Cara Setting HDMI Laptop ke TV Windows 10, Tips Praktis dan Cepat untuk Pemula

Meskipun cara setting kabel HDMI cukup mudah dilakukan, akan tetapi masih banyak pengguna OS Windows yang masih belum memahami cara mengatur HDMI. Artikel ini akan mengulas secara singkat bagaimana cara setting HDMI laptop ke TV windows 10.

Kabel HDMI merupakan salah satu alat yang cukup populer saat ini. Kabel HDMI adalah kabel yang digunakan untuk mengirimkan video dan audio dari suatu perangkat ke perangkat lain.

Biasanya kabel HDMI digunakan untuk menghubungkan laptop, proyektor, atau smartphone ke layar monitor. Meskipun sekarang sudah serba nirkabel, hingga sudah dapat  mengontrol perangkat dari jarak jauh atau Remote Desktop Protocol.

Menghubungkan laptop ke TV dapat dilakukan dengan koneksi Wifi. Meskipun begitu, masih banyak yang lebih menyukai kabel HDMI karena penggunaannya yang terbilang cukup mudah.

Mengenal kabel HDMI dan jenis-jenisnya

Sebelum mengetahui bagaimana cara setting HDMI laptop ke TV windows 10 hal yang perlu diketahui adalah apa itu kabel HDMI dan apa saja jenis-jenis dari kabel HDMI.

HDMI merupakan kependekan dari High Definition Multimedia Interface. Kabel HDMI sebagaimana telah disebutkan sebelumnya merupakan kabel yang berfungsi untuk melakukan transfer video dan audio antar perangkat.

Penggunaan kabel HDMI biasanya dilakukan untuk beberapa perangkat seperti HDTV, pemutar Blu-ray, proyektor serta beberapa perangkat elektronik lain.

Penggunaan kabel HDMI lebih praktis karena satu kabel ini bisa menggantikan kabel audio dan kabel video komposit yang biasanya berjumlah tiga buah kabel. Kabel HDMI dapat mengirimkan sinyal audio dan video dengan kualitas tinggi hingga ke 8 saluran audio digital.

Kabel HDMI memiliki dua kategori dengan beberapa jenis pada setiap kategorinya, berikut ini jenis kategori HDMI yang umum ditemukan di pasaran.

Kategori 1

Kabel HDMI kategori 1 memiliki 3 jenis kabel yaitu:

  1. Standar: Jenis pertama adalah HDMI standar. Kabel ini dapat mentransfer video dengan resolusi hingga 720p atau 1080i. Kabel ini juga dapat mentransfer surround dengan kualitas mencapai 742,5 Mbps/saluran.
  2. Standar dengan ethernet: Kabel HDMI jenis ini hampir sama dengan kategori standar. Bedanya kabel jenis ini dilengkapi juga dengan saluran ethernet untuk memungkinkan transfer jaringan perangkat dan internet secara bersama-sama.
  3. Otomotif standar: Kategori ini dirancang dengan kapasitas yang sama dengan jenis sebelumnya tetapi penggunaannya khusus untuk aplikasi otomotif.

Kategori 2 

HDMI kategori kedua memiliki dua jenis yaitu:

  1. Kecepatan tinggi: Kabel HDMI berkecepatan tinggi digunakan untuk transfer video dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 1080p serta dapat diaplikasikan pada teknologi baru seperti video 4k dan 3D.
  2. Kecepatan tinggi dengan ethernet: Kabel HDMI jenis ini memiliki kecepatan yang tinggi dan memungkinkan penggunaan sambungan internet.

Langkah-langkah setting kabel HDMI laptop windows 10 ke TV

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk setting kabel HDMI sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti setiap langkah-langkah berikut ini secara runtut dan benar.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop ASUS Mati Sendiri? Ketahui Dulu Sebabnya

Tentukan jenis kabel HDMI yang akan digunakan

Sebelum melakukan setting, hal pertama yang perlu diperhatikan tentunya adalah menentukan kabel HDMI yang tepat sesuai dengan jenis laptop dan TV yang digunakan. 

Anda tentunya harus memastikan bahwa jenis kabel yang akan digunakan sudah sesuai dengan jenis perangkat dan kebutuhan transfer yang ingin Anda gunakan.

 

Menghubungkan laptop dan TV dengan kabel HDMI

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan laptop dengan TV yang akan digunakan. Anda hanya perlu memasukkan setiap ujung kabel HDMI ke port kabel yang ada pada laptop dan TV anda.

Pastika juga laptop dan TV yang anda gunakan dalam keadaan hidup. Kemudian setting input port yang terhubung ke laptop.

Identifikasi jenis tampilan

Selanjutnya Anda bisa mulai melakukan identifikasi tampilan mana saja dari laptop Anda yang akan ditampilkan di layar TV. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan lalu pilih “pengaturan tampilan” atau “display setting”
  • Akan muncul jendela yang menampilkan jenis tampilan di laptop Anda
  • Jika belum muncul klik “deteksi”
  • Lalu klik “identifikasi”
  • Lalu tentukan layar yang akan ditampilkan

Setting laptop ke TV 

Setelah tampilan terdeteksi dengan baik Anda bisa mulai melakukan setting laptop ke TV dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pilih menu tampilan
  • Gulir ke bawah sampai ke bagian beberapa tampilan
  • Untuk menampilkan seluruh layar laptop ke TV Anda bisa memilih opsi “duplikat desktop”.

Itulah cara setting HDMI laptop ke TV windows 10.  Dengan menggunakan cara di atas Anda bisa menghubungkan layar laptop windows 10 Anda dengan TV yang Anda miliki. 

Terdapat beberapa setting lain yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Ketika anda memilih memperluas desktop pada beberapa tampilan, biasanya display utama akan berisi bilah tugas.

Anda bisa menentukan tampilan utama dengan mencentang kotak “jadikan ini tampilan utama”.

Cara setting tersebut awalnya memang terlihat cukup rumit. Tetapi jika Anda sudah terbiasa mencoba fungsi dari setiap setting yang digunakan tentunya akan lebih mudah bagi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Penutup

Diera nirkaberl sudah mulai gencar digunakan, tapi jangan salah, penggunaan kabel masih menjadi pilihan karena kecepatan dan kualitas yang diberikan, seperti HDMI ini.

Perkembang teknologi menjadikan cara setting HDMI laptop ke TV Windows 10 menjadi lebih mudah. Update terus Windows 10 yang Anda miliki, dengan demikian Anda akan mendapat fitur-fitur terbaru yang disediakan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here