Cara Burning CD di Windows 10 Tanpa Software dengan Benar

Cara burning CD di Windows 10 tanpa software mungkin sudah tidak terlalu populer dahulu daripada sekarang ini. Karena, sudah banyak media penyimpanan eksternal yang lebih bagus dan juga mungkin lebih praktis daripada CD.

Burning CD di Windows 10 yang benar berbeda di laptop Windows 7. Walaupun secara umum langkah-langkahnya tidak jauh berbeda, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar tidak salah.

Salah satu pilihan untuk mengamankan data memang menyimpan di CD, namun jika mengetahui cara kunci folder di Windows 10 juga sangat disarankan, demi keamanan ekstra.

Akan tetapi sebelum kita lebih jauh, disini saya akan sedikit mengulas mengenai pengertian dari burning dan juga manfaat dari burning.

Sekilas Burning CD dan Manfaatnya

Burning CD/DVD merupakan sebuah proses memasukkan data/file pada sebuah CD/DVD. Sebenarnya terdapat banyak istilah untuk mengartikan burning CD/DVD ini sendiri.

Arti lainnya adalah sebuah proses untuk memasukkan File/data dari komputer ke dalam Disk CD agar file dapat dibaca oleh CD Drive. Jenis file yang bisa di burning adalah bermacam-macam seperti video, gambar, musik, maupun dokumen.

Terdapat dua cara untuk melakukan proses Burning. Yaitu dengan menggunakan Software dan tanpa Software.

Proses Burning dengan software biasanya dilakukan ketika Windowsnya tidak mendukung proses Burn dan biasanya proses burn dengan menggunakan software ini lebih sempurna.

Ada banyak pengaturan tambahan dibandingkan yang langsung menggunakan aplikasi bawaan Windows. Aplikasi yang dapat digunakan untuk burning ada banyak contohnya adalah ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, ataupun Nero.

Anda pasti pernah yang namanya data Anda hilang atau corrupt. Semua data yang tersimpan pada komputer memiliki resiko untuk mengalami file corrupt.

Hal tersebut sangatlah merepotkan apabila data-data tersebut penting. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut Anda dapat melakukan burning data ke CD/DVD. 

Memang pada kenyataannya, saat ini proses membackup data sudah dapat dilakukan dengan menyimpan pada cloud storage. Namun demikian, cloud server sendiri memunculkan resiko lain, yaitu resiko data penting kita dapat dibaca oleh hacker handal. 

Dengan berbagai resiko yang ada dengan menggunakan teknologi cloud storage, hingga saat ini penyimpanan yang paling aman adalah dengan melakukan burning CD dan USB. 

File dapat diarsipkan secara hard-copy dan juga terhindar dari data korup karena virus di komputer. Dari keuntungan tersebut, proses burning CD menggunakan aplikasi burning masih sangat digemari oleh banyak orang.

Setelah kita mengetahui arti dari burning, selanjutnya kita akan mengulas terkait cara burning CD di windows 10. Akan tetapi cara burning CD di Windows 10 yang akan kita ulas ialah burning tanpa software.

Menghindari resiko kehilangan data, Anda perlu mengetahui cara backup Windows 10 sehingga bila perangkat Anda mengalami error, data Anda masih dapat diselamatkan.

Berikut Cara Burning CD di Windows 10 Tanpa Software

Memahami Cara Kerja CD

Cara burning CD yang pertama adalah memahami cara kerjanya. Ada dua pilihan yang bisa kamu ambil yaitu Like a USB flash drive dan “With a CD/DVD player.

Untuk pilihan yang pertama, kamu masih bisa mengedit, menyimpan bahkan menghapus data kapanpun menginginkannya.

Baca Juga  Cara Backup Windows 10 dan Restore Data File dengan Mudah dan Lengkap

Tak hanya itu, Like a USB flash drive hanya bisa bekerja di komputer yang menggunakan Windows XP atau setelahnya. Sementara itu untuk pilihan kedua, kamu sudah tidak bisa mengedit atau menghapus file bila sudah dimasukkan ke dalam CD.

Masukkan CD Kosong ke dalam Komputer

Sebelum memasukkannya, pastikan terlebih dahulu CD tersebut tidak terisi hal apapun atau kosong. Jika dirasa CD pernah digunakan, hapus terlebih dahulu isinya sebelum digunakan kembali.

Kemudian, kamu bisa memasukkan CD tersebut ke dalam drive DVD yang sudah tersedia di perangkat komputer.

sebelum lanjut ke cara berikutnya mungkin Anda bisa menyimak bagaimana cara memasukkan cd ke laptop asus Anda.

Buka Explorer

Setelah memasukkan CD ke dalam komputer, langkah selanjutnya yaitu membuka File Explorer. Klik ikon folder yang ada di bagian bawah layar. Kamu juga bisa menekan tombol Windows + E pada keyboard untuk membuka Explorer.

Pilih Lokasi dan Berkas

Klik folder tempat menyimpan berkas yang ingin kamu burn. Folder ini nantinya akan berada di sisi kiri jendela komputer. Langkah berikutnya, pilihlah berkas-berkas yang ingin dimasukkan ke dalam CD.

Kamu bisa klik pada salah satu berkas, kemudian tekan Ctrl pada keyboard sembari memilih berkas lainnya. Perlu untuk diketahui, sebagian besar CD cenderung hanya bisa memuat berkas dengan kapasitas maksimal 700 MB.

Klik Share

Cara burning CD juga selanjutnya adalah klik ikon share. Ikon Share terletak di pojok kiri atas jendela komputer. Nantinya, ikon ini akan memunculkan toolbar di bagian atas jendela.

Klik “Burn to disc”

Langkah selanjutnya yaitu klik Burn to disc yang ada di bagian dalam kotak Send. Sama seperti sebelumnya, setelah memilihnya nanti akan muncul jendela baru lagi.

Klik Burn

Setelah muncul kotak Windows Disc Image Burner, klik Burn yang terletak di bagian bawah jendela tersebut. Berkas yang kamu pilih akan mulai dibakar ke dalam CD pada saat itu.

Perlu diketahui, proses membakar CD bisa berlangsung cukup lama, hal ini tergantung ukuran dan jumlah berkas yang akan kamu burn.

Klik Finish

Setelah proses selesai, kamu bisa klik Finish atau Close saat diminta. Ikon ini nantinya akan berada di bagian bawah jendela komputer.

Penutup

Itulah cara burning CD yang bisa kamu lakukan. Setelah semua proses tersebut selesai, kamu bisa mengeluarkan CD dan menggunakannya.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami