ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Edukasi-Bisnis 2in1 Berbasis Prosesor 11th Gen Intel® Core™

Inovasi ASUS memang tiada duanya. Kali ini, perusahaan asal Taiwan tersebut kembali segarkan lini laptop edukasi-bisnis lewat ASUS ExpertBook B3 Flip. Sesuai namanya, laptop ini mengusung desain Flipable: dapat diputar hingga posisi 360o.

Berdasarkan informasinya, laptop yang dibekali CPU berbasis 11th Gen Intel® Core™ processor dan GPU berbasis Intel® Iris® Xᵉ Graphics  ini dirilis pada awal tahun ini (2022). Bersamaan dengan seri ExpertBook B3 Datachable (B3000) yang dapat dicopot-pasang antara bagian keyboard dan layarnya.

Baca Juga: ASUS ExpertBook B1400, Laptop “for Work” Dilengkapi Berbagai Fitur Canggih

Menariknya, walau mengusung desain Flipable 360o, ASUS ExpertBook B3 Flip bukan tergolong laptop yang ringkih. Sebab telah lolos uji ketahanan produk berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Beberapa uji ketahanan berbasis MIL-STD 810H yang terapkan pada laptop besutan ASUS ini meliputi: pertama, uji ketahanan engsel dengan memberikan perlakuan buka-tutup memutar (360o) hingga 30.000 siklus, tanpa ada kerusakan sedikit pun, baik pada engsel maupun komponen lainnya.

Kedua, uji ketahanan port I/O dengan perlakuan colok-lepas sebanyak 15.000 siklus.

Ketiga, uji ketahanan panel dari tekanan dengan menindihkan beban seberat 25 kg dari atas dan bawah laptop tanpa kerusakan panel LCD

Keempat, uji ketahanan laptop dari benturan dengan cara dijatuhkan dari ketinggian 120 cm dengan berbagai posisi dalam keadaan menyala. Hasilnya? Laptop tetap aman-aman saja.

Desain ASUS ExpertBook B3 Flip: Stylish dan Elegan

Kesan paling menonjol dari ASUS ExpertBook B3 Flip adalah desain fisiknya yang stylish. Selain mengusung desain Flipable 360o yang menjadi karakter unik-futuristik sebuah produk laptop, terdapat banyak lekuk bidang simetris yang tersemat pada struktur desain fisik laptop, terutama bagian keyboard dan tepi bawah touchpad.

Desain bodi bagian belakang dekat engselnya sengaja dipusatkan untuk tempat pembuangan hawa panas. Ada sekitar 28 lubang pembuangan hawa yang posisinya berjejer secara simetris dengan ukuran lubang tak terlalu kecil berbentuk kotak persegi.

Mengusung desain layar sentuh (touchscreen) yang untuk beberapa variannya sudah mendukung penggunaan stylus (pen). Sehingga membuat laptop ini kian bergaya dengan keberadaan fitur-fitur tersebut untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Meski sarat dengan desain fisik yang stylish, namun laptop yang memiliki ukuran dimensi 32.9 x 22.39 x 1.92 cm dengan bobot 1.61 Kg ini tidak tampak norak. Justru malah cenderung ke desain stylish yang elegan. Apalagi ia hadir dalam balutan warna Star Black yang kalem.

Konektivitas ASUS ExpertBook B3 Flip

Untuk konektivitas berbasis port I/O pada seri ExpertBook satu ini terdiri dari berbagai jenis port seperti USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack. Ada juga port Thunderbolt™ 4 sebanyak dua buah dan  RJ45 Gigabit Ethernet. Serta Micro SD card reader + SIM card slot.

Keberadaan port Thunderbolt™ 4 memungkinkan laptop ini untuk bisa disambungkan ke berbagai perangkat profesional. Tak hanya itu, port tersebut dapat difungsikan sebagai fasilitas pengisian daya yang memungkinkannya untuk mengisi daya menggunakan power bank.

Sementara untuk konektivitas nir kabel laptop ini telah menggunakan modul WiFi 6 (802.11ax) yang notabenenya memiliki kecepatan transfer data terbaik saat ini. Selain itu, didukung pula dengan Bluetooth 4.2/5.2.

Dibekali Dual Kamera

Seri ExpertBook yang satu ini dibekali dua kamera sekaligus yang diklaim punya kemampuan lebih canggih dan lengkap. Kameranya berukuran 13 MP dengan resolusi 720P. Satu kamera terletak di bagian atas bezel layar sebagaimana yang ada laptop pada umumnya. Satunya lagi terletak di bagian atas keyboard.

Dapur Pacu ASUS ExpertBook B3 Flip

Dari segi CPU, ExpertBook B3 Flip ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel® Core™ dengan berbagai variannya. Tersedia setidaknya tiga opsi varian prosesor 11th Gen Intel® Core™, di antaranya:

  • 11th Gen Intel® Core™ i3-1115G4 yang mampu berlari dengan kecepatan 3.0 GHz hingga 4.1 GHz (6M Cache, 2 cores)
  • 11th Gen Intel® Core™ i5-1135G7 yang memiliki kecepatan 2.4 GHz hingga 4.2 GHz (8M Cache, 4 cores)
  • 11th Gen Intel® Core™ i7-1165G7 yang mampu berlari dengan kecepatan 2.8 GHz hingga 4.7 GHz (12M Cache, 4 cores)
Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop ASUS Lemot, Sangat Ampuh!

Ketiga varian prosesor 11th Gen Intel® Core™ tersebut tentu sangat mumpuni untuk menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat multitasking. Apalagi hanya untuk sekadar mengerjakan tugas-tugas sekolah ataupun kantor yang umumnya berbasis pada MS Office. Sangat enteng dilakukan.

Kinerja prosesor 11th Gen Intel® Core™ ditopang oleh RAM yang tersedia dengan beberapa opsi berikut:

  • 8G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB
  • 16G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB
  • 16G DDR4 on board, 16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
  • 4G DDR4 on board, 8GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
  • 8G DDR4 on board, 8GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
  • 4G DDR4 on board, 4GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
  • 4G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB

Sementara di bagian grafis, ASUS ExpeetBook B3 Flip mengandalkan Intel® UHD Graphics untuk seri terrendahnya, yakni yang menggunakan prosesor 11th Gen Intel® Core™ i3-1115G4. Sedangkan untuk seri laptop yang dibekali prosesor berbasis 11th Gen Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory menggunakan kartu grafis Intel® Iris® Xᵉ.

Chip grafis Intel® Iris® Xᵉ ini merupakan penerus dari chip grafis Intel® Iris® Plus. Iris® Xᵉ diklaim punya performa yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan pendahulunya. Jika pada Intel® Iris® Plus berkisar antara 90-150 FPS, maka pada grafis Intel® Iris® Xᵉ ini berada di kisaran 100-180 FPS. Artinya, kartu grafis Iris® Xᵉ sedikit lebih baik di bandingkan pendahulunya.

Adapun sektor penyimpanan seri ASUS ExpertBook yang satu ini berbasis pada media penyimpanan SSD, bukan HDD. Selain lebih cepat dalam hal transfer data, penggunaan SSD diklaim lebih safety ketimbang HDD yang rentan alami kerusakan akibat guncangan. Setidaknya tersedia beberapa opsi kapasitas penyimpanan yang disematkan pada laptop ini, antara lain:

  • 128GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Dibekali modul TPM 2.0

Untuk beberapa varian ASUS ExpertBook B3 Flip sudah ada yang didukung dengan modul Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Sebuah teknologi crypto-processor yang membantu membuat, menyimpan, dan membatasi penggunaan kunci kriptografi. Fungsinya untuk meningkatkan sistem keamanan laptop.

Modul ini dapat membantu pengguna melindungi encryption keys (kunci enkripsi), user credentials (kredensial pengguna), dan data sensitif lainnya yang ada di PC/laptop (HDD atau SSD). Berkat modul ini data-data yang berada di dalam laptop (SSD/HDD tidak akan mudah bocor.

Misal ketika ada penjahat siber yang mencoba melancarkan serangan siber dengan malware dan lainnya, mereka tidak dapat mengakses, membaca, merusak atau memindahkan baik secara online maupun offline data-data tersebut. Lantaran perlu akses ekstra yang hanya memungkinkan jika pengguna laptop tersebut memberikan izin akses.

Kesimpulan

Bagi Anda yang sedang ingin mencari laptop edukasi ataupun bisnis yang stylish namun punya performa powerfull, kami sarankan Anda untuk menjajal ASUS ExpertBook B3 Flip. Sudahlah dibekali desain Flipable 360o, dibekali pula kombinasi komponen dapur pacu yang istimewa. Belum lagi berbagai fitur keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya yang tersemat dalam teknologi laptop besutan ASUS satu ini.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami