436 mengusung gabungan konsep portabilitas, fleksibilitas dan mobilitas dalam balutan desain yang stylish, elegan dan powerfull. Laptop yang menjadi pemenang dalam ajang “Reddot Awards 2020” ini hadir dalam dua opsi warna: Silver Transparan dan Aerogel White.

Polesan warna silver transparan memberi kesan futuristik yang elegan. Sementara Aerogel White memberikan pandangan baru yang segar pada rona putih standar. Uniknya, polesan Aerogel White ini akan memunculkan nuansa warna-warna halus saat sudut pandang berubah berkat lapisan khusus yang menyelimutinya. Mulai dari nuansa putih tradisional, biru, ungu, merah, dan merah muda.

Tampilannya ramping dengan sasis yang mengusung desain tirus ganda yang amat presisi. Sehingga tepiannya tampak membentuk huruf V yang memudahkan penggunanya dalam membuka ChromeBook satu ini.

Di bagian tengah pada cover case-nya tersemat embossed logo ASUS metalik dengan aksen teks terbelah oleh garis tipis secara horizonal. Serta terdapat label Chrome di pojok kiri atas (dari sudut pandang orang yang melihat). Tak lupa label Harman Kardon tersemat di area palm rest sisi kanan, persisnya di bawah tombol arah.

Mengusung desain engsel ErgoLift yang dapat diputar pada posisi 360o (Flipable) berbahan metal. Desain ErgoLift ini tentunya sangat multifungsi. Selain dapat memberikan kenyamanan penggunanya saat mengetik pada mode laptop (135o), juga membantu meningkatkan audio yang kuat, sekaligus menciptakan ruang ventilasi ekstra di bagian bawah laptop. Lantaran sasis bodi bagian belakang akan sedikit terangkat berkat topangan dari layar.

Sementara desain Flipable 360o membuat ASUS ChromeBook Flip C436 sangat fleksibel lagi konfertibel. Dapat digunakan dalam berbagai mode, sesuai kebutuhan penggunanya. Mulai dari mode laptop, tent, tablet, hingga lay-flat.

Bodi ChromeBook premium satu ini cukup ringkas dan ringan. Dimensi bodinya punya ukuran  319.54 x 205.3 x 13.76 mm dengan bobot yang hanya 1.1 kilogram saja. Membuatnya tetap mudah untuk dibawa ke mana pun oleh penggunanya.

Ringannya bobot seri ChromeBook satu ini tidak lepas dari material magnesium alloy yang digunakan untuk konstruksi bodinya. Sebuah material yang diklaim punya jenis massa lebih ringan (1.73 gram/cm3) ketimbang alumunium (2.73 gram/cm3).

Desain tombol power dan volume diletakkan di sisi kiri. Tak lupa sepasang lubang speaker di masing-masing sisi dan cukup panjang di sekitar kaki layar, dengan memanfaatkan teknologi dari Harman Kardon, yang diklaim memberikan pengalaman audio optimal saat laptop dipakai dalam berbagai mode.

ASUS ChromeBook Flip C436 Usung Teknologi NanoEdge Display

Walau sasisnya berukuran 13 inci, namun layar ASUS ChromeBook Flip C436 ternyata punya ukuran 14 inci. ASUS menyebutnya dengan sebutan teknologi NanoEdge Display. Sebuah teknologi yang memungkinkan panel layar mampu dikemas ke dalam dimensi bodi yang punya ukuran lebih kecil daripada panel layarnya. Berkat teknologi ini, ChromeBook Flip C436 memiliki rasio layar ke bodi (screen-to-body ratio) mencapai 85 persen.

Sebagai sebuah laptop konfertibel yang dapat diubah-ubah mode penggunaannya, termasuk salah satunya mode tablet, layar laptop ini tentu sudah mengusung teknologi layar sentuh (touchscreen). Baik dengan jari ataupun stylus. Fitur touchscreen pada laptop ini sangat responsif. Tak terkecuali saat menggunakan stylus, selain hasilkan respons sentuhan yang cepat, juga sangat akurat.

Menggunakan panel layar glossy LED Backlit level IPS yang memiliki resolusi FHD (1920 x 1080) 16:9. Tingkat kecerahan warnanya mencapai 300nits, dengan ketajaman dan akurasi warna  mencapai 100%. Serta telah dilengkapi dengan fitur Anti-glare yang dapat meredam efek pantulan cahaya saat digunakan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan dengan  pencahayaan yang terang.

Baca Juga  Rekomendasi ASUS Chromebook Untuk Pelajar

Keyboard ASUS ChromeBook Flip C436

ASUS Chromebook Flip C436 dibekali keyboard yang memiliki desain jarak antar tombol yang pas, dengan gaya tekan yang sesuai. Pakem keyboard ChromeBook Series besutan ASUS memang punya khas seperti itu. Tujuannya agar pengguna yang sebelumnya terbiasa memakai laptop berbasis Windows bisa langsung beradaptasi dengan cepat.

Komponen keyboard ASUS ChromeBook Flip C436 sudah dibekali LED Backlit berwarna putih. Selain menambah sisi keanggunan, fitur ini juga sangat berguna pada saat penggunaan di ruangan gelap. 

Hanya saja, terdapat beberapa perubahan layout tombol pada keyboard seri ChromeBook satu ini dibanding laptop Windows pada umumnya. Misalnya tombol F1-F12 yang diganti dengan tombol fungsi seperti volume, tingkat kecerahan layar, back dan forward, dan fungsi lainnya.

Selain itu, pengguna laptop ini tak akan menemukan tombol Windows, lantaran diganti dengan tombol Alt dengan ukuran lebih lebar. Begitu juga dengan tombol Caps Lock yang diganti dengan tombol Search yang berfungsi untuk mempercepat pencarian.

Di ujung kanan-atas keyboard, tepatnya persis di atas tombol Backspace, terdapat wadah pemindai sidik jari (fingerprint). Desainnya mirip seperti sebuah tombol, namun tak bisa ditekan-tekan. Sehingga ASUS Chromebook Flip C436 diklaim sebagai salah satu ChromeBook pertama yang telah dilengkapi sensor sidik jari.

Sementara trackpad seri Chromebook satu ini punya ukuran yang cukup lega. Untuk gesturnya sih tak jauh berbeda dengan trackpad versi Windows. Permukaannya halus, sehingga nyaman digunakan untuk gerakan multisentuh untuk sebuah kontrol yang halus dan akurat.

Seri Chromebook satu ini menyediakan port yang lebih sedikit. Hanya terdiri dari dua port USB-C, satu port audio jack 3.5mm, dan slot Micro SD.

Spesifikasi Mesin ASUS ChromeBook Flip C436

Sebagai sebuah laptop premium, ASUS membekali seri ChromeBook satu ini dengan komponen dapur pacu berspesifikasi tinggi untuk hasilkan tenaga yang powerfull. Di sisi CPU, misalnya, ASUS Chromebook Flip C436 ditenagai oleh basis prosesor 10th Gen Intel CoreTM, dengan beberapa opsi variannya. Mulai dari CoreTM i3-10110U, CoreTM i5-10210U hingga CoreTM i7- 10510U.

Ditopang dengan pilihan RAM LPDDR3 yang cukup lega, yakni 8GB hingga 16GB. Serta media penyimpanan berbasis pada SSD NVMe M.2 PCIe Gen3 dengan format dual chanel yang tawarkan beberapa opsi kapasitas, mulai dari 128GB, 256GB, hingga 512GB. Juga bekal grafis yang berbasis pada 

Dengan kombinasi hardware dapur pacu tersebut ASUS menjamin kinerja laptop yang istimewa. Tanpa khawatir lemot, apalagi ngelag pada saat digunakan. Termasuk dalam menjalankan beberapa aktivitas yang bersifat multitasking.

Semisal Anda melakukan beberapa aktivitas seperti bekerja dengan G Suite, browsing, menonton film, sampai bermain game. Semua aktivitas tersebut dapat dikerjakan dengan lancar selama Anda memiliki koneksi internet.

Bahkan untuk bermain game, Asus Chromebook Flip C436 juga mampu menjalankan berbagai macam genre dengan mulus. Jenis game yang tersedia tentunya bergantung pada Google Play Store, dan juga berpengaruh terhadap dukungan game tersebut.

Sekadar catatan, ketika Anda memainkan game yang hadir hanya untuk Android, misalnya, maka tampilan layar akan mengecil menyerupai layar smartphone. Sedangkan untuk game yang telah mendukung ChromeOS, layar permainan akan menyesuaikan resolusi laptop.

Dari segi daya tahan baterai, seri ChromeBook satu ini tergolong sangat baik. Ketahanan daya baterainya diklaim mampu menopang produktivitas hingga 12 jam. Untuk pengisian daya, port USB-C memberikan kecepatan pengisian yang cukup tinggi.

Berbekal seabrek keistimewaan, ASUS ChromeBook Flip C436 layak bersanding dengan deretan laptop premium besutan ASUS lainnya. Tak heran bila laptop satu ini dibanderol dengan harga di kisaran angka belasan juta. Sebuah harga yang pantas untuk sekelas laptop istimewa.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami