Inilah Chromebook Harga 5 Jutaan dengan Kualitas Istimewa

Harga pasar chromebook di Indonesia memang cukup terjangkau. Masalahnya ukuran keterjangkauan tiap orang itu relatif. Apalagi bila dihadapkan dengan kondisi budget terbatas tapi selera produknya ingin yang berkualitas tinggi. Maka wajar bila mencari chromebook harga minimal dengan kualitas yang maksimal itu “gampang-gampang susah”.

Chromebook dengan harga murah memang banyak beredar di pasaran. Masalahnya apakah chromebook dengan murah tersebut punya kualitas mumpuni sesuai ekspektasi?

Sebagai salah satu produsen chromebook yang mengedepankan kualitas, ASUS tak lupa mengimbanginya dari sisi harga. Pepatah “rupa nggawa rega” memang benar adanya. Tapi tidak selamanya benar. Ada anomali-anomali yang selalu menyisip di dalam praktiknya. Termasuk salah satunya dilakukan oleh ASUS, dengan menghadirkan Chromebook harga murah namun tidak murahaan secara kualitas.

Kali ini kami akan sajikan rekomendasi Chromebook harga murah kualitas istimewa yang dikeluarkan oleh ASUS. Patokan murah yang kami pakai di sini adalah kisaran harga 5 jutaan. Cenderung subjektif, memang. Tapi Anda akan memahaminya ketika usai membaca secara keseluruhan paragraf artikel ini. Berikut Harga Chromebook 5 Jutaan Besutan ASUS

Baca Juga: ASUS Chromebook Flip C214: Laptop Entry Level Yang Convertible dan Tahan Banting

ASUS Chromebook Detachable CM3 (CM3000)

Kehadiran seri Chromebook yang satu ini dinilai oleh The Verge sebagai langkah kompetitif ASUS untuk bersaing di pasaran dengan Chromebook Duet besutan Lenovo. ASUS Chromebook Detachable CM3 (CM3000) dibandrol dengan harga kisaran US$326 atau sekitar 5 jutaan. Cukup murah, bukan?

Dibekali desain fisik yang sangat unik, ASUS Chromebook Detachable CM3 menggabungkan ketiga aspek sekaligus: mobilitas, produktivitas dan versalitas (keserbagunaan). Desain fisiknya menampilkan estetika yang unik dan bergaya, serta desain dudukan vertikal dan horizontal yang inventif memungkinkan orientasi dan sudut pandang terbaik untuk belajar, bekerja maupun hiburan.

ASUS Chromebook Detachable CM3 didesain dengan bagian keyboard yang dapat dicopot-pasang. Dengan memasangkan keyboard ukuran penuh yang ergonomis, ia akan berubah dalam mode laptop dengan desain ErgoLift dan key-travel 1.5 mm untuk meningkatkan aktivitas produktif seperti mengerjakan tugas sekolah atau kantor yang pengerjaannya mungkin harus dilakuan dengan cara mengetik.

Ketika ingin menggunakannya dalam mode tablet yang ringkas, penggunanya cukup melepas keyboard dan melipat kickstand yang merupakan cover fisik bagian belakang layar. Namun bila ingin menggunakannya dalam mode tent ataupun stand, pengguna tinggal membuka cover tersebut untuk dijadikan sebagai penyangga (kickstand). Sungguh desain yang unik, bukan?

ASUS Chromebook Detachable CM3 dilengkapi dengan stylus untuk menunjang aktivitas produktif dan kreatif penggunanya seperti membuat sketsa atau menulis catatan. Hebatnya, fitur stylus chromebook satu ini akan secara otomatis mengisi daya saat ia disimpan pada tempatnya (garage), dan memiliki daya responsif yang amat tinggi.

Dari segi mesin, ASUS Chromebook Detachable CM3 ditenagai prosesor MediaTek Kompanio 500 (8183) dengan kecepatan 2.0GHz (2M Chace, up to 2.0GHz, 8 cores). Untuk grafis, Chromebook ini dibekali Arm Mali-G72 MP3. RAM 4GB LPDDR4X on board, serta kapasitas penyimpanan sebesar 64G eMMC/128G eMMC.

Melihat desain dan speknya yang cukup istimewa, bukankah angka US$326 (sekitar 5 juta) tampak sangat murah untuk harga ASUS Chromebook Detachable CM3?

ASUS Chromebook Flip C214

Di pasaran, seri Chromebook besutan ASUS yang satu ini dibandrol dengan kisaran harga 5 jutaan. Sebuah harga yang cukup murah bila boleh dikata. Mengingat ASUS Chromebook Flip C214 merupakan laptop/netbook 2in1 yang didesain secara khusus dengan menggunakan standar keamanan-cum-ketangguhan kelas militer.

ASUS Chromebook Flip C214 dibekali engsel 360o yang membuatnya lebih fleksibel lagi convertible. Sehingga penggunanya bisa lebih “suka-suka” mau menggunakannya dalam mode seperti apa. Tergantung selera dan kebutuhan. Bisa digunakan dalam mode tablet, tent atau mode laptop pada umumnya.

Baca Juga  Cara Menghidupkan bluetooth Laptop ASUS Paling Mudah!

Walau didesain dengan engsel 360o, ASUS memberikan jaminan safety dan ketahanan yang tangguh untuk seri chromebook yang satu ini. Material engsel ASUS Chromebook Flip C214 berupa logam ringan. Bukan plastik ataupun resin. Konstruksinya pun amat solid. Sehingga dapat mengurangi resiko pecah, juga dapat bertahan lama.

Pihak ASUS sendiri bahkan telah melakukan uji ketahanan secara khusus pada bagian engsel sebelum produk ini dipasarkan. Konon, pengujiannya dilakukan dengan cara memberikan perlakuan “buka-tutup” dengan putaran 360o sebanyak 50.000 siklus. Hasilnya? Tak ada kerusakan pada bagian engsel seperti dol atau longgar, pecah dan semacamnya. Tidak pula berdampak pada bagian panel layar, keyboard, maupun komponen yang lain.

Selain engsel, bodi ASUS Chromebook Flip C214 dirancang dengan standar keamanan dan ketangguhan yang sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, standar kemanan dan ketangguhan yang dipakai adalah standar militer. MIL-STD 810G Military Grade.

Sekeliling tepian bodi Chromebook ini dilapisi dengan karet pelindung yang cukup solid. Sehingga dapat berfungsi untuk menahan dan meminimalisir kerusakan akibat benturan misal terjatuh saat dibawa. Tak hanya itu, bagian layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang dapat menahan goresan—bahkan retakan—akibat tekanan maupun benturan.

Bahkan pihak ASUS sendiri telah melakukan uji ketahanan dengan cara menjatuhkan dari ketinggian 1.2 meter dalam keadaan menyala dengan berbagai posisi jatuh, sebelum produk ini dipasarkan. Hasilnya? Laptop tetap menyala normal tanpa ada kerusakan, baik secara fisik maupun kinerja mesinnya.

Bagian keyboard telah dilengkapi fitur Anti spill yang berfungsi untuk menunjang ketangguhan keyboard dari cipratan atau tumpahan air. Konon, fitur anti spill pada ASUS Chromebook Flip seri C214 diklaim mampu menahan tumpahan air hingga 66 cc atau 66 ml.

Selain itu, bagian keyboard diletakkan pada struktur internal yang kokoh berbahan baja ringan. Sehingga ketika ada tekanan fisik yang cukup kuat pada keyboard tidak akan membuat komponen di bawahnya terganggu.

Sementara dari sisi komponen pemacu kinerja mesinnya, ASUS Chromebook Flip C214 ditenagai processor dual-core Intel Celeron N4000 yang berkecepatan 1.1GHz hingga 2.8GHz. Untuk grafisnya pun masih pakai VGA berbasis Integrated Intel HD Graphics. Dengan memori RAM-nya yang berkapasitas 4GB.

Dari aspek penyimpanan, seri Chromebook ini dibekali kapasitas penyimpanan sebesar 32GB eMMC. Bagi Anda yang berorientasi pada aspek kapasitas penyimpanan, mungkin kapasitas tersebut dinilai sangat kecil. Namun perlu Anda ketahui bahwa laptop atau netbook yang sistem operasinya berbasis ChromeOS dapat langsung memanfaatkan Google Drive.

Dengan tawaran desain fisik bodi yang kokoh dan konvertibel, meski spesifikasinya masih tergolong laptop/netbook entry level namun performanya cukup handal, apakah harga 5 jutaan untuk ASUS Chromebook Flip C214 tampak kemahalan, atau justeru sebaliknya?

Simpulan

Baik ASUS Chromebook Detachable CM3 (CM3000) maupun ASUS Chromebook Flip C214, keduanya memang dapat dikategorikan sebagai Chromebook harga murah karena dibandrol pada kisaran angka 5 jutaan. Namun bukan berarti murahan, karena kedua ASUS Chromebook tersebut punya daya tawar kualitas yang istimewa.

Bagi Anda yang memang sedang mencari Chromebook harga murah tapi tidak murahan, alias punya kualitas yang handal sekaligus istimewa, dua seri Chromebook besutan ASUS yang telah kami kemukakan di atas kiranya bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here