Cara Copy Paste Di Laptop Windows 10, Nomor 3 Jarang DIketahui

Apakah anda penggemar fitur copy paste dalam mengerjakan tugas? Jika Anda adalah salah satunya, maka anda perlu menyimak artikel cara copy paste di laptop Windows 10 ini.

Banyak pengguna  komputer yang tak asing lagi dengan fitur copy paste. Ya, copy paste merupakan salah satu pintasan yang paling sering digunakan di Windows 10 dan juga versi Windows lainnya dalam hal menggandakan file.

Pastikan Anda rajin memperbarui Windows, agar mendapatkan tambahan fitur apabila di dalam update Windows tersebut tersedia.

Sekilas Tentang Copy Paste

Sekilas Tentang Copy Paste

Fungsi dari perintah ini adalah untuk menyalin objek dan meletakkannya di tempat sesuai keinginan kamu. Dibandingkan harus membuat file serupa, lebih baik melakukan copy paste yang lebih cepat dan efisien. Anda juga dapat dapat menyalin beberapa file sekaligus dengan fitur ini. Cara ini mudah dilakukan oleh siapapun. 

Dengan mengerti bagaimana cara copy paste versi Windows lainnya, seseorang dapat menghemat waktu dan meningkatkan progresifitas dalam bekerja. Terlepas dari beberapa metode yang membuat tugas Anda menjadi lebih mudah dan lebih cepat, Anda perlu juga mengetahui bagaimana cara copy paste di Windows 10. 

Terdapat banyak cara copas di laptop Windows 10 yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa cara yang mudah dan patut kamu coba.

Menggunakan Menu

Cara pertama yang patut Anda coba adalah menggunakan fitur Copy dan Paste yang ada pada menu. Jika Anda mau pakai cara ini, Anda hanya perlu klik kanan di objek yang ingin disalin. Kemudian klik kanan kembali di tempat atau folder yang diinginkan dan pilih paste. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka folder tempat menyimpan file yang ingin disalin terlebih dulu.
  2. Kemudian klik kanan pada file yang ingin disalin.
  3. Akan muncul konteks menu dan pilih opsi Copy.
  4. Kalau sudah, cari folder lain untuk menyimpan file yang sudah disalin.
  5. Lalu klik kanan di folder dan pilih Paste.
  6. file yang disalin akan muncul di Folder Baru.

Cara Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara copy paste di laptop Windows 10menggunakan shortcut keyboard menjadi cara yang paling sering digunakan. Dengan menggunakan shortcut keyboard, Anda dapat melakukan copy paste di laptop Windows 10 ini tanpa menggunakan mouse. 

Pertama-tama pilih item yang ingin Anda copy. Kemudian tekan Ctrl + C pada keyboard Anda untuk menyalin. Selanjutnya, buka program tujuan atau jalur file dan tekan Ctrl + V pada keyboard Anda untuk menempel. Lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pilih item yang ingin Anda salin. Bisa menggunakan mouse atau  Anda dapat menekan tombol Shift sambil menggunakan tombol panah untuk memilih beberapa file atau potongan teks.
  2. Tekan Ctrl + C pada keyboard. 

Yang perlu Anda lakukan adalah  menekan tombol-tombol Ctrl + C ini secara bersamaan. Ingat, Anda tidak akan melihat pemberitahuan apapun bahwa teks atau file Anda telah disalin ke Clipboard. Jadi tidak usah kuatir file Anda belum tercopy. 

  1. Kemudian cari tujuan dimana folder ingin disalin. 
Baca Juga  Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik Tahun 2022

Hal ini bisa berupa program lain, tempat Anda dapat menempelkan teks atau gambar. Untuk file dan folder, gunakan File Explorer untuk menavigasi ke jalur tujuan Anda.

  1. Tekan Ctrl + V pada keyboard.  Sama dengan langkah pada no 2. Anda harus menekan kedua tombol secara bersamaan. Dengan begitu file yang Anda copy akan disalin ke folder tujuan Anda. Cara ini akan tetap mempertahankan format asli dari sumbernya.

Cara Copy Paste Di Windows 10 Menggunakan Clipboard

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk copy paste di laptop Windows 10 adalah menggunakan Clipboard. Jika menggunakan cara ini yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan riwayat Clipboard terlebih dahulu. Tekan tombol Windows + V dan klik Turn on. 

Pilih teks atau gambar yang ingin Anda salin, lalu buka Clipboard menggunakan pintasan. Klik pada teks yang ingin Anda salin dari Clipboard, lalu tempelkan ke file atau program tujuan Anda. Simak langkahnya sebagai berikut

  1. Silahkan Anda memilih file yang akan Anda copy kemudian  tekan Ctrl + C pada keyboard. Atau Anda juga bisa menggunakan fitur Menu dengan melakukan klik kanan pada file yang ingin Anda copy.
  2. Kemudian tekan tombol Windows + V pada keyboard Anda. Lalu klik pada tombol Turn on . Ini akan mengaktifkan riwayat Clipboard, Anda akan melihat 24 item terakhir yang Anda copy di Clipboard.
  3. Pilih teks atau gambar yang ingin Anda copy. Klik dua kali untuk memilih kata, klik tiga kali untuk memilih seluruh paragraf, atau gunakan Ctrl + Shift dengan tombol panah untuk membuat pilihan. Untuk gambar di program Office, klik gambar tersebut hingga Anda melihat tombol pemformatan gambar berwarna putih.
  4. Tekan tombol Windows + V pada keyboard Anda.
  5. Pilih apa yang ingin Anda copy. Windows 10 mengatur beberapa item yang baru Anda copy dalam blok, dengan item terbaru di bagian atas dan yang lebih lama di bagian bawah. Anda juga dapat memilih untuk menyematkan item ke Clipboard, sehingga Anda dapat menempelkannya nanti.
  6. Buka folder atau program tujuan lalu tempatkan kursor Anda ke tempat Anda ingin paste item tersebut.
  7. Kemudian tekan Ctrl + V pintasan atau klik kanan dengan mouse Anda lalu pilih opsi pemformatan paste pilihan Anda.

Penutup

Uraian diatas adalah Cara copy paste di laptop Windows 10 yang umum dan mudah untuk dilakukan. Anda dapat menyalin file berupa  teks, gambar, atau file apa menggunakan cara tersebut. Setelah membaca artikel ini, pekerjaan kalian akan lebih mudah dan lebih cepat.

Sebagai rekomendasi pengguna Windows, pastikaan Windows Anda adalah original. Anda harus mengetahui cara cek Windows yang telah mudah dilakukan.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Asus

Cara mengaktifkan kamera laptop ASUS adalah salah satu hal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here