ASUS ExpertBook P1440FA, Laptop Bisnis Yang Tawarkan Performa Handal, Bukan Abal-abal

ASUS ExpertBook P1440FA merupakan salah satu laptop besutan ASUS dari lini “laptops for work”. Dirancang untuk menunjang kebutuhan bekerja. Laptop ini dibekali komponen-komponen mumpuni untuk sebuah performa handal. Siap melakukan tugas-tugas kantor, tak terkecuali yang bersifat multitasking. Seperti apa gambaran seri ExpertBook yang satu ini? Berikut kami sajikan informasinya melalui paragraf-paragraf di bawah ini.

Desain Fisik ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA hadir dengan desain bodi yang simpel. Berbalutkan warna hitam pekat dengan garis-garis tipis, kecuali pada bagian rangka keyboard yang mengusung corak totol jeruk yang amat samar. Menggunakan material aluminium alloy, sehingga terasa cukup kokoh saat disentuh ataupun dipegang. 

Ukuran panjang fisik ASUS ExpertBook P1440FA sekitar 340 mm atau 34 cm dengan lebar 250 mm atau 25 cm dan ketebalan 23.2 mm atau 2.32 cm. Dibandingkan seri ExpertBook B5 yang punya ketebalan bodi 16.9 mm, laptop ini memang tidak terlalu tipis untuk ukuran laptop bisnis di kelasnya. Dugaan kami adalah lantaran sengaja didesain untuk menghadirkan I/O port yang cukup banyak guna menunjang kebutuhan penggunanya.

Misal pada sisi kiri laptop terdapat 3 port USB 3.1 Gen 1, port RJ45, port HDMi, port VGA, dan satu lubang untuk power. Tahukan Anda, apa yang menarik dari port-port yang disematkan pada seri ExpertBook satu ini? Ya, port RJ45 dan VGA. Dua jenis port yang sudah mulai ditinggalkan dalam desain laptop-laptop kiwari.

Keberadaan port RJ45 pada laptop ini boleh jadi untuk memudahkan penggunanya agar dapat terhubung dengan perangkat lain melalui jaringan LAN. Tak sekadar itu, keberadaan port ini pun bisa dijadikan alternatif untuk terhubung ke internet, ketika jaringan WiFi mengalami masalah. Ingat, koneksi internet melalui jaringan LAN itu lebih stabil dan lebih cepat dibandingkan melalui WiFi.

Begitu juga dengan keberadaan port VGA. Boleh jadi port tersebut dihadirkan untuk menunjang kebutuhan kerja penggunanya. Misal ketika penggunanya butuh untuk menyambungkan laptop ke proyektor atau ke monitor. Melalui keberadaan port VGA ini, pengguna ASUS ExpertBook P1440FA dapat memungsikan port tersebut sebagai pilihan ketika port HDMI bermasalah.

Sementara di sisi kanan terdapat satu port USB 2.0 dan port audio jack. Selain itu, juga terdapat HDD Caddy yang dapat difungsikan untuk menambah penyimpanan dengan menggunakan tipe penyimpanan HDD 2.5 inci atau SSD 2.5 inci. Bisa juga difungsikan untuk DVD Drive. Tak hanya itu, pada bagian ujung sisi kanan laptop terdapat kensington lock yang berfungsi untuk mengamankan laptop dari tangan pencuri.

Lalu di manakah letak slot SD Card Reader? Seri ASUS yang satu ini menempatkan slot SD Card Reader di sisi bagian depan laptop. Posisinya bersebelahan dengan lampu indikator power, baterai, dan lampu indikator untuk fungsi capslock.

Dibekali Engsel 180o

ASUS ExpertBook P1440FA dibekali engsel penghubung antara bagian bodi layar dan bodi keyboard dengan engsel yang dapat digerakkan pada posisi 180o. Sehingga laptop ini bisa dibuka secara lay-flat atau rata. Desain ini dibuat tentu untuk menunjang kebutuhan penggunanya.

Walau didesain dengan engsel lay-flat, penggunanya tak perlu khawatir soal kekokohan engselnya. Laptop ini sudah lolos uji ketangguhan fisik berstandar militer: MIL-STD 810G, dengan perlakuan-perlakuan ekstrem. Termasuk uji ketangguhan bagian engselnya.

Desain Keyboard dan TouchPad  ASUS ExpertBook P1440FA

Laptop seri ExpertBook satu ini dibekali keyboard yang nyaman untuk kebutuhan mengetik. Bagian tuts keyboard-nya amat ringan. Sehingga untuk menggunakannya tak perlu menekan dengan cara yang kuat. Cukup dengan sentuhan/tekanan yang lembut, tuts keyboard akan membantu merampungkan tugas-tugas pengetikan dengan nyaman.

Kenyamanan berikutnya yang ditawarkan desain keyboard ASUS ExpertBook P1440FA adalah posisi tombol power yang tidak menyatu dalam layout keyboard. Posisi tombol power laptop diletakkan di sisi kiri-atas, di luar layout keyboard. Pasalnya, desain tombol power yang menyatu dengan layout keyboard kadang membuat efek salah pencet ketika sedang mengetik.

Sementara untuk touchpad-nya tergolong cukup presisi dan nyaman digunakan.

Di bawah keyboard pada bagian kanan, terdapat tombol kotak warna hitam. Tombol ini adalah tombol keamanan sensor sidik jari yang memudahkan kami untuk masuk Windows dengan cepat. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi TPM 2.0. Apa itu TPM?

TPM atau Trusted Platform Module, adalah perangkat dedicated chip yang berfungsi menyimpan informasi sandi kunci enkripsi dengan aman. Kehadiran teknologi ini, membuat laptop dapat melindungi data dan transaksi penting dengan aman. Fitur ini juga dapat memblokir akses ke PC jika terdapat ancaman keamanan yang terdeteksi ketika melakukan boot-up.

Layar ASUS ExperBook P1440FA

Layar ASUS ExpertBook P1440FA berukuran 14 inci. Menggunakan jenis panel TN LED-backlit dengan resolusi 1366×768 piksel yang telah dilengkapi teknologi Anti-Glare 60Hz. Bezelnya tampak agak tebal dibanding seri ExpertBook lainnya yang mengusung desain bezel-less.

Berkat fitur anti-glare yang telah disematkan, tampilan layar pada laptop ini akan tetap jernih dan cenderung terang. Fitur tersebut mampu meredam efek pantulan cahaya pada layar ketika digunakan di luar ruangan, atau di dalam ruangan dengan kondisi lampu menyala terang.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Performa CPU ASUS ExpertBook P1440FA 

Sektor CPU seri ExpertBook besutan ASUS yang satu ini ditenagai dengan prosesor berbasis 8th Intel® CoreTM dengan RAM sebesar 4GB DDR4 2400MHz SDRAM onboard. Ada tiga pilihan seri prosesor 8th Intel® CoreTM pada laptop ini. Pertama, laptop yang menggunakan prosesor 8th Intel® CoreTM i3-8145U. Kedua, laptop dengan prosesor 8th Intel® CoreTM i5-8265U, dan yang terakhir menggunakan prosesor 8th Intel® CoreTM i7-8565U.

Pada artikel ini kami menggunakan ASUS ExperBook P1440FA yang ditenagai prosesor 8th Intel® CoreTM i5-8265U sebagai bahannya. Prosesor 8th Intel® CoreTM i5-8265U punya kode nama Whiskey Lake. Prosesor seri ini punya litografi 12nm, yang di dalamnya terdapat 4 cores dan 8 threads dengan kecepatan dasar 1.60 GHz. Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 3.90 GHz.

Artinya, dengan bekal prosesor 8th Intel® CoreTM i5, laptop ini mampu menjalankan berbagai tugas dan pekerjaan dengan baik. Tak terkecuali yang bersifat multitasking. Apalagi hanya untuk menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan urusan kantor seperti Office Word, Excel, dan sejenisnya, tentu akan sangat lancar.

