ASUS ExpertBook B9450, Pilihan Tepat Kaum Pekerja

Pada artikel sebelumnya telah kami bahas mengenai ASUS ExpertBook B9, salah satu seri laptop di lini “Laptops for Work” besutan ASUS yang punya bobok paling ringan di kelasnya, dibekali desain serta fitur .

Hanya saja, informasi yang disajikan masih bersifat umum, tidak dikhususkan kepada salah satu varian tipenya. Sebagaimana telah disebutkan,  seri ExpertBook B9 hadir dalam dua varian tipe yang hanya dibedakan dari segi bobot dan jenis baterai yang digunakan. Nah, ASUS ExpertBook B9450 adalah salah satu dari dua varian tipe tersebut.

ASUS ExpertBook B9450 punya bobot hanya 870 gram dengan dimensi yang amat ringkas. Namun tahukah Anda apa yang membuat laptop ini begitu ringan? Jawabannya ada pada paragraf-paragraf yang akan Anda baca di bawah ini. So, stay on and don’t leave this page, Guys!

Berbahan Magnesium-Lithium

Komponen bodi ASUS ExpertBook B9450 menggunakan bahan logam khusus bernama magnesium-lithium. Bahan ini diklaim lebih ringan dari pelbagai bahan yang umum digunakan pada laptop lainnya, seperti magnesium-aluminium ataupu  aluminium alloy. Magnesium-lithium punya tingkat kepadatan hanya 1.51 gram/cm3. Dibandingkan dengan magnesium-aluminium yang tingkat kepadatannya 1.81 gram/cm3 atau alluminium alloy dengan tingkat kepadatan 2.69 gram/cm3, tentu magnesium-lithium punya bobot per-gram yang lebih ringan.

Untuk menghasilkan presisi dan detail yang optimal, pembuatan bodi ExpertBook B9450 diproses melalui 21 tahap manufaktur. Menggunakan metode CNC Milling dengan desain Fair-Faced Concrete, proses pembuatan bodi seri laptop bisnis yang satu ini dilengkapi sistem teknologi anti korosi dan anti oksidasi, Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating. Sehingga bodi ExpertBook B9450 ini mampu bertahan untuk waktu yang amat panjang.

Artinya, dari proses pembuatan bodinya saja ASUS punya standar kualitas yang luar biasa untuk sebuah laptop dengan segmen pasar: pebisnis profesional. Itu baru dari satu aspeknya saja. Lantas bagaimana dengan apsek-aspek lainnya? Tetap fokuskan mata Anda pada paragraf-paragraf selanjutnya!

Desain Bezel-less untuk Tampilan Layar Yang Maksimal

Tren bezel-less atau dalam pengistilahan yang lain disebut juga bezel ultra-narrow tampak menjadi pilihan desain untuk deretan laptop kiwari. Tak terkecuali laptop-laptop pabrikan ASUS. Salah satunya ASUS ExpertBook B9450.

Apa itu Bezel, dan apa itu desain Bezel-less?

Sederhananya, bezel adalah bingkai yang melingkupi seluruh sisi layar. Utamanya sisi bagian depan. Sementara bezel-less, alih-alih memiliki arti “tanpa bezel atau bingkai”, ia lebih diartikan sebagai desain bingkai yang dirancang setipis mungkin. Selain agar tampak futuristik, desain ini tentu ditujukan untuk mendapatkan tampilan layar yang maksimal.

Bezel layar pada seri ExpertBook ASUS yang satu ini menggunakan desain bezel-less (atau dalam istilah lain: bezel ultra-narrow). Tampaknya desain bezel-less pada B9450 ini sangat mengadopsi desain laptop-laptop ASUS berteknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis. Padahal layar yang digunakan seri B9450 ini bukan jenis layar yang berteknologi NanoEdge.

Ukuran ketebalan bezel ExpertBook B9450 hanya 12 mm untuk yang melintang horizontal bagian atas, 4 mm untuk dua sisi yang melintang secara vertikal, dan 14.9 mm untuk yang melintang horizontal bagian bawah. Dapat Anda bayangkan bagaimana tipisnya bezel layar laptop tersebut.  Ukuran ini bahkan lebih kecil dari sebagian besar laptop sekelasnya yang menggunakan layar 14 inci. Berkat desain bezel ultra-tipis tersebut, laptop ini mampu menghadirkan rasio screen-to-body hingga 94%.

Spek dan Performa ASUS ExpertBook B9450

Soal performa, ASUS ExpertBook B9450 termasuk seri laptop bisnis yang powerfull. Ditenagai dengan dua pilihan varian prosesor 10th Gen Intel® Core™: i5 dan/atau i7, yang rinciannya sebagai berikut. Untuk Intel® Core™ i5-10210  punya kecepatan 1,6 GHz quad-core hingga 4,2 GHz bila disertai Turbo Boost,  dengan kapasitas cache 6 MB. Sedangkan untuk Intel® Core™ i7 punya kecepatan 1,8 GHz quad-core hingga 4,9 GHz apabila disertai Turbo Boost, dengan kapasitas cache 8 MB.

Dibekali RAM: 8GB dan/atau 16 GB 2133 MHz LDDR3 dari pabrik (on board) yang telah mendukung dual chanel, dan chip grafis jenis Intel® UHD 620. Media penyimpanannya berupa SSD Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4 dengan pilihan kapasitas 512GB,  1TB,  2TB, hingga dual 2TB.

Baca Juga  Cara Ganti Background Zoom Di Laptop dan HP

Apakah dengan spek level premium tersebut, Anda masih menyangsikan performa laptop yang satu ini? Bayangkan, paduan antara kecepatan prosesor yang beraal dari 10th Gen Intel® Core™, baik yang i5 maupun i7, dengan memori RAM serta penyimpanan yang cukup besar, kinerja laptop akan sangat gesit untuk menjalankan tugas-tugas yang sifatnya multitasking dan kompleks sekalipun. Tanpa khawatir lemot.

Oke, untuk aspek kecepatan kinerja, laptop ini juara. Tak perlu khawatir lemot. Lantas bagaimana dengan masalah suhu, yang juga dapat memengaruhi kinerja mesin?

Asal Anda tahu, seri ExpertBook besutan ASUS ini sudah mengusung sistem pendingin bernama Advanced Thermal Module. Sistem pendingin ini diklaim punya dimensi 25% lebih kecil dibanding sistem pendingin yang ada pada laptop lainnya. Setidaknya ada tiga kelebihan utama dari sistem Advanced Thermal Module. Pertama, diklaim bisa mengalirkan udara secara optimal berkat tilted heatsink design.

Kedua, sistem pendingin ini memiliki struktur yang baik, mulai dari heatpipe, heatsink hingga case untuk kipas. Desain struktur ini dapat melepas panas dari komponen pendingin secara maksimal. Ketiga, setiap sirip pada heatsink-nya dibuat dengan bahan alluminium alloy yang diklaim memiliki performa pelepasan panas setara dengan tembaga, namun bobotnya lebih ringan.

Selain itu, seri ExpertBook yang satu ini sudah dilengkapi dengan lapisan anti panas pada bagian dalam bodinya. Lapisan tersebut dinamai dengan graphite sheet yang diklaim mampu menyalurkan panas ke sistem pendingin secara optimal. Bahkan desain engselnya yang ErgoLift dapat memberikan rongga bagian bawah laptop lebih besar, sehingga bermanfaat untuk sirkulasi udara panas yang ditimbulkan.

Untuk kekuatan baterainya bagaimana? Jangan khawatir, baterai ASUS ExpertBook B9450 diklaim sanggup bertahan selama satu hari kerja, atau selama penerbangan jarak jauh. Selain itu, laptop ini dapat aktif selama 24 jam dalam satu kali pengisian. Bahkan untuk mengisi 60% dapat dilakukan hanya dalam 39 menit berkat fitur pengisian cepat yang telah ditanamkan. Kekuatan ini tidak lepas dari jenis baterai yang disematkan, yakni baterai 33Wh, 2-cell lithium-polymer.

Dibekali Fitur Proteksi Level Enterprise

Seri ExpertBook yang satu ini dilengkapi fitur spill resistance yang mampu melindungi keyboard dari percikan maupun tumpahan air. Konon, kemampuan poroteksi fitur ini sanggup menahan tumpahan air hingga 60 cc atau setara dengan 60 mili liter.

Bagian layarnya pun sudah dibekali fitur Anti-Glare yang dapat mengurangi pantulan cahaya ataupun silau. Sehingga tampilan layar akan tetap terlihat jelas dan terang, baik pada saat digunakan di dalam maupun luar ruangan, tanpa menganggu kenyamanan mata penggunanya.

Selain itu, laptop ini dibekali penutup webcam fisik. Sehingga penggunanya tak perlu lagi melepas-pasang stiker atau kertas pada webcam saat hendak melalukan panggilan video. Sangat cocok untuk Anda yang khawatir soal privasi.

Bahkan laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur Windows Hello. Dengan fitur ini, penggunanya tak perlu repot mengetik password. Tak hanya itu, seri ExpertBook yang satu ini sudah dilengkapi dua opsi login dengan menggunakan sistem biometrik: fingerprint dan facial recognition sensor. Untuk keamanan data, laptop ini pun sudah dibekali fitur yang mampu mengunci BIOS dan SSD-nya dengan password.

Fitur proteksi lainnya yang tersemat pada laptop ini adalah USB Storage Block. Dengan fitur ini, penggunanya dapat mengatur pemblokiran akses terhadap disk eksternal. Sehingga ketika ada orang yang ingin mengakses disk eksternal, ia harus mendapatkan izin dari administrator terlebih dahulu.

Selain itu, ada satu fitur lainnya yang menarik dari fitur proteksi pada laptop ini, yaitu Secure File Shredder. Dengan fitur ini, pengguna ExpertBook B9 dapat menghancurkan file digital dengan bersih, tanpa bisa direcovery atau dipulihkan kembali.

So, bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki laptop ini?

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami