ASUS Expertbook Y1411CDA, Laptop Bisnis Murah Bertenaga Ryzen 3

Laptop ASUS Expertbook Y1411CDA merupakan sebuah laptop bisnis kelas entry-level yang memiliki fitur keamanan mumpuni. ASUS memang sudah lama memperkenalkan seri ExpertBook di pasaran.

Seri ini menyasar para pebisnis untuk mendukung aktivitas harian dan produktivitasnya. Salah satu produk yang paling diminati oleh pebisnis ialah ASUS ExpertBook Y1411CDA yang menawarkan spek cukup mumpuni namun dengan harga yang sangat terjangkau. 

Berbagai jenis fitur keamanan seperti sensor sidik jari telah dibekalkan pada ASUS Expertbook Y1411CDA untuk mendukungnya sebagai laptop bisnis. Sensor sidik jari ini ditandemkan dengan Windows Hello untuk menjamin keamanan data pengguna.

Fitur tersebut memang sudah sepantasnya ada, karena menjaga data pengguna agar tetap aman merupakan salah satu prioritas yang harus dimiliki oleh sebuah laptop bisnis.

Baca Juga: ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Edukasi-Bisnis 2in1 Berbasis Prosesor 11th Gen Intel® Core™

Layar ASUS ExpertBook Y1411CDA

Layar ASUS ExpertBook Y1411CDA sudah membawa teknologi NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis TFT TN (Twisted Newmatic) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight yang mampu menampilkan kualitas resolusi HD 1366 x 768 piksel.

Selain itu, warna yang dihasilkan 45% NTSC color gamut yang cemerlang dan tajam di kelasnya. Dengan dukungan fitur ASUS EyeCare protection, pengguna tak perlu khawatir menghadap layar laptop berjam-jam, mata tidak akan cepat Lelah berkat teknologi tersebut.

Meski tergolong laptop bisnis murah, namun layarnya juga telah didukung fitur ASUS Splendid yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. Layar berukuran 14 inci yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook Y1411CDA sudah menggunakan teknologi NanoEdge dengan screen-to-body ratio mencapai 77%.

Prosesor AMD dan Performa

Label laptop bisnis yang tersemat pada ASUS Expertbook Y1411CDA bukanlah tanpa alasan, laptop ini telah ditenagai dengan prosesor yang sangat mendukung produktivitas pebisnis, yaitu prosesor AMD Ryzen 3 3250U.

Prosesornya ini didukung oleh upgradeable RAM atau dapat diupgrade menyesuaikan kebutuhan. Jadi tidak perlu khawatir, masalah performa jelas lebih dari cukup untuk menjalanan berbagai aktivitas yang mendukung produktivitas bisnis.

Ada dua varian prosesor yang disematkan pada ASUS ExpertBook Y1411CDA, ASUS telah membekali laptop bisnis ini dengan dua pilihan tenaga, yaitu AMD Ryzen 3 dan AMD Ryzen 5. Varian tersebut dapat dijadikan pijakan dalam memilih sesuai budget maupun kebutuhan. 

Soal performa yang ditawarkan oleh laptop bisnis ASUS ExpertBook Y1411CDA, tak perlu khawatir laptop ini cukup kompeten menangani aneka kebutuhan bisnis ringan dan menengah karena mengandalkan dukungan prosesor AMD Ryzen 3 3250U generasi Dali yang berasitektur dual-core (4 thread) Zen.

Laptop ini mampu berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan Turbo maksimal hingga 3,5GHz. Laptop bisnis entry-level ASUS ExpertBook Y1411CDA BV342TS ini didukung oleh RAM sebesar 4GB DDR4-2400Mhz yang masih dapat di-upgrade hingga maksimal 12GB sesuai kebutuhan pengguna.

Grafis AMD Radeon

Pada segi grafis, laptop bisnis ASUS ExpertBook Y1411CDA hadir dengan desain kompak dan mewah yang mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi oleh AMD Radeon RX Vega 3 iGPU.

Meski tanpa dukungan kartu grafis, grafis terintegrasi tersebut sudah cukup powerful dalam menangani desain grafis, sebab telah mengusung 192 shader core dengan arsitektur Vega yang mampu berlari dengan kecepatan 1000MHz dengan antarmuka memory system shared.

Konektivitas ASUS ExpertBook Y1411CDA

Dalam hal konektivitas, laptop bisnis kelas entry level ini terbilang sudah cukup lengkap. Pada sisi konektivitas nirkabelnya sudah mengandalkan WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.2. Sedangkan pada konektivitas kabelnya juga tak kalah mumpuni, laptop ini sudah menggunakan Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, dan combo audio jack. Fitur yang tidak kalah penting yaitu fitur keamanan sidik jari yang telah disinggung di awal tadi, fitur ini hadir dengan dukungan Windows Hello.

Baca Juga  Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Penyimpanan SSD

Sektor media penyimpanan, laptop ini dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) PCIe M.2 NVMe berkapasitas 256GB guna menampung data pengguna. Solusi penyimpanan SSD yang menawarkan performa transfer rate yang tinggi dan konsumsi daya efisien untuk menampung data pengguna.

Fitur-fitur lain

Sebagai laptop bisnis, laptop ini jelas akan menawarkan berbagai kemudahan yang mendukung produktivitas, seperti meeting online. Tenang saja, laptop ini memiliki Webcam yang kualitasnya cukup baik. Kualitas video yang dihasilkan HD dengan resolusi 720p, kameranya ini sudah dilengkapi dengan CMOS module.

ExpertBook Y1411CDA BV342TS ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 x64 dan Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed di dalamnya, sehingga pengguna tak perlu membeli lisensi sistem operasi lagi untuk menggunakan laptop ini.

Notebook bisnis bertenaga AMD Ryzen andalan ASUS ini juga didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 2 Cells 37 Whrs lithium-prismatic battery yang mampu mencukupi kebutuhan dayanya. Meski kapasitas baterainya tak terlalu besar, laptop ASUS ExpertBook Y1411CDA BV342TS dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.

Sektor audio, ASUS membekali laptop bisnis entry-level ExpertBook Y1411CDA BV342TS ini dengan 2 x 2W speaker stereo mumpuni yang didukung teknologi ICEpower dan ASUS Sonic Master untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna.

Tak heran, kualitas audio yang keluar dari laptop bisnis ini dapat memanjakan telinga. Laptop bisnis ini juga didukung fitur keamanan canggih seperti Secure Storage, Secure Guard, System Backtrack, dan sebagainya yang dapat diakses melalui ASUS Business Manager.

Ringkasan Spesifikasi Utama ASUS Expertbook Y1411CDA

Berikut spesifikasi utama yang disematkan pada laptop ini, antara lain:

  • CPU: AMD Ryzen 3-3250U (1 MB L2 Cache, 2.60 GHz up to 3.50 GHz)
  • Kartu Grafis: AMD Radeon Graphics Vega
  • RAM: 4 GB DDR4 2400MHz
  • Layar: 14 Inch HD (1366Ă—768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
  • Penyimpanan: 256GB M.2 PCIe® Gen3 x4 SSD 
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home + OHS, free Microsoft Office Home Student 2019

Harga ASUS Expertbook Y1411CDA dengan prosesor AMD Ryzen 3 dan RAM 4 GB dibanderol sangat terjangkau, hanya dengan Rp6.500.000 saja Anda sudah dapat memboyong sebuah laptop bisnis yang sangat mendukung kenyamanan aktivitas harian dan meningkatkan produktivitas bisnis.

Jika menurut Anda performanya belum cukup, maka pilih varian dengan prosesor AMD Ryzen 5-3500U dan RAM 8 GB, harganya juga pasti lebih tinggi, namun tergolong masih sangat terjangkau, yakni Rp8.200.000 saja.

Demikian beberapa hal terkait laptop bisnis kelas entry lever dari ASUS, yaitu seri ASUS Expertbook Y1411CDA. Label sebagai laptop bisnis merupakan hal yang tepat karena hanya berfungsi untuk komputasi harian ringan, tak perlu grafis tinggi yang khusus untuk program-program berat seperti editing video, foto dan rendering. Selain itu dengan penyimpanan yang sudah menggunakan SSD laptop ini jelas memiliki performa yang lebih maksimal, terutama pada proses booting dan pengolahan datanya.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here