Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop ASUS dan Segudang Manfaatnya

Jika Anda sedang bingung mencari cara mengaktifkan bluetooth di laptop ASUS, maka anda sedang berada di tempat yang tepat. 

Tidak sedikit orang mencari-cari aplikasi ini itu hanya untuk menghidupkan bluetooth, padahal di laptop sudah tersedia toolsnya. Tidak hanya mengaktifkan Bluetooth, termasuk mengaktifkan internet dan mengaktifkan touchpad misalnya.

Bahkan cara-caranya bisa dibilang sangat mudah, mungkin cuma membutuhkan beberapa detik saja kok. Berikut cara aktifkan bluetooth di laptop yang bisa anda coba.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop ASUS

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur bluetooth yang ada di laptop. Terutama jika laptop anda ASUS, maka cara ini adalah yang paling mujarab.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 7 & 8

Cara pertama ini berguna jika OS yang kalian gunakan adakah windows 7 atau 8. Meski sudah agak jarang, tapi kiranya masih perlu dicantumkan.

  • Pertama klik menu Start 
  • Pilih Devices and Printer
  • Setelah itu cari letak bluetooth
  • Klik kanan perangkat bluetooth dan pilih Bluetooth Settings
  • Centang kotak Allow bluetooth Devices to Find This PC lalu pilih Ok
  • Setelah itu, kembali ke pengaturan perangkat dan di bagian pojok kiri atas, klik Add a Device
  • Muncul kotak select a device to add to this computer
  • Tunggu beberapa saat sampai Windows menampilkan perangkat. 
  • Klik dua kali pada perangkat yang tersambung dan Anda bisa menggunakannya

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Hampir semua keluaran laptop ASUS menggunakan windows 10. Karena OS ini memang terkenal paling memudahkan pengguna dalam banyak keperluan. 

Tak heran dari sini banyak yang mencari tips-tips terkait windows 10 untuk memaksimalkan performanya. Termasuk cara mengaktifasi windows 10, cara mengaktifkan modem di windows 10, dan juga cara menghidupkan bluetooth.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik menu Start
  • Pilih menu Settings
  • Pilih Bluetooth yang terdapat di kolom Devices
  • Pilih tombol On agar bluetooth bisa digunakan
  • Biasanya akan ada sejumlah perangkat yang terhubung dan muncul di layar laptop
  • Klik perangkat sasaran dan tekan tombol Pair
  • Jika perangkat tidak muncul, maka Anda bisa memilih menu Add Bluetooth or Other Device yang berada di bagian atas

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 11

Ini adalah OS yang terbaru yang digunakan ASUS dalam seri-seri laptopnya. Tentu saja memiliki tata letak pengaturan yang berbeda juga dengan Windows lain di bawahnya. 

  • Pertama klik menu Start 
  • Pilih Settings
  • Pilih Bluetooth and Devices
  • Klik tombol On di kolom Bluetooth
  • Bluetooth sudah bisa digunakan

Anda bisa saja membypass cara ini dengan langsung ketikkan Bluetooth di kolom Search yang terdapat pada Taskbar atau Start. Dengan begitu anda bisa langsung menuju ke pengaturan Bluetooth dengan lebih cepat.

Manfaat Bluetooth yang Jarang Diketahui

Setelah mengetahui cara menghidupkan bluetooth di laptop ASUS, apa saja yang bisa anda lakukan? Perlu diketahui, Bluetooth merupakan teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang bertujuan memberikan kemudahan dalam menghubungkan antar perangkat. Misalnya:

Baca Juga  Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Terhubung dengan Proyektor

Tahukah Anda jika bluetooth bisa dihubungkan ke perangkat proyektor? Hal ini karena proyektor terbaru sudah mempunyai teknologi wireless sehingga tidak perlu menghubungkannya dengan kabel. 

Anda hanya perlu menyalakan fungsi bluetooth wireless di printer sehingga bisa terhubung ke proyektor. Dengan begitu, baik untuk presentasi ataupun menonton bisa dilakukan tanpa perlu dibikin ribet dengan colokan kabel.

Sebagai Hotspot

Masih banyak yang belum tahu jika bluetooth bisa digunakan juga sebagai hotspot. Jadi jika smartphone sedang kehabisan kuota dan Anda menggunakan internet di laptop, cukup share data via bluetooth. 

Anda bisa menyalahkannya di bagian Tethering. Biasanya terdapat 3 pilihan, tapi untuk ini pilih opsi Bluetooth Tethering. Nyalakan juga bluetooth tethering di smartphone dan sambungkan perangkat.

Terhubung ke Headset Wireless

Salah satu manfaat dari adanya fitur bluetooth adalah memudahkan agar bisa terhubung ke headset wireless. Seperti yang diketahui, headset wireless menjadi solusi karena dinilai lebih praktis dibandingkan earphone. 

Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan earphone adalah kabel yang terlilit. Selain itu, kabel bisa tertarik saat penggunanya melakukan pergerakan. Alhasil, menggunakan earphone terasa kurang nyaman. 

Kehadiran fitur bluetooth menjadi solusi terbaik karena bisa membuat penggunaan headset wireless terasa lebih menyenangkan. Selain bisa untuk headset wireless, bluetooth juga menjadi solusi untuk speaker. 

Penggunaan Mouse dan Keyboard Wireless

Siapa sangka, seiring perkembangan teknologi membuat berbagai fitur praktis hadir untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Hal ini karena fitur bluetooth bisa menghubungkan mouse dan printer tanpa kabel. 

Biasanya, penggunaan mouse dan keyboard umumnya menggunakan USB dongle bluetooth agar terhubung. Alhasil, USB dongle akan diculik ke port USB laptop atau komputer sehingga bisa terhubung. 

Terhubung ke Printer

Tahukah Anda jika printer di era sekarang bisa menjalankan fungsinya tanpa harus menggunakan kabel ke komputer atau laptop? Hal ini karena printer yang mendukung adalah printer wireless. 

Anda bisa menggunakan bluetooth jika ingin mencetak dokumen atau foto dengan mudah. Tak perlu lagi memindahkan data dan menghabiskan banyak waktu untuk itu. 

Sebagai Modem

Ternyata, bluetooth juga bisa dijadikan modem pada sebuah perangkat lho. Fungsi ini dijadikan untuk menghubungkan perangkat internet ke perangkat lainnya. Alhasil, selain bisa menggunakan internet, penggunanya juga bisa dengan mudah berbagai file. 

Penutup

Demikian adalah cara mengaktifkan bluetooth di laptop ASUS, bagaimana? sangat mudah bukan. Tinggal anda sesuaikan sendiri caranya dengan OS yang anda gunakan saat ini. Dengan begitu, fungsi bluetooth pun jadi maksimal.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here