Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10, Jawaban Dari Permasalahan Anda

Bagi Anda pengguna yang terbiasa dengan OS Windows 10 terkadang susah untuk memahami OS terbaru Microsoft yaitu Windows 11. Maka perlu mengetahui cara downgrade Windows 11 ke Windows 10.

Microsoft memang telah merilis Windows 11. Meskipun penerimaan publik terkait Windows 11 terkesan lebih baik dari Windows Vista, namun ada beberapa kontroversial didalamnya. 

Selain desainnya berubah, versi keluaran terbaru Microsoft ini terkesan  tidak berjalan dengan baik. Tak jarang banyak pengguna merasa menyesal telah melakukan Upgrade pada perangkat mereka. Banyak yang lebih memilih memperbarui Windows 10 saja.

Memang bagi pengguna yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan Windows 11, akan berpikir untuk kembali lagi ke Windows 10 karena sudah terlanjur nyaman dan biasa menggunakannya.

Kabar baiknya, ternyata hal tersebut bisa dilakukan dengan mendowngrade atau mengembalikan Windows 11 ke Windows 10. Lantas bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini.

Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara ini dapat dilakukan manakala Anda telah memutakhirkan perangkat Anda dari Windows 10 ke Windows 11 pada beberapa titik dalam 10 hari terakhir, maka Anda memiliki opsi yang cukup sederhana untuk downgrade Windows 11 ke Windows 10. 

Jika situasinya demikian, Anda memanfaatkan fitur pada yang telah disediakan Microsoft. Dalam hal ini, Microsoft telah menambahkan opsi pemulihan di Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk menurunkan versi mesin yang baru saja diperbarui kembali ke Windows 10. Hanya saja fitur tersebut menjadi tidak dapat digunakan setelah 10 hari pertama berlalu.

Cara downgrade Windows 11 ke Windows 10 tanpa install ulang adalah cukup tekan tombol Windows + I pada PC Windows 11 untuk membuka Pengaturan. Di dalam jendela Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih “Pemulihan atau Recovery”. Di bawah “Opsi Pemulihan”, opsi kedua berjudul “Kembali atau go back”. Hal tersebut bisa Anda lakukan manakala syarat diatas terpenuhi.

Windows + i pada PC Windows 11 untuk membuka Pengaturan

Di bawah “Opsi Pemulihan”, opsi kedua berjudul “Kembali atau go back”

Selain mudah, mendowngrade Windows 11 ke Windows 10 tanpa install ulang ini juga akan mempertahankan data pada perangkat Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting pada perangkat Anda.

Namun meskipun Microsoft telah memastikan tidak akan kehilangan data, pastikan Anda telah melakukan backup data terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti listrik padam saat proses berlangsung atau baterai perangkat Anda habis di tengah jalan. 

Apabila pemutakhirkan perangkat Anda dari Windows 10 ke Windows 11 perangkat  sudah lebih dari 10 hari, maka tombol “Kembali” akan berwarna abu-abu. Hal tersebut menandakan Anda sudah terlambat untuk downgrade Windows 11 ke Windows 10.

Baca Juga  Cara Membersihkan Laptop ASUS Agar Tidak Lemot, Auto Ngebut!

Jika Anda telah melewati batas waktu tersebut, maka jalan lain untuk kembali ke Windows 10 adalah melakukan instalasi ulang.

Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 setelah 10 Hari

Apabila pemutakhirkan perangkat Anda dari Windows 10 ke Windows 11 perangkat  sudah lebih dari 10 hari atau komputermu dilengkapi dengan Windows 11 yang sudah diinstal, maka satu-satunya pilihan Anda adalah menghapus dan menginstal ulang Windows 10. 

Berbeda dengan cara sebelumnya, downgrade Windows 11 ke Windows 10 ini lebih sulit. Anda membutuhkan waktu yang lebih lama serta proses yang cukup rumit. Hal tersebut dikarenakan Anda harus mencadangkan file dan membuat media penginstalan sebelum memulainya. 

Hal yang perlu diperhatikan juga, Anda harus mencatat kunci lisensi Windows, berjaga-jaga jika kamu akan membutuhkannya nanti untuk aktivasi Windows 10. Selain itu, yang perlu anda persiapkan adalah drive USB dengan setidaknya 8GB ruang atau DVD kosong untuk membuat drive USB atau DVD yang dapat di-boot dengan Windows 10. Berikut adalah cara install ulang ke Windows 10: 

  • Selanjutnya pilih Download Tool Now pada menu Create Windows 10 installation media

Create Windows 10 installation media

  1. Jalankan berkas yang berhasil diunduh
  2. Klik Yes jika aplikasi meminta akses untuk membuat perubahan pada perangkat
  3. Setujui atau Accept ketentuan dan kebijakan dari Microsoft dengan menekan Agree
  4. Setujui atau Accept ketentuan dan kebijakan dari Microsoft dengan menekan Agree
  5. Tekan Upgrade this PC now setelah opsi tersebut muncul
  6. Upgrade this PC now
  7. Klik Next untuk melanjutkan pemasangan
  8. Setelah berkas instalasi terpasang lanjutkan dengan memilih Next atau Agree sesuai petunjuk yang muncul
  9. Namun jangan lupa pada halaman Choose what to keep untuk mengubah pilihan ke Nothing
  10. Pada halaman Ready to install, klik Install

Ketika Anda menemukan masalah berupa penginstal tidak memulai secara otomatis, yang perlu Anda lakukan adalah Anda boot ulang lagi dan masuk ke menu boot dengan menekan tombol pada keyboard F12 setelah melihat layar boot awal. Pada menu boot, pilih drive USB. Selanjutnya muat penginstal Windows 10 dan ikuti langkah-langkahnya.

Penutup

Itulah 2 cara downgrade Windows 11 ke Windows 10. Anda bisa mencobanya manakala Anda tidak nyaman dengan tampilan Windows 11 dan ingin beralih ke Windows 10. Terima Kasih ☺ 

Disinilah kita akhirnya sedikit memahamai begitu pentingnya backup Windows, karena dengan mem-backup kita tidak kuatir akan kehilangan data-data kita.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Asus

Cara mengaktifkan kamera laptop ASUS adalah salah satu hal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here