Cara Remote Desktop Windows 10, Kontrol Komputer Anda Dari Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas seperti pekerjaan yang biasanya dilakukan secara langsung di kantor harus dikerjakan di tempat lain, sehingga jika mengetahui cara remote desktop Windows 10 akan sangat mempermudah.

Hal inilah yang membuat kebutuhan akan aplikasi yang mendukung kerja remote menjadi semakin tinggi. Saat Anda sedang berada di rumah atau sedang berlibur bisa saja ada pekerjaan yang menuntut Anda harus mengakses laptop kantor.

Tentunya sangat merepotkan jika Anda harus ke kantor untuk membuka komputer Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatur laptop Anda agar bisa diakses secara remote.

Fitur remote komputer dari jarak jauh sebenarnya sudah ada di dalam Windows. Fitur ini dikenal dengan RDP. Fitur seperti ini tak kalah penting dengan fitur copy paste yang beragam cara dan manfaatnya.

Mengenal RDP

RDP atau Remote Desktop Protocol merupakan protokol jaringan yang dikembangkan Microsoft. RDP memungkinkan kita melakukan komunikasi dalam proses pelaksanaan aplikasi dari terminal dan server.

Fitur RDP dapat Anda temukan di Windows. Protokol ini memungkinkan pengguna komputer untuk mengendalikan komputernya dengan menggunakan komputer lain. RDP adalah salah satu alternatif cara remote desktop Windows 10 dari jarak jauh.

Sederhananya kita bisa menggerakkan mouse, melakukan input menggunakan keyboard, dan menjalankan beberapa aplikasi komputer dengan komputer lain meskipun jarak antara kedua komputer itu berjauhan.

Cukup menggunakan RDP Anda bisa melakukan remote desktop dari jarak jauh tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Akan tetapi tentunya Anda harus melakukan setting terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur ini. Fitur RDP ini tersedia di Windows XP dan versi-versi setelahnya. 

Cara Kerja RDP

RDP memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Server akan menghasilkan informasi grafis yang kemudian akan dikonversikan menjadi format RDP. Informasi ini kemudian akan dikirimkan ke terminal melalui jaringan.

Kemudian informasi grafis ini akan membaca informasi yang ada pada protokol untuk kemudian merekonstruksi gambar yang akan ditampilkan pada layar terminal. Proses ini akan berjalan hanya jika komputer berada pada satu jaringan yang sama.

Penggunaan RDP dapat dilakukan dengan menggunakan Remote Desktop Connection. Caranya cukup mudah yaitu cukup dengan membuka Windows explorer, kemudian klik kanan dan pilih “This PC”.

Kemudian pilih “Properties”, setelah itu klik “Advanced System Setting”. Setelah itu pindahkan tab ke “Remote” dan centang pada bagian “Allow Remote Assistance connection to this computer” dan “Allow remote connection to this computer”. Lalu klik “Ok”.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengetahui nama komputer dan IP address Anda. Salah satu cara untuk mengetahui IP Address adalah dengan membuka cmd kemudian ketikkan “ipconfig” kemudian tekan “Enter” pada keyboard.

Anda akan mendapatkan informasi IP Address dan ipv4 Address. 

Baca Juga  ASUS Chromebook C423 N3350

Kemudian untuk menghubungkan dengan komputer yang akan diremote adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwa kedua komputer terhubung dengan jaringan yang sama baik itu LAN, MAN, ataupun WAN. 

Kemudian buka jendela run yang bisa dilakukan dengan menekan tombol Windows + R. Lalu ketikkan “mtsc” dan klik OK. Selanjutnya akan muncul “Remote Desktop Connection”, klik bagian “Show Option”.

Setelah itu Anda bisa memasukkan username dengan nama komputer yang akan diremote dan masukkan juga IP Addressnya. Setelah itu klik “Connect”. Jika memerlukan kode kredensial, Anda harus memasukkan password komputer yang akan diremote kemudian tekan OK.

Itulah sekilas tentang fitur remote komputer yang bisa dilakukan dengan menggunakan RDP. Selain RDP, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengendalikan komputer Anda dari jarak jauh.

Aplikasi atau Software Remote Desktop Protocol

Aplikasi atau Software Remote Desktop Protocol AnyDesk

Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah AnyDesk. Aplikasi ini bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, MacOS, Linux, Android, iOS, Freebsd, Raspberry Pi dan Chrome OS.

Ada berbagai cara untuk mengunduh software atau aplikasi di perangkat dengan aman. Meskipun banyak pihak ketiga yang menawarkan berbagai kemudahan, kita harus tetap waspada untuk memastikan keamanan ketika mendownload suatu software.

Cara menggunakan AnyDesk juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menginstal AnyDesk pada perangkat yang akan diremote dan perangkat yang akan digunakan untuk melakukan remote. Aplikasi tersebut bisa di download pada link  https://anydesk.com/en/downloads.

Setelah melakukan instalasi, Anda harus mencatat ID komputer yang akan diremote. Kemudian masukkan ID tersebut pada perangkat yang akan digunakan untuk meremote. Kemudian klik “connect”.

Pada komputer yang akan diremote, klik “Accept”. Anda juga bisa melakukan konfigurasi terlebih dahulu untuk memberikan batasan izin pada perangkat yang akan melakukan remote.

Menggunakan AnyDesk bisa dibilang lebih mudah karena kedua perangkat hanya perlu terhubung dengan internet dan tidak harus berada pada jaringan yang sama. 

Selain itu, AnyDesk juga sudah menyediakan versi Android sehingga Anda bisa meremote komputer Anda dari jarak jauh hanya dengan menggunakan smartphone. 

Anda juga bisa menggunakan opsi mematikan layar komputer jika tidak menginginkan orang lain mengetahui apa yang sedang Anda kerjakan.

Penutup

Nah itulah cara remote desktop Windows 10. Tentunya masih banyak lagi software yang bisa digunakan untuk melakukan remote desktop dari jarak jauh.

Dengan menguasai fitur seperti ini, Anda tidak perlu lagi khawatir jika ingin mengendalikan komputer Anda dari jarak jauh. 

Demi menjaga kemanan, atau terjadi eror ketika menggunakan RDP, direkomendasikan untuk Anda adalah mem-backup Windows perangkat Anda. Dengan begitu data Anda akan kembali jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Asus

Cara mengaktifkan kamera laptop ASUS adalah salah satu hal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here