ASUS Chromebook Flip C436 Harga dan Spesifikasinya

ASUS Chromebook Flip C436 harga masih cukup terjangkau, sebagai laptop khusus dari pemerintah yang bertujuan untuk menunjang Pendidikan ini telah menggunakan sistem operasi Chrome OS dari Google. Oleh sebab itu, popularitas laptop Chromebook pun mulai semakin tinggi berkat dikenalkannya laptop khusus dari pemerintah untuk kebutuhan belajar. 

Laptop Chromebook memang identic dengan harganya yang terjangkau. Begitu juga dengan ASUS Chromebook Flip C436 harga laptop satu ini juga masih terjangkau. Meskipun spesifikasi yang ditawarkan cenderung lebih tinggi dari laptop Chromebook lainnya.

Sistem operasih Chrome OS dikenal ringan, sehingga kebanyakan produk Chromebook tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi seperti laptop gaming. Karena memang kebutuhannya untuk belajar. Kemudian Chromebook Flip C436 harga hingga belasan juta muncul. Mematahkan anggapan tersebut, justru melampaui ekspektasi. Laptop ini semakin terasa overkill untuk sebuah laptop dengan system operasi Chrome (Google).

Baca Juga: ASUS C202SA Chromebook Laptop Khusus Kebutuhan Belajar

Desain ASUS Chromebook Flip C436

ASUS Chromebook Flip C436 harga sebanding dengan kemewahan desain dan spesifikasi yang dimilikinya. Ketika Anda melihatnya, tampilan laptop ini terkesan premium dengan balutan finishing mewah serta lapisan logo ASUS yang membuatnya semakin menarik.

Laptop ini hadir berwarna Aerogel White dengan lapisan khusus, sehingga ketika menangkap cahaya akan muncul gradasi warna yang sangat tipis. Hampir keseluruhan bodinya dibangun dari magnesium-alloy. Hal ini membuat bobotnya menjadi sangat ringan, yaitu 1,1 Kg saja. Sedangkan ketebalannya kurang dari 14 mm saja. 

Jika merujuk pada ukuran layarnya yang berukuran 14 inci, bobot tersebut jelas tergolong sangat ringan. Bobotnya yang ringan ini bukan berarti akan membuatnya minim keunggulan, justru sebaliknya. Layarnya bahkan dapat dibuka hingga 360 derajat ke belakang. Berkat sudut yang ditingkatkan, Anda dapat membukanya dengan mudah dari posisi tertutup menggunakan satu tangan saja.

Teknologi ErgoLift 360 derajat dari ASUS tidak kaku, namun juga kokoh secara bersamaan. Layarnya tidak akan goyang saat disentuh dengan tangan maupun stylus. Pada penggunaan mode laptop, bagian keyboardnya akan sedikit terangkat demi tingkat kenyamanan saat mengetik agar semakin baik.

Sebagai laptop convertible, ASUS Chromebook Flip C436 memiliki sensor sidik jari yang akurat dan responsive. Teknologi sidik jari memang sangat jarang ditemukan pada laptop Chromebook, namun laptop ini sudah memilikinya untuk mendukung fitur keamanan di dalamnya.

Saat menggunakan mode tablet, tampilan antarmukanya juga ramah dengan input sentuh. Apalagi jika Anda menggunakan laptop ini untuk rapat virtual, kualitas webcam-nya sebanding dengan harga, cukup jelas dan lebar. Suara yang dihasilkannya pun akan terasa sangat jernih tanpa adanya noise yang berarti. 

Layar ASUS Chromebook Flip C436

Tampilannya yang mewah tersebut dibarengi dengan performa yang powerful yang dapat menunjang kreativitas. Layarnya tersusun atas empat bezel tipis dengan permukaan glossy, bagian bezel kacanya menyatu dengan layar. Hal ini membuatnya akan terlihat bersinar ketika digunakan pada area indoor.

Meski tingkat kecerahannya hanya 300 nits, namun masih tetap nyaman saat digunakan di luar ruangan. Panel layar IPS-level laptop Chromebook satu ini memiliki sudut pandang lebar, kontras tinggi serta cakupan warna 100% sRGB.

Saat Anda ingin menonton film menggunakan laptop ini, akan lebih nyaman dengan menggunakan tent mode atau tablet mode. Sehingga pandangan mata tidak teralihkan oleh keyboard. Laptop ini juga akan sangat mendukung kreativitas Anda, sebab sudah didukung oleh stylus standar USI 1.0 yang dapat ditempelkan ke bezel laptop.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Scroll 2 Jari Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

ASUS Chromebook Flip C436 ini memiliki stylus bawaan canggih dan cukup presisi, bahkan mampu mendeteksi kedalaman tekanan penggunanya. Jika Anda adalah orang yang kreatif, maka laptop ini cocok untuk Anda gunakan saat menggambar. Tampilan user interface (antarmuka) Chrome OS terasa cukup optimal dengan input sentuh, meski tanpa stylus atau langsung menggunakan jari pun terasa nyaman digunakan.

Performa Overkill

Jika laptop ASUS Chromebook Flip C436 harga yang cukup terjangkau sudah menggunakan prosesor Intel® Core™ i5-10210U jelas terasa overkill. Mengingat system operasi yang digunakannya yaitu Chrome OS yang terkenal lebih ringan dari pada Windows. Apalagi kegunaannya untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, tentu performanya terlalu lebih dari cukup.

Chromebook varian Core™ i3 saja sudah sangat cukup, apalagi Core™ i5. Terlebih lagi, laptop ini dibekali dengan RAM berukuran 8 GB dan penyimpanan SSD 256 GB berjenis NVMe, semua aktivitas harian yang akan Anda lakukan menggunakan laptop ini jelas akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Jika Anda adalah pengguna smartphone Android, menggunakan laptop Chromebook memiliki cukup banyak benefit yang diterima. ASUS Chromebook Flip C436 harga terjangkau ini sudah dapat tersinkron dengan Android berkat Chrome OS yang dimilikinya. Semua notifikasi smartphone Anda juga dapat secara otomatis muncul di laptop. Menariknya lagi, Anda dapat membuka kunci laptop hanya dengan meletakkan kedua perangkat yaitu smartphone dan laptop secara berdekatan.

Baterai Tahan Lama

Performanya yang tinggi tidak membuat laptop ini boros baterai. Justru sebaliknya, ASUS Chromebook Flip C436 telah dilengkapi dengan baterai 42WHr 3-cell, diklaim mampu bertahan sampai 12 jam. Sayangnya skenario penggunaan asli masih jauh dari klaim tersebut. Pada penggunaan lebih secara terus menerus, daya tahannya berkisar antara 6-7 jam. Butuh waktu kurang dari 2 jam untuk mengisi daya hingga penuh. Waktu penggunaannya yang terbilang cukup lama tersebut, laptop ini cocok digunakan seharian penuh di sekolah. 

Spesifikasi Utama dan Harga ASUS Chromebook Flip C436

Berikut ini spesifikasi utama yang ditawarkan ASUS Chromebook Flip C436 harga yang masih terjangkau, antara lain:

  • Layar: 14 inci LED-backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 slim-bezel NanoEdge, 178° wide-view technology,IPS-level (In-Plane Switching), Stylus support (USI), 100% sRGB
  • Prosessor: Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)
  • VGA (Graphic Card): Intel UHD Graphics
  • RAM (Memory): 8GB LPDDR3
  • Storage: 256GB PCIe® NVMe™ 3.0 SSD
  • Operating System: Chrome OS
  • Dimensi: 31,9 x 20,5 x 1,37 cm
  • Baterai: 3-cell 42WHr
  • Plug Type: USB-C®
  • Konektivitas: Webcam 720p HD, Bluetooth 5.0, Intel® WiFi 6, NFC, I/O Interface, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display/power delivery, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader, and Other
  • Audio: Quad-speaker Harman Kardon-certified audio system, Array microphone with Cortana voice-recognition support
  • Harga: Rp17.379.000

Secara umum, dari segi penampilannya laptop ini memiliki material premium, dengan kualitas layar sentuh prima yang convertible dan dapat diputar 360 derajat. Stylus bawaannya sensitif terhadap tekanan. Performanya dapat dikatakan lebih kencang dibandingkan dengan laptop Chromebook lainnya. 

ASUS Chromebook Flip C436 harga bersaing dengan laptop biasa lainnya, namun bisa jadi laptop ini lebih diunggulkan karena menggunakan system operasi Chrome OS yang dikenal lebih ringan dari pada bawaan laptop biasa.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here