ASUS ExpertBook B1400, Laptop Pebisnis dengan Berbagai Keunggulan

Bekerja dari rumah dengan perangkat yang mendukung menjadi kenikmatan tersendiri. Waktu yang kita miliki tidak habis di jalan karena harus berangkat pagi melawan kemacetan, dan pulang hingga larut malam tak sempat berinteraksi dengan keluarga.

Demi mendukung harapan Anda, ASUS ExpertBook hadir dengan berbagai spesifikasi unggulan yang ditawarkannya. Bentuk laptopnya ringkas, memiliki masa penggunaan baterai yang panjang untuk menunjang mobilitas yang tinggi, ditenagai spesifikasi yang lebih powerful dengan rangkaian fitur cerdas, dan memiliki berbagai pilihan sesuai kebutuhan penggunanya.

Laptop ini berukuran 14 inci yang khusus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis UMKM, startup, hingga sekolah. Bagaimana spesifikasi lengkap yang ditawarkan ASUS ExpertBook B1400? Berikut ulasannya: 

Keamanan Berlapis

Salah satu terobosan paling penting yang dimiliki laptop khusus bisnis ini adalah sistem keamanan yang mumpuni. Laptop ini hadir dengan rancangan yang lebih tangguh dibanding laptop biasa, agar data yang ada di dalamnya tidak mudah rusak dan dilengkapi keamanan berlapis seperti enkripsi hingga kemampuan sentralisasi manajemen unit yang dapat dikontrol oleh tim manajemen IT.

Pada lapisan keamanan data yang pertama, ada fitur pembaca sidik jari (fingerprint) yang telah terintegrasi dengan Windows Hello di tombol powernya. Adanya fitur tersebut, pengguna dapat melakukan login pada sistem operasi Windows 10 tanpa mengetikkan password, cukup menempelkan jari pada tombol power yang tersedia. Fitur fingerprint pada laptop ini memiliki kinerja yang responsif selama jari Anda bersih dan tidak basah.

Ada juga fitur privacy shield (perlindungan privasi) pada bagian kameranya, sehingga tidak perlu khawatir akan privasi karena akan terjaga dengan baik. Fitur ini perlu diaktifkan secara manual oleh penggunanya agar data yang ada di dalamnya tidak mudah diretas oleh siapapun.

Tersedia lapisan keamanan Trusted Platform Module (TPM) 2.0, merupakan sebuah chip khusus untuk kebutuhan enkripsi data di dalam laptop. Chip ini mampu menjaga data selalu aman melalui fitur enkripsi, bahkan data tersebut tidak dapat diakses meski SSD atau HDD yang ada di dalamnya dipindahkan ke perangkat lain.

Konektivitas Lengkap

Tidak hanya fokus pada system keamanannya, laptop bisnis ExpertBook B1400 telah dilengkapi dengan berbagai pilihan konektivitas port I/O yang lengkap. Pada sisi kanannya terdapat slot Kensington Lock yang dapat mengunci laptop. Hal ini bertujuan untuk menghindarkannya dari pencurian. 

Tersedia juga port LAN gigabit RJ-45, satu port USB 2.0 Type-A, combo audio jack 3,5 mm, dan microSD card reader. Pada bagian kirinya, terdapat port DCIN yang dapat digunakan untuk mengisi daya, Thunderbolt 4, VGA D-Sub, HDMI, dan dua port USB 3.2 Gen 2 Type-A.

Laptop ini memiliki Port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C. Selain digunakan sebagai fasilitas transfer data berkecepatan tinggi hingga 40 Gbps, namun juga dapat digunakan sebagai display output hingga dua monitor beresolusi 4K. Terdapat fitur fast charging atau pengisian daya cepat melalui USB Power Delivery. Ada port VGA D-Sub yang biasa digunakan perangkat lama, hal ini untuk menjembatani konektivitas dengan perangkat lain milik perusahaan dan pelaku bisnis yang masih menggunakan perangkat lama yang masih menggunakan konektivitas melalui port VGA D-Sub.

ASUS ExpertBook B1400 sudah memiliki konektivitas versi terbaru yaitu Bluetooth 5.1 dan WiFi 6 (802.11 ax) yang menawarkan kecepatan hingga 2,4 Gbps. Di dalamnya lengkap dengan teknologi WiFi Master dengan fitur WiFi SmartConnect dan WiFi Stabilizer yang dapat menghubungkan laptop dengan router yang memiliki kualitas sinyal terbaik secara otomatis, jangkauannya lebih luas, serta dapat mengingat hotspot seluler sebelumnya yang pernah disambungkan dan memprioritaskan untuk menghubungkannya kembali saat terdeteksi.

AI Noise-Canceling Audio

Fitur AI Noise-Canceling Audio merupakan fitur penting yang amat berguna saat melakukan meeting online. Melalui fitr ClearVoice Mic dan ClearVoice Speaker, konferensi video yang sudah menjadi kegiatan rutin ini dapat berjalan lancar tanpa gangguan dengan adanya AI Noise-Canceling Audio sehingga suara yang dihasilkan dapat lebih jernih karena meredam kebisingan sekitar..

Pengguna dapat mengaturnya pada aplikasi MyASUS, yang dapat memastikan pengguna agar dapat mendengar dan didengar dengan jelas dalam skenario apa pun. Terdapat empat mode pada ClearVoice Mic, yaitu normal, basic, single presenter, dan multi-presenter. Sedangkan ClearVoice Speaker dapat otomatis menyaring semua kebisingan sekitar kecuali suara manusia.

Baca Juga  Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen, Solusi!

Pada mode single presenter, teknologi AI noise cancelation akan fokus pada suara orang yang berada di depan laptop dan menyaring berbagai kebisingan di latar belakang. Sedangkan pada mode multi-presenter, sistem akan dapat menangkap sinyal suara dari beberapa orang sekaligus yang berada di depan laptop dan dapat didengarkan pada tingkat volume yang sama.

Desain Elegan ASUS ExpertBook B1400

Tampilan bodi laptop ini berwarna Star Black yang terinspirasi alam semesta dengan bintang-bintang yang berada di langit malam. Desain ExpertBook B1400 menampilkan tepi yang khas dan tetap terasa elegan.

Dimensinya terbilang cukup ringkas, yaitu 323,4×215,65 mm dengan ketebalan 19,2 mm dan bobot 1,45 kg saja. Laptop ini diciptakan dengan kontruksi yang tangguh dengan struktur khusus yang telah teruji tahan terhadap guncangan dan benturan. Cover bagian atasnya terbuat dari gabungan aluminum alloy dan sepotong baja untuk meningkatkan kekuatannya.

Pada sisi dalamnya terdapat HDD protection package dengan bracket dan sponge yang dapat mengurangi getaran hard drive. Tidak heran jika laptop ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD 810H. Dengan ketahanan yang mumpuni ini, ASUS ExpertBook B1400 dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bazel tipis yang terbuat dari plastik pada sisi sampinya berukuran 6,4 mm dan 12,5 mm pada sisi atasnya. Hal ini berkat teknologi  NanoEdge Display. Rasio layar ke bodinya juga mencapai 84%. Layarnya berukuran 14 inci beresolusi FHD dalam aspek rasio 16:9. Layarnya ini sudah mendapatkan sertifikasi low-blue light emmission dari TÜV Rheinland dengan tingkat radiasi cahaya biru yang rendah dan aman untuk mata dalam penggunaan jangka panjang.

Jenis engsel yang digunakan pada ASUS ExpertBook B1400 adalah engsel ErgoLift yang dapat memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang lebih nyaman dan layarnya dapat dibuka hingga 180 derajat. Hal ini membuat penggunanya merasa nyaman karena posisinya tersebut. 

ASUS ExpertBook B1400 memiliki keyboard dengan tuts selebar pitch 19,05 mm. Dengan ukuran yang pas tersebut dapat meningkatkan akurasi pengetikan. Keyboardnya juga sudah memiliki teknologi spill-resistant yang mampu mencegah kerusakan ketika tidak sengaja terkena tumpah minuman. Bagian touchpad ASUS ExpertBook B1400 memiliki ukuran yang lebih besar dari laptop rata-rata. Touchpadnya juga terasa halus saat disentuh sebab terbuat dengan lapisan kaca. 

Hardware dan Performa ASUS ExpertBook B1400

Sampai juga pada bagian inti yang paling utama menjadi pertimbangan yaitu hardware dan performa. ASUS ExpertBook B1400 sudah menggunakan prosesor 11th Gen Intel® Core™, tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari Intel Core i3-1115G4, i5-1135G7, dan hingga i7-1165G7. 

Didukung dengan RAM berkapasitas 8GB jenis DDR4 yang masih single-channel. Namun jangan khawatir, masih ada satu slot SO-DIMM DDR4 yang dapat Anda gunakan untuk melakukan upgrade. Kartu grafisnya mengandalkan integrated graphics terbaru dari Intel Iris Xe dan dipadukan dengan discrete graphics NVIDIA GeForce MX330.

Pada bagian penyimpanan, ASUS ExpertBook B1400 telah dilengkapi dengan sistem dual-storage yang menggabungkan kecepatan ala SSD dan kapasitas penyimpanan data yang luas ala HDD. Adanya slot PCIe 3.0 NVMe M.2 mendukung pemasangan penyimpanan hingga berkapasitas 1 TB M.2 SSD dan slot STD 2.5” SATA HDD dengan kapasitas maksimum 2 TB.

ASUS ExpertBook B1400 secara khusus dirancang untuk mudah di-maintenance. Tim IT dapat mengakses berbagai komponen utama tanpa perlu membuka seluruh bagian laptop, seperti memori RAM dan penyimpanan. Proses maintenance pun dapat berjalan lebih cepat sehingga waktu dan tenaga yang dikeluarkan jauh lebih efisien.

Secara keseluruhan ASUS ExpertBook B1400 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada aspek keamanan data dan bodi yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan laptop lainnya. Laptop memiliki beberapa varian, harganya tergantung dari varian yang ditawarkannya. Harga ASUS ExpertBook B1400 dibanderol mulai dari Rp9.703.000.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here