Cara Melihat RAM yang Terpakai di Laptop Windows 10 Mudah & Cepat

Melihat dan mengetahui jumlah kapasitas RAM yang terpakai merupakan hal yang penting, termasuk cara melihat RAM yang terpakai di Laptop Windows 10. Pasalnya, jumlah kapasitas RAM yang terpakai memengaruhi efektivitas aplikasi dan software.

Dengan mengetahui kapasitas RAM yang terpakai, kita sebagai pengguna dapat mengatur jumlah aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Hal tersebut sangat bermanfaat apalagi bagi pengguna laptop yang memiliki kapasitas RAM yang terbatas.

Beberapa aplikasi, terutama aplikasi desain, dapat memakan resource RAM dalam jumlah yang besar. Bagi pengguna laptop yang memiliki kapasitas RAM terbatas, memaksakan untuk membuka aplikasi tersebut bersamaan dengan aplikasi lain akan membuat laptop hang.

Berbeda dengan cara cek RAM laptop, cara melihat RAM yang terpakai di laptop memiliki caranya sendiri. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menyimak caranya berikut ini.

Cara Melihat RAM yang Terpakai lewat Task Manager

disk usage 100

Cara pertama untuk melihat kapasitas RAM yang telah terpakai ini menggunakan aplikasi bawaan Windows, yaitu Task Manager. Aplikasi satu ini membantu Anda melihat dan mengatur penggunaan CPU dan memori yang ada di laptop Anda.

Untuk melihat kapasitas RAM, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, Anda buka Menu Start, baik dengan mengeklik ikon jendela di bagian taskbar, maupun dengan menekan tombol logo jendela di keyboard.

Selanjutnya, Anda langsung ketik ‘Task Manager’. Kemudian, tekan Enter. Sesaat setelah itu, jendela Task Manager akan terbuka.

Berikutnya, Anda alihkan tampilan Task Manager awal ke bagian Performance dengan mengeklik tab Performance. Tab ini berada di bagian atas jendela Task Manager.

Anda dapat melihat RAM yang telah terpakai di bagian ‘Memory’. Pada bagian Memory, tercantum jumlah kapasitas RAM secara keseluruhan, kapasitas yang terpakai, dan kapasitas yang tersedia atau yang tersisa.

Halaman Memory ini juga menampilkan kecepatan dan form factor RAM yang terpasang di laptop. Jumlah slot terpakai pun akan ditampilkan di halaman memori ini serta informasi-informasi lain yang bersifat teknis.

Pada tab Performance ini, Anda juga dapat melihat informasi penggunaan CPU, penyimpanan, GPU, serta informasi perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet di laptop Anda.

Cara Melihat RAM yang Terpakai lewat Command Prompt

cmd scan

Cara melihat RAM yang terpakai di Laptop Windows 10 kedua untuk mengetahui kapasitas RAM yang terpakai menggunakan Command Prompt atau cmd. Command Prompt merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengeksekusi berbagai perintah yang berbasis Command Line.

Dalam arti lain, Anda dapat menjalankan beragam perintah yang ada di Windows dengan mengetikkan teks yang tepat termasuk perintah untuk mengecek kapasitas RAM yang terpakai di laptop.

Baca Juga  Cara Membuka Baterai Laptop ASUS dengan Mudah

Untuk mengeceknya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, buka Command Prompt. Anda dapat membukanya dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R di keyboard. Setelah itu, kotak dialog Run akan muncul. Lalu, ketik ‘cmd’ pada kotak dialog tersebut.

Berikutnya, ketikkan perintah berikut ini dan klik Enter.

systeminfo

Setelah beberapa saat, Command Prompt akan menampilkan berbagai informasi dari sistem Windows 10 di laptop Anda termasuk jumlah kapasitas total dan kapasitas sisa dari RAM. Cara melihat RAM yang terpakai di Command Prompt ini agak ribet.

Anda harus menggulirkan layar ke bawah sampai menemukan bagian bertuliskan ‘Total Physical Memory’ dan ‘Available Physical Memory’. Bagian tersebut menampilkan kapasitas RAM keseluruhan dan kapasitas yang tersisa.

Untuk mengetahui kapasitas RAM yang terpakai, Anda tinggal mengurangkan kapasitas total dengan kapasitas yang tersisa.

Sebagian pengguna yang belum akrab dengan tampilan Command Prompt mungkin akan sediit kesulitan untuk menemukan bagian tersebut. Oleh karena itu, Windows 10 juga menyediakan perintah untuk menyederhanakannya.

Jika Anda termasuk sebagian pengguna yang disebutkan di atas. Anda dapat menyimak cara menyederhanakan perintah untuk melihat RAM yang terpakai.

Anda dapat menyederhanakan daftar informasi yang tampil dengan mengetikkan perintah berikut.

systeminfo | find “Total Physical Memory” & systeminfo find “Available Physical Memory”

Dengan mengetikkan perintah tersebut, Command Prompt hanya akan menampilkan kapasitas total dan kapasitas yang tersisa dari RAM di laptop Windows 10 Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari kedua hal tersebut di tengah berbagai informasi sistem yang ditampilkan di Command Prompt.

Menggunakan CMD ini Anda juga dapat melakukan banyak hal, termasuk cara cek net Framework Windows 10.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara melihat RAM yang terpakai di Laptop Windows 10. Sebenarnya cara melihat RAM yang terpakai ini bisa Anda aplikasikan di setiap Sistem Operasi Windows.

Pasalnya, cara melihat RAM yang terpakai di Windows kurang lebih sama di setiap Sistem Operasi Windows mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11 yang terbaru.

Sebuah rekomendasi untuk Anda yang ingin memaksimalkan kemanan perangkat Anda, pastikan Anda mengetahui cara backup Windows 10, agar dapat mengembalikan data-data ketika terjadi eror pada perangkat Anda.

Sekian. Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini bermanfaat bagi Anda dan juga seluruh pembaca. Terima kasih dan have a nice day.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here