Cara Merawat Laptop ASUS Demi Hindari Kerusakan

Membeli saja tidak cukup, tanpa Anda tahu cara merawat Laptop ASUS, maka masa pemakaian laptop Anda akan semakin pendek, alias cepat rusak. Maka dari itu, merawat adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan.

Apalagi jika laptop Anda sudah mengalami gejala-gejala. Seperti gejala semakin menurun kinerjanya, alias lemot misal, maka Anda harusnya segera mengatasi permasalahan laptop lemot tersebut.

Salah satu untuk mengurangi resiko kerusakan itu adalah dengan merawat laptop ASUS Anda. Berikut ini langkah-langkah, tutorial, tips, dan trik cleaning laptop ASUS.

Sekilas Perkembangan Brand ASUS

ASUS merupakan salah satu brand penyedia hardware maupun software terkenal. Selain menjadi penyedia software dan hardware, ASUS juga menjadi salah satu produk brand laptop paling laris. 

Melihat dari perkembangannya, ASUS sudah banyak sekali mengeluarkan berbagai jenis laptop yang sangat memukau. Mulai dari laptop untuk sehari-hari, kemudian untuk perjalanan bisnis hingga laptop yang khusus untuk bermain game. 

Dari sini sudah terlihat jelas bahwa ASUS merupakan salah satu brand yang sudah sangat berkembang dan maju di tahun ini. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam laptop keluaran Asus di berbagai macam toko offline maupun online. 

Ketika Tidak Merawat Laptop

Buat kamu yang sudah lama menggunakan laptop ASUS, pasti pernah mengalami masalah lag atau bug yang terjadi dalam laptopmu. Baik itu bisa terjadi karena faktor usia laptopmu atau karena kesalahan personal.

Hal ini kadang sering membuat jengkel karena masalah ini bisa datang kapan saja. Bisa terjadi saat kamu sedang mengerjakan tugas lalu terjadi bug dengan sistem atau yang lebih parah lagi laptop kamu mengalami force close secara tiba-tiba.

Cara yang satu ini bisa terbilang sebagai salah satu cara menyelesaikan masalah-masalah yang umum terjadi terhadap laptop ASUSmu. Ada beberapa cara untuk melakukan cara tersebut. Kami akan menjelaskannya sebagai berikut. 

Cara Merawat Laptop ASUS

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Membersihkan laptop ASUS kamu secara rutin merupakan hal yang sangat penting sekali dilakukan untuk merawat laptop agar tetap awet. Pastikan kamu selalu membersihkan laptop kamu minimal seminggu sekali secara rutin. 

Kotoran seperti debu, remah makanan atau cairan tertentu yang tidak kita sadari yang menempel di laptop kamu berpengaruh pada kinerja laptop dan membuat laptop kamu cepat panas. 

Bersihkan LCD, keyboard, lubang sirkulasi udara dan baterai dengan rutin. Saat laptop rutin dibersihkan, laptop akan terhindar dari pengendapan debu dan kotoran yang merupakan salah satu sumber penyebab kerusakan laptop.

Untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan semprotan yang biasa digunakan membersihkan kamera untuk menghilangkan debu di sela-sela tombol keyboard, atau gunakan lap untuk menghilangkan debu-debu yang tersisa. 

Selain itu, bersihkan juga layar LCD dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD kemudian lap dengan lap kering. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu LCD laptop kamu menggunakan kuas. 

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Modem di Windows 10, Dijamin Work

Gunakan Charger Sewajarnya

Cara merawat laptop ASUS selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan charger berlebihan. Gunakanlah charger hingga penuh saja lalu cabut.  Charger yang digunakan berlebihan akan mudah mengalami kerusakan, termasuk pada baterai laptop.

Kemudian, jika charger kamu rusak, alangkah baiknya kamu membeli produk baru dan original. Hal ini dikarenakan charger replika atau tiruan tidak bisa memberikan hasil pengisian daya maksimal layaknya barang aslinya.

Perhatikan Pemakaian Baterai

Jika kamu tidak memiliki kebutuhan mendesak dengan laptop kamu, matikanlah laptop saat sedang mengisi baterai. Kami anjurkan kalian tidak boleh menghidupkan laptop selama pengisian daya baterai berlangsung.

Hindari Pemasangan Aplikasi Berbahaya

Faktor lain yang menyebabkan laptop ASUS cepat rusak adalah adanya aplikasi yang berbahaya. Jadi, pastikan kamu selalu mencari tahu lebih detai tentang aplikasi yang hendak kamu unduh. 

Selain itu, jangan terlalu mengunduh banyak aplikasi saat RAM laptop kamu kecil atau hampir habis, misalnya game yang terlalu berat. Ini akan menyebabkan kinerja laptop melambat.

Cek Perangkat secara Berkala

Cara merawat laptop ASUS selanjutnya adalah dengan merawat laptop secara berkala baik internal maupun eksternal. Kamu mungkin dapat melakukan pembersihan body laptop secara rutin, tapi bagaimana dengan bagian internalnya?

Jika kamu tidak dapat melakukannya sendiri, karena membersihkan area internal butuh keahlian khusus, kamu dapat melakukannya di tempat servis atau ke official store ASUS untuk cek berkala dan perawatan bagian internal. 

Perawatan internal biasanya melibatkan pemeriksaan pasta pendingin dan menggantinya dengan yang baru kalau sudah dingin. Lalu membersihkan semua slot USB yang ada untuk mencegah sesuatu menyumbatnya agar dapat terhubung dengan perangkat eksternal lainnya.

Selain itu, untuk perawatan internal kamu juga dapat menginstall antivirus dan sering update antivirus. Ini karena software antivirus sangat dibutuhkan untuk melindungi laptop kamu dari serangan virus dan hacker. 

Dalam beberapa pembelian laptop tertentu biasanya disertakan software antivirus bawaan. Apabila tidak disertakan software antivirus, kamu bisa membeli software antivirus di toko retail terpercaya atau di website resminya. 

Pastikan kamu tidak mendownload antivirus sembarangan. Mendownload antivirus di sembarang website dan bukan di website resminya, justru tidak akan memberikan laptop kamu perlindungan, malah serangan virus yang berbahaya.

Penutup

Itulah cara merawat laptop ASUS yang dapat kamu lakukan secara rutin. Semakin rutin kamu melakukannya, maka semakin awet juga laptop ASUS kesayangan kamu. Selamat mencoba!

Selain merawat laptop, rekomendasi untukmu adalah mem-backup Windows. Dengan begitu data Anda akan kembali jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here