Cara Setting Baterai Laptop ASUS, untuk Memperpanjang Umur dan Daya Baterai

Padahal ketahanan baterai laptop merupakan salah satu faktor kunci dalam mendukung aktivitas kerja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah cara setting baterai laptop ASUS agar dapat memperpanjang daya dan umur baterai laptop ASUS Anda.

Layaknya perangkat elektronik lain, kinerja laptop juga akan mengalami penurunan seiring dengan berjalannya waktu, maka masalah laptop yang lemot harus segera diatasi.

Terlebih laptop-laptop yang digunakan sehari-hari. Salah satu bagian pada laptop yang rentan mengalami penurunan kapasitas adalah baterai.

Masalah penurunan kapasitas baterai laptop selain bisa disebabkan karena menurunnya hardware dari baterai itu sendiri atau bisa saja pada ketidakmampuan sistem dalam membaca keadaan baterai secara tepat dan akurat.

Kapan Harus Melakukan Kalibrasi ?

Kalibrasi baterai laptop sebaiknya dilakukan setiap dua sampai tiga bulan sekali. Kalibrasi ini dilakukan agar menjaga kesehatan baterai pada laptop ASUS Anda.

Cara paling mudah untuk menjaga kalibrasi laptop adalah dengan tidak membiarkan baterai laptop habis dan mati. Setidaknya Anda harus mulai mengisi baterai laptop ASUS Anda ketika sudah menunjukkan angka 30%. 

Membiarkan laptop mati karena kehabisan baterai adalah hal yang sangat tidak direkomendasikan. Hal ini karena baterai laptop rentan mengalami kebocoran jika sering dibiarkan habis begitu saja.

Mengapa Kalibrasi Perlu Dilakukan

Jika Anda memperhatikan benar indikator baterai yang ada pada laptop Anda bisa melihat persentase daya yang tersisa dan estimasi waktu penggunaan baterai laptop.

Misalnya Anda melihat sisa daya baterai Anda 50% dengan estimasi penggunaan 2 jam 30 menit. Estimasi ini seringkali tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, tidak jarang baterai habis dalam waktu yang lebih singkat dari estimasi yang diberikan.

Bagi pekerja yang terbiasa mengerjakan pekerjaannya di dalam ruangan, kekeliruan sistem pada indikator baterai tentunya tidak menjadi persoalan besar. Karena Anda bisa langsung memasang charger laptop ASUS Anda begitu baterai sudah dalam posisi kritis.

Akan tetapi bagi orang yang terbiasa bekerja di luar ruangan, tentu hal ini bisa saja menjadi masalah. Karenanya Anda perlu melakukan kalibrasi baterai agar indikator baterai dapat memberikan angka yang tepat. 

Permasalahan kalibrasi lain yang umumnya muncul adalah laptop shutdown dengan sendirinya karena kehabisan daya. Padahal indikator baterai masih menunjukkan di angka 30%. Hal ini tentunya sangat merepotkan pengguna laptop ketika laptop sedang sangat dibutuhkan.

Jika hal seperti itu sering terjadi pada laptop Anda, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan kalibrasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kalibrasi baterai laptop. Bagi Anda pengguna laptop ASUS berikut adalah cara setting baterai laptop ASUS yang bisa dilakukan dengan mudah.

Baca Juga  ASUS ExpertBook P1440FA, Laptop Bisnis Yang Tawarkan Performa Handal, Bukan Abal-abal

Kalibrasi dengan Cara Manual

Kalibrasi baterai laptop ASUS dapat dilakukan dengan cara manual, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama nyalakan terlebih dahulu laptop yang ingin Anda kalibrasikan baterainya
  2. Kemudian klik kanan pada icon baterai di taskbar
  3. Lalu klik menu “Power Option”
  4. Klik “Change when the computer sleeps”
  5. Pilih opsi “Never” pada menu “Turn off the display”
  6. Lalu klik menu “Change advance power setting” dan tekan tombol “+ (expand)” yang berada di bawah simbol baterai
  7. Pilih ikon “+ (Hibernate)” yang berada di bawah “critical battery icon” kemudian klik “hibernate”
  8. Setelah itu Anda bisa menentukan persentase baterai laptop ASUS Anda dengan memilih menu “Percentage”
  9. Lalu klik “Apply”
  10. Anda juga harus memilih menu “Save Changes” untuk menyimpan perubahan pengaturan yang telah dilakukan sebelumnya.
  11. Langkah selanjutnya isi daya baterai laptop sampai 100%. Jika sudah terisi penuh biarkan charger tetap menancap selama beberapa menit.
  12. Biarkan laptop Anda sampai mati total.
  13. Kemudian sambungkan kembali charger laptop anda sampai terisi penuh.
  14. Apabila baterai terisi penuh berarti Anda telah berhasil melakukan kalibrasi baterai.

Kalibrasi dengan Menggunakan Software Tambahan

Anda juga bisa menggunakan software tambahan untuk melakukan kalibrasi. Jika Anda adalah pengguna OS Windows 10 ada beberapa aplikasi yang bisa Anda coba untuk melakukan kalibrasi baterai laptop ASUS Anda.

Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah Smarter Battery. Aplikasi pihak ketiga ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk meningkatkan manajemen daya baterai. Dengan aplikasi ini Anda bisa memanfaatkan daya baterai Anda dengan lebih efektif.

Selain fungsi tersebut aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi baterai laptop.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi BatteryCare. Software ini juga merupakan salah satu software yang kompatibel dengan windows. 

BatteryCare dapat digunakan untuk mempercepat pengosongan baterai laptop, sehingga dapat memudahkan proses kalibrasi. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Penutup

Nah itulah Cara Setting Baterai Laptop ASUS yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Umumnya cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kinerja baterai laptop Anda.

Jika Anda telah melakukan kalibrasi dengan benar dan ternyata tetap ada masalah pada penggunaan baterai masih terjadi bisa saja permasalahan baterai terletak pada baterai itu sendiri.

Anda bisa mendapatkan baterai laptop ASUS original secara offline di gerai resmi ASUS atau secara online di Official Store ASUS.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi...

Cara Mengganti Wallpaper Di Laptop ASUS, Mudah dan Cepat!

Sebelum membahas cara mengganti wallpaper di laptop ASUS, nampaknya...

Cara Mengganti VGA Laptop ASUS yang Rusak atau Error

Meski kamu tidak tahu cara mengganti VGA laptop, kamu...

3 Cara Mengganti Tema Windows 10 Custom, Patut Dicoba

Sebelum mengetahui cara mengganti tema Windows 10, perlu kita...

4 Cara Mengganti Nama Administrator Windows 10 dengan Cepat

Sebelum belajar cara mengganti nama administrator Windows 10, bagi...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami