Asus Chromebook Flip: Desain Konvertibel, Fisik Tangguh Kelas Militer

Di seri chromebook, Asus kembali mengeluarkan produknya. Tentu saja dengan sisipan inovasi sebagai daya tawarnya. Produk tersebut diberi nama Asus Chromebook Flip. Sebuah laptop 2in1 yang sangat mendukung aktivitas produktif para penggunanya, tanpa khawatir soal safety dan ketangguhannya berkat desain yang dirancang secara khusus berstandar militer. 

Dibekali Engsel Ergolift 360o

Mengusung desain “Flip” yang secara harfiah berarti “dapat dibalik”, Asus Chromebook Flip dibekali desain engsel 360o. Sehingga seri chromebook besutan Asus yang satu ini punya nilai lebih dari seri chromebook yang telah hadir sebelumnya. Dengan engsel yang dapat diputar pada posisi 360o membuat Asus Chromebook Flip lebih feksibel dan konvertibel dalam penggunaannya.

Dengan desain engsel 360o, laptop seri ini dapat digunakan dengan berbagai mode. Sesuai selera dan keperluan penggunanya. Ketika ingin berbagi layar dalam konteks menonton bersama teman, model tent bisa menjadi pilihan. Atau ketika ingin memungsikan bagian layar sentuhnya secara maksimal untuk scrolling, pengguna bisa menggunakannya dalam mode tablet. Intinya, laptop ini sangat konvertibel, bisa dirubah mode penggunaanya secara “suka-suka”.

Bukankah desain semacam itu rentan mengundang kerusakan pada bagian engselnya? Tak perlu khawatir. Meski didesain dengan engsel yang dapat diputar pada rotasi 360o, Asus sudah mempertimbangkannya secara matang. Mulai dari aspek pilihan material hingga uji ketahanan.

Engsel Asus Chromebook Flip terbuat dari material logam ringan. Bukan plastik ataupun resin. Konstruksinya pun amat solid. Sehingga dapat mengurangi resiko pecah, juga dapat bertahan lama.

Pihak Asus sendiri bahkan telah melakukan uji ketahanan secara khusus pada bagian engsel sebelum produk ini dipasarkan. Konon, pengujiannya dilakukan dengan cara memberikan perlakuan “buka-tutup” dengan putaran 360o sebanyak 50.000 siklus. Hasilnya? Tak ada kerusakan pada bagian engsel seperti dol atau longgar, pecah dan semacamnya. Tidak pula berdampak pada bagian panel layar, keyboard, maupun komponen yang lain.

Ketahanan Fisik Berstandar Militer Berkat Beberapa Fitur Proteksi Yang Disematkan

Asus Chromebook Flip didesain dengan tingkat ketahanan sekaligus keamanan fisik yang sangat luar biasa. Standar yang dipakai pun tak tanggung-tanggung, yakni standar militer. MIL-STD 810G Military Grade.

Sekadar info, MIL-STD 810G adalah sebuah standarisasi yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menguji aspek keamanan dan ketangguhan berbagai macam produk/perangkat, baik untuk keperluan militer maupun komersil. Teknisnya mencakup serangkaian uji coba dalam berbagai macam kondisi. Tak terkecual cara-cara ekstrem seperti dijatuhkan dari sebuah ketinggian hingga dimasukkan ke dalam air.

Sebelum dipasarkan, Asus Chromebook Flip pernah diuji terlebih dahulu dengan menggunakan standar tersebut yang mencakup beberapa perlakuan berikut. Tes ketahanan dari benturan yang dilakukan dengan cara dijatuhkan dari ketinggian 1.2 meter dalam keadaan menyala dengan berbagai posisi jatuh. Hasilnya? Laptop tetap menyala normal tanpa ada kerusakan, baik secara fisik maupun kinerja mesinnya.

Tes ketahanan dari tekanan beban juga dilakukan. Cara pengujiannya dilakukan dengan menindihkan beban di atasnya. Tak tanggung-tanggung, beban yang ditindihkan mencapai berat 30 kg. Hasilnya? Fisik maupun kinerja mesin laptop tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Bagian port pada produk ini pun tak luput dari perlakuan uji ketahanan. Caranya dilakukan dengan memberikan perlakuan “colok-lepas, colok-lepas” sebanyak 5000 siklus. Hasilnya? Seluruh lubang port I/O masih tetap berfungsi normal. Tidak ada kerusakan sama sekali akibat perlakuan tersebut.

Sangatlah wajar bila Asus Chromebook Flip punya kualitas ketangguhan yang istimewa. Sebab, dilihat dari desain fisiknya pun laptop ini memang telah dibekali dengan fitur-fitur proteksi yang mampu membuatnya aman dari benturan, tekanan beban dan bahkan cipratan atau tumpahan air.

Misalnya pada seri C214, sekeliling tepian laptop ini dilapisi dengan karet pelindung yang cukup solid. Sehingga dapat berfungsi untuk menahan dan meminimalisir kerusakan akibat benturan. Tak hanya itu, bagian layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang dapat menahan goresan—bahkan retakan—akibat tekanan maupun benturan. Sehingga aman untuk tipe layar sentuh yang.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Keyboard laptop yang Tidak Berfungsi

Bagian keyboard telah dilengkapi fitur Anti spill yang berfungsi untuk menunjang ketangguhan keyboard dari cipratan atau tumpahan air. Konon, fitur anti spill pada Asus Chromebook Flip seri C214 diklaim mampu menahan tumpahan air hingga 66 cc atau 66 ml. Selain itu, bagian keyboard diletakkan pada struktur internal yang kokoh berbahan baja ringan. Sehingga ketika ada tekanan fisik yang cukup kuat pada keyboard tidak akan membuat komponen di bawahnya terganggu.

Berbasis ChromeOS

Lahir dalam deretan seri chromebook, Asus Chromebook Flip menggunakan ChromeOS yang sudah terintegrasi dengan Google PlayStore sebagai basis sistem operasinya. Sekadar informasi, ChromeOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google berdasarkan kernel Linux.

Perlu diketahui bahwa laptop yang menggunakan ChromeOS dinilai memiliki performa yang lebih cepat. Selain performa lebih cepat, antarmuka sistem operasi ini dinilai sederhana. Bahkan lebih sederhana dan lebih bersih ketimbang MacOS dan bisa dibilang lebih mudah dari Windows.

Untuk menyiapkan OS ini pun terbilang sangat cepat. Penggunanya hanya perlu menyalakan Chromebook dan masuk menggunakan akun Google-nya untuk memulai. Bahkan untuk booting hanya butuh hitungan detik. ChromeOS didukung oleh arsitektur X86 dan arm. Google berjanji untuk selalu mengupdate fitur-fitur yang ada dalam sistem operasi ini.

Meski demikian, salah satu kelemahan utama ChromeOS yang tersemat pada umumnya Chromebook adalah kemampuan komputasinya yang terbatas. Dibanding perangkat Windows dan Mac, ChromeOS tidak mampu menjalankan aplikasi intensif sumber daya seperti aplikasi pengeditan foto dan video berfitur lengkap.

Varian Seri Asus Chromebook Flip

Asus Chromebook Flip hadir dalam beberapa varian seri yang tentu dibekali spesifikasi tak sama tiap-tiap serinya, kecuali hanya pada bagian sistem operasinya yang berbasis ChromeOS. Berikut kami sajikan varian seri Asus Chromebook Flip yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda.

Pertama, Asus Chromebook Flip seri C. Untuk seri C ini terdapat beberapa seri-type seperti C214, C434 dan C436, misalnya. Untuk seri Chromebook Flip C214 dipersenjatai prosesor Dual-core Intel® Celeron® N4000 1.1 GHz (4M Chace, up to 2.8GHz yang hadir dalam layar berukuran 11.6 inch dengan bekal kapasitas penyimpanan sebesar 32GB eMMC. Sementara seri C434 dipersenjatai prosesor Intel® CoreTM M3-8100Y dan/atau Intel® CoreTM i5-8200Y (tergantung typenya) yang hadir dalam layar berukuran 14 inch dengan kapasitas penyimpanan 32GB/64GB/128GB eMMC. 

Kedua, Asus Chromebook Flip seri CX (CX5 dan CX3). Seri CX5, misalnya, yang hadir dalam desain fisik ultra tipis dengan eskterior metalik. Dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-11 dan grafsi Intel Iris Xe membuat prima kinerja laptop seri ini cukup istimewa. Hadir dengan layar jenis LCD IPS berukuran 14 inch yang Full HD sebesar 1.920 x 1080 p (16:9) dan tingkat kecerahan 300 nits. Laptop ini dibekali memori RAM sebesar 8GB LPDDR4X on board dengan ukuran maksimal hingga 16GB. Untuk penyimpanan, laptop ini dibekali kapasitas penyimpanan sebesar 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD.

Sementara seri CX3 merupakan versi hemat dari CX5 dalam beberapa hal, seperti (1) tingkat kecerahan panel layar yang hanya 250 nits, (2) Chromebook Flip CX3 tidak dilengkapi port Thunderbolt 4. Perbedaan lain ada di fitur kamera. CX3 membawa konfigurasi dua kamera: satu kamera webcam 720p di atas panel layar dan satunya lagi di bagian keyboard sebagai kamera rear dengan sensor 5 megapiksel. Sementara untuk seri CX5 hanya dibekali 1 kamera

Ketiga, Asus Chromebook Flip seri CR. Salah satunya CR1 (CR1100) yang hadir dalam ukuran layar 11.6 inch jenis LED Backlit, HD dengan rasio (1366 x 768) 16:9, serta tingkat kecerahan panel sebesar 250 nits. Laptop ini dibekali prosesor Intel Celeron N4500 berkecepatan 1.1GHz (4M Chace, up to 2.8GHz, 2 cores) yang dipadu dengan grafis Intel UHD. Seri CR1100 ini ada yang menggunakan memori 4GB RAM/32GB eMMC dan 8GB RAM/64GB eMMC.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami