Cara Masuk BIOS ASUS Windows 10 dan Windows 11

Sudah begitu praktis dan mudah cara masuk BIOS ASUS. Sehingga tidak perlu kesusahan untuk masuk jendela BIOS, termasuk jika menggunakan Windows 10 maupun Windows 11.

Masalah yang dialami biasanya terjadi pada proses booting yang tidak normal dan lancar.

Namun, beberapa pengguna kadang masih bingung cara masuk BIOS di laptop maupun komputer mereka.

Terdapat banyak kegunaan jika telah masuk ke dalam BIOS, salah satunya adalah instalasi ASUS, namun Anda harus tahu cara install laptop ASUS.

Jika Anda merupakan salah satunya, Anda dapat menyimak cara masuk BIOS laptop ASUS beserta langkah lengkapnya di bawah ini. 

Cara Masuk BIOS ASUS Sebelum Booting

Umumnya, pengguna komputer atau laptop ingin masuk ke sesi BIOS ketika proses booting dimulai. Pasalnya, cara masuk BIOS ASUS satu ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan langkah yang rumit untuk melewatinya.

Cara ini dapat Anda lakukan saat komputer atau laptop Anda dalam keadaan mati. Jika sudah terlanjur dinyalakan Anda dapat mematikan komputer atau laptop dengan mengklik opsi shutdown seperti biasanya.

Cara ini menggunakan tombol keyboard F2 di komputer atau laptop. Untuk langkah-langkahnya dapat Anda simak berikut ini.

  1. Ketika komputer atau laptop dalam keadaan mati, Anda tekan dan tahan tombol F2.
  2. Kemudian, sambil tetap menekan tombol F2, Anda tekan tombol power.
  3. Tetap tahan tombol F2 sampai masuk ke tampilan BIOS yang didominasi oleh warna biru tersebut.

Beberapa model dan varian laptop ASUS memiliki kombinasi tombol lain yang harus ditekan ketika ingin memasuki tampilan BIOS.

Jika dengan menekan tombol F2 tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk menekan tombol F10, tombol Insert, atau tombol Delete. Metode yang digunakan tetap sama seperti langkah-langkah di atas.

Setelah anda mengetahui cara masuk Bios laptop ASUS, Anda juga bisa belajar bagaimana cara menggunakan laptop asus agar Anda tidak salah ketika menggunakan laptop Anda.

Cara Masuk BIOS ASUS Ketika Laptop Menyala

Pada Windows 10 dan Windows 11, Anda dapat memasuki tampilan BIOS ketika laptop dalam keadaan masih menyala. Hal ini dikarenakan, Windows 10 dan Windows 11 telah menyediakan opsi untuk memasuki tampilan BIOS di pengaturannya.

Hal ini tentu saja memudahkan Anda sebagai pengguna laptop atau komputer ASUS. Walaupun pada praktiknya, cara satu ini membutuhkan langkah yang lebih banyak untuk dilewati.

Langkah-langkah untuk memasuki BIOS ketika laptop menyala memiliki sedikit perbedaan untuk Sistem Operasi Windows 10 dan Windows 11. Pasalnya, beberapa letak pengaturan yang ada di Windows 10 diubah di Windows 11.

Windows 10

Pertama, Anda klik ikon start menu di bagian taskbar. Setelah menu start terbuka, Anda ketik Settings. Lalu, ketik Enter.

Setelah jendela setting terbuka, Anda cari dan pilih opsi ‘Update & Security’. Opsi ini terletak di urutan paling akhir.

Baca Juga  Cara Menghubungkan Printer ke Laptop Windows 10 dengan Cepat

Kemudian, Anda klik opsi ‘Recovery’ yang terdapat dalam daftar opsi di bagian kiri layar laptop Anda.

Berikutnya pada bagian ‘Advanced Startup’, Anda klik kotak perintah ‘Restart Now’.

Sesaat setelah Anda mengkliknya, Windows 10 akan melakukan restart pada komputer Anda. Pastikan semua pekerjaan telah tersimpan karena pekerjaan tersebut akan hilang jika belum disimpan dan komputer sudah terlanjur restart.

Anda perlu memastikan juga Windows 10 Anda ori, sehingga Anda harus tahu cara cek Windows 10 ori

Setelah komputer ter-restart, Anda akan memasuki tampilan Advanced Startup berlatar belakang biru. Di sana, Anda pilih opsi ‘Troubleshoot’. Kemudian, pilih ‘Advanced options

Di bagian ‘Advanced Options’ akan ada beberapa pilihan. Anda klik saja pilihan ‘UEFI Firmware Settings’ untuk masuk ke BIOS.

Jika sudah, klik kotak ‘Restart’ yang tampil di layar Anda. Setelah itu, komputer Anda akan otomatis masuk ke konfigurasi BIOS setelah proses restart selesai.

Windows 11

Pertama, Anda buka menu Settings. Untuk langkahnya sama seperti membuka menu Settings di Windows 10 atau anda juga bisa membukanya di pencarian windows dengan mengetik ‘Change advanced startup options’.

Tampilan Settings di Windows 11 ini sedikit berbeda dengan tampilan Settings yang ada di Windows 10. Untuk menemukan opsi ‘Recovery’, Anda klik opsi ‘System’ di bagian kiri jendela Settings.

Berikutnya, Anda scroll ke bawah sampai menemukan opsi ‘Recovery’. Opsi ini terletak pada urutan ke-5 dari bawah. Setelah ketemu, Anda klik opsi tersebut.

Kemudian, Anda dihadapkan dengan tiga pilihan recovery. Pada pilihan ‘Advanced startup’, Anda tekan ‘Restart Now’. Sesaat kemudian, muncul jendela peringatan. Pastikan semua pekerjaan telah Anda simpan. Jika sudah, tekan ‘Restart Now’.

Langkah selanjutnya akan sama persis seperti langkah yang terdapat pada Windows 10. Anda tinggal mengulangi langkah yang sama untuk masuk ke konfigurasi BIOS.

Sebenarnya ada satu metode untuk menyingkat beberapa langkah di atas. Berikut ini langkah singkatnya.

Pertama, Anda klik menu start. Kemudian, ketik ‘Change advanced startup options’ untuk membuka opsi ‘Recovery’.

Setelah opsi ‘Recovery’ telah tampil di hadapan Anda, Anda tinggal melakukan langkah-langkah selanjutnya seperti di atas. Cara satu ini dapat Anda terapkan baik di Windows 10, maupun di Windows 11.

Penutup

Mungkin Anda juga perlu memahami cara kunci folder di Windows 10 agar mempermudah dan memperlancar pekerjaan Anda.

Itulah beberapa cara masuk BIOS laptop ASUS yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here