Cara Cek RAM Laptop ASUS, Mudah-Praktis dan Anti Ribet

Bagi kalian pengguna perangkat gadget seperti komputer, laptop, maupun smartphone pasti tidak asing lagi ketika mendengar kata RAM. Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara cek RAM laptop ASUS, baiknya kita bahas apa itu RAM. 

Anda perlu mengetahui juga cara masuk bios ASUS, karena RAM juga akan dapat dilihat dengan masuk pada bios.

Tentang RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory atau yang biasa disingkat RAM merupakan salah satu hardware yang ada di dalam perangkat gadget seperti komputer, laptop, dan smartphone. 

Kapasitas RAM yang berada di setiap gadget juga berbeda-beda sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh brand tersebut. Sekarang ini Random Access Memory terbesar ialah 32 GB.

Fungsi RAM

Kapasitas RAM sangat mempengaruhi terhadap tingkat kecepatan proses data dalam perangkat tersebut. RAM memiliki peran yang sangat penting dalam laptop.

Ia berfungsi sebagai media penyimpanan sementara saat komputer maupun laptop kalian dalam posisi beroperasi atau hidup. 

Misalnya saat kalian mengetik dokumen di Microsoft Word, lalu ditutup tanpa menyimpan terlebih dahulu, maka dokumen tersebut akan tersimpan di dalam memori RAM. Sehingga kalian masih bisa membuka dokumen tadi melalui history terakhir dari Microsoft Word.

Berbagai Jenis Tipe RAM

Berbagai Jenis Tipe RAM

RAM terbagi menjadi 5 tipe yakni Dynamic RAM, SDRAM, RDR RAM, S RAM, EDO RAM dan juga NV RAM.

Dynamic RAM adalah salah satu macam RAM yang di refresh atau segarkan oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala. Tujuannya agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

DRAM ini memberikan keuntungan berupa kesederhanaan structural. Hal ini karena DRAM hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat buah transistor S RAM.

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM merupakan macam RAM lanjutan dari DRAM. Akan tetapi, RAM jenis ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem di mana umumnya akan lebih cepat dibanding DRAM.

Kecepatan SD RAM bisa mencapai 100 hingga 133 MHz. Ciri-ciri RAM jenis ini adalah terdapat dua celah di bagian kakinya, diletakkan pada slot DIMM atau SD RAM di motherhood, dan mampu menampung memori hingga 1 GB.

Rambus Dynamic Random Access Memory atau RDR RAM proses kerjanya lebih cepat dan biasanya lebih mahal dari SD RAM. RAM jenis ini digunakan para perangkat dengan menggunakan Pentium 4 dengan slot memori mencapai 184 pin.

RD RAM menggunakan slot RIMM yang sama dengan SD RAM. Di mana itu adalah sebuah teknologi chip dinamis besutan Rambus. Inc ini juga memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip.

Static Random Access Memory atau S RAM adalah jenis RAM yang mampu menyimpan data tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU. SRAM juga memiliki proses kerja yang lebih cepat dibanding DRAM dan SDRAM.

S RAM memiliki desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan setiap bit informasi. Desain inilah yang membuat S RAM menjadi lebih mahal dan lebih cepat. Sayang, S RAM membutuhkan biaya produksi yang mahal.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop ASUS dan Segudang Manfaatnya

Sehingga persedian nya juga dalam kapasitas kecil dan hanya dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM yakni jenis RAM yang digunakan untuk perangkat dengan OS Pentium. Selain itu RAM jenis ini juga cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz.

RAM jenis ini banyak digunakan sebab mampu menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu yakni FPM RAM. Karena bisa menyimpan dan membaca secara bersamaan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM bisa lebih cepat juga.

Non Volatile Random Access Memory atau NV RAM merupakan jenis memori komputer dengan akses acak yang biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi.

Jenis RAM ini biasanya dilakukan oleh firmware seperti EFI, BIOS, atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded misalnya router. Pada umumnya NV RAM dirancang dengan manufaktur CMOS agar daya yang dibutuhkan juga kecil.

Untuk menghidupkannya sekaligus agar data tidak hilang, NV RAM menggunakan baterai Litium dengan CR-2032. Meski daya dimatikan sekalipun, data yang tersimpan tidak akan hilang.

Cara melihat RAM di laptop ASUS

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya-tanya, Bagaimana sih cara melihat RAM laptop ASUS? Berbeda dengan cara cek net framework Windows 10, untuk mengecek RAM pada laptop itu bisa menggunakan 4 cara. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, pengguna bisa ikuti cara melihat RAM laptop ASUS melalui menu khusus Control Panel. 

  • Pastikan laptop menyala. Klik menu Start.  
  • Ketik Control Panel dan klik. 
  • Pilih System and Security. 
  • Pilih menu System. 
  • Informasi kapasitas RAM ada di kotak merah.

Kemudian, ada cara cek RAM Laptop ASUS melalui task manager yang mudah dan praktis. 

  • Pastikan laptop menyala. Klik Ctrl + Shift + Esc. 
  • Pilihan lain dengan klik taskbar. 
  • Pilih Task Manager. Klik Performance. 
  • Kapasitas dan penggunaan RAM Laptop ada di kotak merah

Ketiga, ada cara melihat RAM Laptop ASUS lewat beberapa fungsi sederhana. 

  • Pastikan laptop menyala. Klik Windows + R pada keyboard. 
  • Ketik dxdiag di RUN. Klik OK. 
  • Jumlah atau kapasitas RAM laptop muncul di DirectX Diagnostic Tool

    Pengguna bisa ikuti cara melihat RAM Laptop ASUS melalui shortcut Win + I yang masuk ke menu Setting. 
  • Pastikan laptop menyala. Klik Win + I. Pilih System. 
  • Klik About. 
  • Spesifikasi RAM Laptop akan muncul

Penutup

Itulah beberapa cara cek RAM laptop ASUS dengan mudah dan juga anti ribet. Sebenarnya hal ini sangat sederhana, Anda cukup menghafal salah satu saja untuk melihat besarnya RAM pada perangakat.

Bagi pengguna perangkat ASUS, pastikan Anda tahu cara cek garansi laptop ASUS, agar Anda dapat mengklaim garansi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here