Cara Masuk Safe Mode Laptop ASUS di Semua Versi Windows

Fitur Safe Mode ini tersedia pada semua versi Windows, dari versi yang paling tua sekalipun sampai versi terbarunya yaitu Windows 11. Cara masuk safe mode laptop ASUS Seharusnya Anda pahami.

Karena fitur Safe Mode ini memiliki banyak fungsi atau kegunaan terutama untuk pemeliharaan sistem. Berbeda, meskipun beberapa fungsinya ‘mirip’ dengan Firewall pada Windows.

Jika Anda merupakan salah satu yang ingin tahu carabta, Anda tepat mendarat pada halaman artikel ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara masuk safe mode dari versi Windows 11, 10, 8, sampai Windows 7.

Sekilas Tentang Kegunaan Safe Mode

Adapun fungsi-fungsi dari adanya Safe Mode ini yaitu pengguna dapat mengecek kesehatan dari sistem sekaligus memperbaikinya, menghapus virus yang menjangkiti suatu bagian sistem tanpa merusak bagian yang lain, dan juga memperbaiki kerusakan yang terjadi pada driver.

Sebagian pengguna laptop ASUS mungkin sudah familiar dan mengetahui cara masuk Safe Mode Laptop ASUS. Akan tetapi, beberapa pengguna mungkin juga tidak mengetahui dan kebingungan untuk melakukannya.

Cara Masuk Safe Mode pada Windows 11

Pertama, Anda klik ikon jendela yang ada di taskbar. Kemudian, pilih ‘Settings’. Setelah jendela ‘Settings’ terbuka, Anda scroll layar ke bawah sampai menemukan opsi ‘Recovery’. Jika sudah ketemu, Anda klik opsi tersebut.

Pada menu ‘Recovery options’, Anda cari opsi ‘Advanced startup’. Klik tulisan ‘Restart now’ yang ada di sebelah kanan opsi ‘Advanced startup’. Lalu, sebuah jendela peringatan akan muncul. Pastikan semua pekerjaan telah Anda simpan. Jika sudah, klik ‘Restart now’.

Setelah itu, Windows 11 akan me-restart laptop Anda. Tunggu saja sampai menu Windows Recovery Environment (WinRE) muncul. Jika WinRE sudah muncul, Anda klik saja opsi ‘Troubleshoot’.

Berikutnya, Anda pilih opsi ‘Advanced options’. Kemudian, klik ‘Startup Settings’. Lalu, pilih ‘Restart’ yang ada di bagian kanan bawah. Setelah itu, Anda tekan salah satu tombol fungsi F1-F9 pada keyboard untuk memilih Safe Mode.

Di sana akan tertera sembilan opsi. Untuk memasuki Safe Mode, Anda tekan angka 4 di keyboard. Jika memerlukan jaringan internet dan akses driver secara online, Anda tekan tombol 5 (Enable Safe Mode with Networking).

Setelah berhasil, Anda akan langsung memasuki Safe Mode Windows 11. Di setiap sudut layar laptop Anda akan tertera tulisan Safe Mode untuk memastikan bahwa yang Anda masuki memang benar-benar Safe Mode.

Cara Masuk Safe Mode pada Windows 10

Secara umum, cara untuk masuk Safe Mode di Windows 10 ini sama dengan Windows 11. Perbedaannya hanya terletak pada opsi ‘Recovery’ yang letaknya agak sedikit bergeser. Kalau di Windows 11, opsi Recovery terletak pada bagian ‘System’.

Baca Juga  Cara Merawat Laptop ASUS Demi Hindari Kerusakan

Sedangkan pada Windows 10, opsi ini terletak pada bagian ‘Update & Security’. Bagian ‘Update & Security’ ini dapat Anda temukan di bagian paling akhir ketika Anda membuka menu ‘Settings’.

Di dalam menu ‘Update & Security’, opsi ‘Recovery’ ada di bagian sebelah kiri. Setelah Anda klik dan pilih opsi tersebut, akan terlihat tulisan ‘Restart now’ di opsi ‘Advanced startup’. Langkah seterusnya sama seperti cara memasuki safe mode di Windows 11.

Cara Masuk Safe Mode pada Windows 8

Sama seperti cara masuk Safe Mode Windows 10, bagian ‘Advanced startup’ juga berbeda letaknya pada menu ‘Settings’. Bahkan, cara untuk memasuki menu ‘Settings’ pada versi Windows ini cukup unik.

Pertama, Anda geser kursor ke arah kanan atas atau kanan bawah layar untuk memunculkan sebuah Charm Bar. Setelah Charm Bar tersebut muncul, Anda klik tulisan ‘Change PC settings’ yang terletak di bagian paling bawah.

Pada bagian kiri menu Settings, Anda cari dan pilih ‘General’. Lalu, gulirkan layar Anda ke bawah sampai menemukan bagian ‘Advanced startup’. Jika sudah menemukannya, Anda tinggal klik kotak perintah ‘Restart now’ untuk melanjutkan ke selanjutnya.

Langkah selanjutnya juga sama seperti cara di atas. Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya secara tepat dan cermat.

Cara Masuk Safe Mode pada Windows 7

Cara masuk Safe Mode di Windows 7 ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan langkah yang panjang. Anda tinggal restart laptop seperti biasa. Saat booting awal telah dimulai, Anda tekan dan tahan tombol F8.

Setelah itu, menu ‘Advanced Boot Options’ akan muncul. Di sana terdapat tiga pilihan untuk memasuki Safe Mode, yaitu ‘Safe Mode’, ‘Safe Mode with Networking’, dan ‘Safe Mode with Command Prompt’.

Pilih salah satu opsi dengan menggerakkan tombol panah atas bawah. Kemudian, Anda tekan Enter di keyboard. Tidak lama setelah itu, Anda akan memasuki Safe Mode di Windows 7.

Penutup

Itulah tadi cara masuk Safe Mode Laptop ASUS pada beberapa versi Windows yang dapat Anda terapkan. Namun rekomendasi lain untuk Anda untuk memksimalkan keamanan perangkat Anda adalah dengan mengunci folder di Windows, ampuh!

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Asus

Cara mengaktifkan kamera laptop ASUS adalah salah satu hal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here