Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 8, Windows 10, dan Windows 11

Cara mengunci laptop ASUS – Mengunci laptop sangat dibutuhkan, terutama untuk menjaga keamanan data agar tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Mengunci laptop dapat kamu lakukan melalui berbagai cara.

Ada banyak cara dalam meningkatkan kemanan laptop, semisal mengunci folder, menginstall software keamanan, dan lain-lain. Nah, terkhusus bagi laptop ASUS kesayangan Anda, berikut adalah beberapa tips dalam meningkatkan kemananannya.

Di bawah ini kamu dapat mencari tahu caranya, termasuk menyesuaikan dengan Windows yang laptop ASUS kamu gunakan.

Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 8

Mengunci laptop ASUS di Windows 8 maupun di Windows 8.1 dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Pergi ke Start Screen dengan menekan tombol Windows (Win key), klik nama pengguna, kemudian klik Lock.
  2. Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete.
  3. Menggunakan tombol Win+L (Lihat Daftar Lengkap Shortcut Win Key)
  4. Menggunakan shortcut. Caranya, buat shortcut di desktop dengan klik kanan di area kosong > New > Shortcut lalu Copy dan Paste text ini:
"rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation" 

ke dalam kolom (tanpa tanda petik) lalu Klik Next. Kemudian ketik nama untuk shortcut ini, hapus tulisan rundll32.exe dan ganti dengan “Lock my PC” atau apa pun nama yang kamu kehendaki. Klik Finish dan shortcut Lock Windows sudah jadi. 

Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 10

Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 10

  1. Menggunakan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard. Caranya dengan tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Alt + Delete bersama-sama. Dari pilihan perintah yang muncul, klik Lock untuk mengunci layar komputer.
  2. Menggunakan tombol Windows + L di keyboard. Caranya dengan tekan tombol keyboard Windows (tombol dengan logo Windows) + L bersama-sama untuk mengunci layar komputer dengan cepat. 
  3. Menggunakan tombol Start. Caranya dengan klik tombol Start yang ada di sudut kiri bawah, kemudian klik kanan mouse tepat di ikon gambar akun pengguna yang kemudian menampilkan daftar perintah. Kemudian pilih Lock untuk mengunci layar komputer.
  4. Membuat pintasan (shortcut) di desktop komputer.

Cara berikutnya adalah melalui pintasan atau shortcut di desktop sama seperti di Windows 8. Pertama, kamu terlebih dahulu harus membuat pintasan di desktop (desktop shortcut) yang digunakan untuk mengunci layar komputer. Untuk mulai membuat pintasan desktop, klik kanan (right click) di area kosong desktop komputer untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian Shortcut.

Di kotak dialog yang muncul akan ada pilihan Create Shortcut, kemudian ketikkan text di bawah:

C:\Windows\System32\rundll32.exe user32

Kemudian klik tombol Next. Masih di kotak dialog Create Shortcut, ketik nama dari shortcut yang ingin kamu buat dan kemudian akhiri dengan klik tombol Finish. Hasil akhir dari pembuatan pintasan desktop (desktop shortcut) akan muncul di layar utama dengan label Lock Windows Screen. Untuk mengunci layar komputer, klik ganda (double click) shortcut Lock tersebut di Windows Screen.

Baca Juga  Cara Refresh Laptop Asus Agar Tidak Ngelag

Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 11

Cara Mengunci Laptop ASUS di Windows 11

Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara tercepat yang dapat kamu lakukan untuk mengunci PC Windows 11 adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Caranya, tekan Windows + L pada keyboard dan Windows akan segera mengunci dan beralih ke layar login.

Menggunakan Menu Start

Kamu juga dapat mengunci laptop ASUS kamu dengan cepat menggunakan menu Start. Caranya klik tombol Start, lalu pilih nama akun kamu di sudut kiri bawah Start. Di menu yang muncul, pilih “Lock“. Dengan begitu, laptop kamu akan otomatis terkunci.

Menggunakan Ctrl+Alt+Delete Screen

Cara mengunci laptop ASUS lainnya di Windows  11 adalah dengan menggunakan layar Ctrl + Alt + Delete. Caranya, tekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard kamu secara bersamaan, setelah itu kamu akan melihat layar hitam khusus dengan menu di tengah yang menampilkan berbagai pilihan. Pilih menu “Lock“, dan laptop kamu akan langsung terkunci.

Menggunakan Dynamic Lock

Kamu juga dapat mengunci laptop ASUS kamu secara otomatis saat kamu meninggalkannya dengan fitur yang disebut Dynamic Lock. Pertama, kamu perlu menyambungkan smartphone kamu ke PC dengan perangkat Bluetooth. 

Kemudian buka Settings ( dengan menekan Windows + i) dan arahkan ke Accounts > Sign-in Options. Scroll ke bawah hingga kamu menemukan “Dynamic Lock” lalu ceklis kotak di samping “Allow Windows to automatically lock your device when you’re away”. Kemudian, tutup Settings. Dengan ini, setiap kali kamu pergi, Windows akan mendeteksinya sehingga otomatis mengunci laptop kamu.

Kunci Windows 11 Secara Otomatis Saat Tidak Aktif

Kamu juga dapat secara otomatis mengunci Windows 11 setelah jangka waktu tertentu. Caranya, buka Start dan cari “screen saver”, lalu klik “Turn Screen Saver On or Off” di hasil “Settings”.

Saat jendela “Screen Saver Settings” terbuka, pilih screen saver dari menu drop-down, lalu atur waktu di kotak “Wait” untuk berapa lama kamu ingin laptop kamu tetap aktif tanpa mengunci. Terakhir, beri tanda ceklis di samping “On resume, display logon screen.” Kemudian klik “Ok.” 

Penutup

Demikian cara mengunci laptop ASUS diberbagai versi Windows yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Tentu saja itu beberapa saja dalam meningkatkan kemanana laptop Anda yang di zaman sekarang sangat rawan.

Termasuk semisal Anda ingin meningkatkan kemanan data, juga terdapat banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengamankannya. Termasuk salah satunya adalah dengan mem-backup Windows Anda. Karena dengan begitu data Anda dapat dipulihkan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here