Cara Mengatasi Laptop Black Screen

BlackCara mengatasi laptop black screen mungkin akan berguna nantinya jika Anda mengalami langsung masalah ini pada perangkat Anda. Jangan panik dulu, sebab ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Terjadinya blue screen pada perangkat laptop Anda, mengindikasikan bahwa ada yang salah dari perangkat tersebut. Namun jika tiba-tiba berwarna hitam atau black screen, maka laptop tidak akan menampilkan apapun, baik itu petunjuk maupun gambar. Tidak ada kode kesalahan satupun yang muncul, yang bisa Anda lakukan hanyalah menebak penyebabnya saja. 

Hal ini sering mengecoh para pemilik laptop, sebab biasanya jika terjadi black screen jelas akan mengira bahwa laptop tersebut mati. Kondisi black screen yang seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Bisa karena adanya masalah pembaruan driver grafis, atau bisa juga karena adanya proses penginstalan pembaruan fitur yang mencakup masalah kompatiblitas.

Berikut ini cara mengatasi laptop black screen pada Windows, antara lain:

Cari Tahu Apakah Laptop Masih Menyala dan Memproses Sesuatu

Kemungkinan pertama, hal yang menyebabkan terjadinya black screen pada laptop Windows adalah proses penyiapan selama penginstalan Windows masih belum selesai. Hal ini memang sering terjadi ketika Anda memiliki file data besar dari penginstalan Windows sebelumnya. Sehingga besarnya file data tersebut berdampak pada proses pemasangannya membutuhkan waktu berjam-jam.

Cek Lampu LED

Namun jika Anda belum tahu pasti apakah laptop tersebut masih nyala atau tidak, silakan cek pada lampu LED yang biasanya mengindikasikan bahwa laptop tersebut masih dalam keadaan bekerja memproses suatu data. Dengan kata lain, lampu LED ini akan menunjukkan aktivitas hard drive pada laptop Anda.

Jika lampu LED pada laptop Anda masih berkedip atau menyala maka artinya proses instalasi suatu program masih berlangsung. Anda hanya perlu menunggunya hingga selesai. Boleh jadi akan memakan waktu berjam-jam. Diamkan laptop tersebut dan tetap sabar menunggunya.

Memang belum pasti, apakah laptop tersebut akan Kembali normal jika hanya menunggu. Namun ini merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan pemilik laptop untuk mendiagnosa awal penyebab black screen tersebut. Namun jika Anda sudah menunggu terlalu lama namun laptop tidak kunjung menyala, maka itu artinya proses pemasangan tersebut macet dan tidak dapat dilanjutkan lebih jauh.

Matikan Laptop

Jika laptop Anda macet saat proses instalasi hingga berhenti dan tidak dapat dilanjutkan, maka hal yang bisa Anda coba selanjutnya adalah mematikan laptop. Langsung tekan pada tombol power selama beberapa detik atau bisa juga dengan melepas baterainya saja. Kemudian, mencoba menginstal ulang kembali sebagai cara mengatasi black screen.

Putuskan Semua Sambungan

Jangan lupa, sebelumnya putuskan semua sambungan baik itu dari internet dengan mencabut kabel Ethernetnya dan mematikan semua adaptor nirkabel. Putuskan juga periferal lain, seperti controller game dan hard drive eksternal. Jika posisi laptop Anda sedang dicharge, maka lepaskan kabel daya dari laptop Anda. Tunggulah beberapa saat untuk melakukan semuanya lagi.

Sambungkan lagi, hidupkan laptop, dan install ulang Windows

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya sebagai cara mengatasi laptop black screen adalah menyambungkan kembali kabel daya, periferal, adaptor nirkabel, hingga kabel Ethernet. Jika sudah, lalu hidupkan lagi laptop Anda dan lakukan proses instalasi ulang Windowsnya.

Beralih ke Safe Mode

Jika kemungkinan akar masalahnya berada pada kinerja perangkat kerasnya, maka Anda hanya perlu memuat program yang penting saja agar dapat menyelamatkannya. Dengan melakukan proses booting pada system Anda ke Safe Mode, lalu hidupkan laptop Anda. Jika Anda melihat layarnya mulai hidup, tahan tombol shift pada keyboard. Selanjutnya pilih tombol daya dan lanjutkan dengan menekan opsi Restart.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga ASUS Chromebook Flip C434

Paksa Bangunkan Laptop Anda

Laptop Anda juga dapat menampilkan black screen apabila Windows 10 tidak mendeteksi display Anda. Cara mengatasi black screen pada kasus seperti ini biasanya bisa mencoba untuk memaksa perangkat laptop tersebut untuk bangun. Caranya cukup mudah, yaitu buka keyboard laptopnya, kemudian tekan beberapa tombol berikut:

  • Pertama-tama, tekan tombol Windows.
  • Lalu tekan tombol CTRL, Shift dan B.

Pasang Kembali Video Card

Sebab bisa jadi kemungkinan lainnya dari black screen pada laptop Anda penyebabnya adalah video card yang rusak. Cara mengatasi black screen untuk kasus ini yaitu bisa mencoba dengan melakukan proses install ulang video card kembali. Berikut ini cara menginstall ulang video card di laptop, antara lain:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menekan tombol Windows.
  • Pilih menu Device Manager.
  • Scroll tampilannya ke bawah hingga Anda menemukan Display adapters. 
  • Lalu klik panah di sebelah kiri dari opsi Display adapters untuk memunculkan konten dari Display adapters.
  • Kemudian pilih adaptor tampilan Anda. 
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih Uninstall device.
  • Laptop Anda akan melakukan pencopotan program, tunggu saja hingga prosesnya selesai.
  • Setelah teruninstall, lalu klik kanan lagi pada bagian tersebut. 
  • Kemudian pilih Scan for hardware changes. Hal ini biasanya dilakukan untuk melacak Kembali hardwarenya, sehingga nantinya akan membuatnya muncul kembali agar dapat Anda instal ulang.

Perbarui Driver

Jika video card pada laptop Anda tidak mengalami kerusakan, maka masih ada kemungkinan bahwa driver tersebut membutuhkan pembaruan. Hal seperti ini juga dapat menyebabkan black screen. Berikut ini cara mengatasi black screen, antara lain:

  • Buka Device Manager.
  • Lalu arahkan kursor ke Display adapters dan klik panah yang terletak di sebelah kiri tulisannya. 
  • Pilih adaptor tampilan Anda 
  • Klik kanan untuk memunculkan opsi.
  • Terakhir, pilih opsi Update driver.

Hentikan Proses RunOnce

Perlu diperhatikan awal mula terjadinya black screen, jika Anda mengalami black screen setelah Anda masuk, maka kemungkinan penyebab masalahnya berasal dari proses yang sedang dijalankan. Berikut ini cara mengatasi black screen pada kasus tersebut, antara lain:

  • Tekan tombol Windows.
  • Pilih opsi Task Manager.
  • Anda juga dapat menekan tombol CTRL + Shift dan esc secara bersamaan untuk membuka menu Task Manager.
  • Lalu periksalah proses RunOnce.exe. 
  • Jika sedang berjalan, maka klik kanan untuk memunculkan opsi dan pilih opsi Stop untuk menghentikan proses RunOnce.
  • Jika hal ini sudah dilakukan, maka agar perubahannya bisa diterapkan di laptop Anda, lakukan restart pada laptop. 

Selain menghentikannya, Anda juga dapat membiarkan Task Manager untuk membuka jalan. Berikut ini caranya, antara lain:

  • Buka File pada Task Manager.
  • Pilih opsi Run New Task.
  • Masukkan cmd, 
  • dan tekan OK.
  • Pada jendela command prompt (cmd), ketik shutdown -r -t 01 
  • lalu tekan enter pada keyboard.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop black screen yang dapat Anda coba. Cara tersebut bisa digunakan sesuai dari kemungkinan penyebabnya. Oleh sebab itu, penting kiranya agar Anda dapat mengidentifikasi dengan baik penyebabnya terlebih dahulu. Agar dapat langsung menggunakan cara yang tepat untuk mengatasi black screen pada laptop.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami