Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS dengan Cepat dan Simpel!

Brightness dalam laptop atau kecerahan layar digunakan untuk mengatur kecerahan menyesuaikan dengan tempat baik itu terang maupun redup. Inilah sebab kita perlu mengetahui cara meredupkan layar laptop ASUS.

Seperti mengatur setting baterai laptop ASUS agar lebih awet, kecerahan laptop tentu harus diatur dengan sesuai, agar nyaman ketika menggunakan dan menambah masa pakai layar laptop.

Karenanya, kamu harus tahu cara meredupkan maupun menaikkan kecerahan layar laptop demi kesehatan dan optimalisasi mata kamu. Namun, sebelum itu ada beberapa penyebab yang harus kamu tahu mengenai faktor mengapa kecerahan layar tidak dapat diatur. 

Sebab Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur

Fitur Kecerahan Otomatis Aktif

Fitur Kecerahan Otomatis Aktif

Beberapa laptop OS Windows memiliki fitur untuk kecerahan Adiptive atau kecerahan otomatis. Pada dasarnya, fitur ini berguna untuk mengatur cahaya yang ditampilkan oleh monitor secara otomatis.

Dengan fitur ini, kecerahan cahaya akan otomatis meredup di tempat gelap, dan sebaliknya akan meningkat di tempat terang. Karena merupakan fitur otomatis, maka pengaturan cahaya akan dijalankan secara otomatis jika di sekitar ruangan redup atau terlalu terang agar monitor dapat disesuaikan dengan mata.

Driver Tidak Memadai

Sebab selanjutnya yang membuat kecerahan layar tidak dapat diatur atau mengalami error adalah driver laptop yang sudah tidak memadai. Solusinya, laptop tersebut perlu di update driver grafik VGA-nya.

Adanya Bug

Bug bisa terjadi pada suatu sistem operasi yang sudah usang atau tidak update. Laptop yang sistemnya tidak diupdate dalam waktu yang lama bisa saja mengalami bug, sehingga menyebabkan error pada pengaturan kecerahan cahaya pada layar. Selain itu, driver juga bisa mengalami bug jika tidak pernah update.

Karenanya, selalu pastikan driver dan sistem operasi laptop kamu terupdate dengan baik. Karena fungsi update adalah untuk penambahan fitur dan memperbaiki kesalahan atau bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Virus

Virus

Penyebab terakhir yang menjadi faktor error pada kecerahan layar atau yang menyebabkan kecerahan layar tidak dapat diatur adalah karena adanya virus. Virus merupakan sebuah program yang dapat menggangu sistem yang ada pada laptop.

Solusinya, pastikan laptop kamu selalu dijaga dan dibersihkan dari virus-virus yang mengancam kesehatan laptop kamu, termasuk menyebabkan kecerahan layar tidak dapat diatur. 

Itulah empat sebab yang membuat kecerahan layar laptop error. Jika pengaturan kecerahan layar kamu tidak error, maka kamu dapat mengaturnya sendiri untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan mata kamu.

Cara meredupkan cahaya laptop pada dasarnya sama, termasuk cara meredupkan layar laptop ASUS. Hanya saja, ASUS sebagai salah satu brand laptop yang berkualitas terkadang memiliki tombol dan pintasan yang berbeda. Karenanya, simak cara berikut!

Baca Juga  Cara Mengganti VGA di Laptop ASUS, Bisa atau Tidak?

Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS dengan Shortcut Keyboard

Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS dengan Shortcut Keyboard

Cara meredupkan layar laptop ASUS melalui shortcut keyboard dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol ‘Fn’ dan ‘F5’ pada papan tik secara bersamaan. Sementara itu, untuk meningkatkan kecerahan layar laptop ASUS dapat menekan kombinasi tombol ‘Fn’ dan ‘F6’ secara bersamaan.

Lebih jauh lagi, untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan, kamu dapat menekan dan menahan tombol ‘Fn’. Sedangkan untuk mengatur tinggi-rendahnya kecerahan layar, tekan tombol ‘F5’ atau ‘F6’ secara berulang, sambil tetap mempertahankan posisi jari menekan tombol ‘Fn’ lalu berhenti sampai kamu merasa cocok dengan kecerahannya. 

Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS Melalui Control Panel

Selain menggunakan shortcut keyboard, kamu juga dapat mengatur kecerahan layar laptop ASUS melalui ‘Control Panel’. Cara ini pada dasarnya dapat kamu lakukan pada merek laptop lain selain ASUS. Jadi, perhatikan cara berikut:

Pertama, klik ‘Windows’ atau ‘Start’ pada layar desktop

Setelah itu, ketik ‘Control Panel’ pada kolom pencarian

Lalu, pilih menu ‘Hardware and Sound’

Kemudian, pilih ‘Power Options’

Setelah itu klik opsi ‘Change plan settings’

Dan langkah terakhir adalah kamu dapat mengatur tingkat kecerahan pada layar saat mengisi daya maupun saat menggunakan baterai. Pastikan kamu mengaturnya sampai kamu merasa nyaman dengan kecerahan laptop ASUS kamu ya!

Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS Melalui Menu Settings

Cara Meredupkan Layar Laptop ASUS Melalui Menu Settings

Cara terakhir untuk meredupkan layar laptop ASUS adalah melalui menu Setting. Metode ini merupakan metode yang paling umum dilakukan. Adapun cara meredupkan layar laptop ASUS melalui menu ‘Settings’ adalah sebagai berikut:

Klik ‘Start’ atau logo Windows pada desktop

Kemudian, buka menu ‘Settings’ dilanjut dengan memilih opsi ‘System’

Lalu setelah itu, klik ‘Display’ untuk mengatur tampilan layar

Untuk melakukan personalisasi kecerahan layar laptop, kamu dapat mengatur ‘Brightness & Color’ dan selesai. Selamat mencoba!

Penutup

Demikian tips dan trik dalam cara meredupkan layar laptop ASUS yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Agar laptop ASUS-mu lebih awet, pastikan kamu mendownload aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan dengan benar. Karena software yang didownload dari sumber yang sembarangan dapat meningkatkan resiko kerusakan software.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here