Kami bahkan sampai melakukan tes melalui aplikasi PCMark 10 untuk mengetahui performa CPU laptop ini. Hasilnya? Performa CPU laptop ini mendapatkan skor 3.628. Untuk mengetahui detailnya, silakan simak gambar di bawah ini:

Dibandingkan dengan ASUS Vivobok S S430 yang menggunakan prosesor 8th Intel® CoreTM i5 8250U, ASUS ExpertBook P1440FA dengan prosesor 8th Intel® CoreTM i5-8265U jelas lebih baik performanya. Dulu kami pernah menguji performa CPU ASUS Vivobook S430 yang menggunakan prosesor 8th Intel® CoreTM i5 8250U melalui PCMark 10 dan mendapatkan skor 3.576.

Performa Grafis ASUS ExpertBook P1440FA

Laptop besutan ASUS yang satu ini tidak dibekali discrete graphics card. Ia hanya mengandalkan pengolah grafis yang terintegrasi pada Intel Core i5 8265U, yaitu Intel UHD Graphics 620. Lantaran menggunakan pengolah grafis terintegrasi, laptop ini tidak cocok untuk memainkan game kelas AAA. Namun sebagai laptop untuk menunjang pekerjaan kantor, performa grafis pada laptop ini cukup diandalkan.

Saking penasaran tentang performa grafis pada laptop ini, kami sempat mengujinya walau dilakukan melalui benchmark sintetis seperti Cinebench R15. Untuk hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Kami melakukan pengujian/tes Cinebench R15 OpenGL sebanyak 12 siklus, untuk melihat skor stabil fps-nya. Lantas hasilnya? Performa Intel UHD Graphics 620 tidak boleh diremehkan. Ia punya angka yang cukup stabil di 34 fps.

Sektor Penyimpanan

Terdapat dua pilihan sektor penyimpanan ASUS ExpertBook P1440FA. Untuk laptop dengan jenis prosesor 8th Intel® CoreTM i5-8265U sektor penyimpanannya menggunakan SSD Western Digital dengan kapasitas 256 GB. Sementara untuk laptop dengan jenis prosesor 8th Intel® CoreTM i3-8145U menggunakan HDD berkapasitas 1TB.

Adapun tipe SSD yang pakai adalah NVMe. Tentu ini lebih baik dari SSD M.2. Menariknya lagi, SSD NVMe pada laptop ini diletakkan di tempat yang sangat mudah dijangkau. Misal penggunanya merasa kurang dengan kapasitas 256 GB, ia bisa langsung mencopot dan menggantinya dengan yang baru yang berkapasitas lebih besar. Tak hanya itu, persis di sebelah kepingan SSD NVMe, terdapat slot untuk menambah RAM.

Laptop ini punya performa multitasking yang sangat lancar, walau hanya dengan kapasitas RAM 4 GB. Ini tidak lepas dari sektor penyimpanan yang sudah menggunakan SSD NVMe. Coba saja Anda bandingkan dengan laptop yang berkapasitas RAM 4 GB namun sektor penyimpanannya masih menggunakan HDD. Kami jamin performanya tidak akan secepat laptop RAM 4 GB dengan SSD NVMe.

Performa Baterai

ASUS ExpertBook P1440FA dibekali baterai 4 -Cell 44 Wh, yang memiliki daya tahan cukup lama. Beberapa kali kami coba menguji aspek ketahanan baterai laptop ini dengan berbagai tes. Untuk tes yang pertama, kami uji dengan cara menggunakan laptop besutan ASUS yang satu ini untuk mengetik, internetan, dan menghubungkan laptop dengan layar tambahan. Kami bahkan mengatur tingkat kecerahan layarnya cukup tinggi.

Hasilnya? Laptop sanggup bertahan selama kurang lebih 4 jam. Itu pun masih tersisa sekitar 17%.

Uji ketahanan baterai juga kami lakukan dengan cara menyalakan laptop dengan kondisi menggunakan layar tambahan. Dipakai untuk internetan sembari menonton Youtube. Hasilnya? Kami menghabiskan waktu 4 jam 45 menit dengan kondisi baterai tersisa 20%.

Cukup handal, bukan?

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami