Rekomendasi ASUS Chromebook Untuk Pelajar

Masyarakat hari ini sudah sangat terbiasa dengan berbagai aktivitas yang dilakukan secara online baik itu untuk keperluan sekolah, mengisi waktu luang maupun bekerja. Demi menjawab kebutuhan ini, ASUS juga telah meluncurkan berbagai macam laptop ASUS Chromebook yang dirancang khusus untuk kebutuhan online.

Budget yang perlu Anda siapkan mulai dari 5 jutaan saja, sudah bisa menikmati layanan laptop Asus Chromebook yang mengadopsi laptop dengan performa ala android. Berikut beberapa rekomendasi ASUS Chromebook:

ASUS Chromebook C214 

Pada daftar pertama, adalah produk ASUS Chromebook termurah yang telah dirilis pada bulan Agustus 2021 lalu, yaitu Asus Chromebook C214. Laptop dengan sistem operasi Chrome OS ini layak menjadi pilihan karena ASUS Chromebook C214 sudah menggunakan layar touchscreen anti-glare yang berukuran 11,6 inci. Resolusi yang mampu ditampilkan lebih ideal untuk pengguna pemula.

Kali ini prosesor yang digunakan pada adalah Intel Celeron N4000. Mengingat sistem operasinya yang lebih ringan dari Windows, prosesor ini sudah lebih dari cukup untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengetik, berselancar di internet, melakukan komputasi harian dan sebagainya. ASUS Chromebook C214 juga telah dilengkapi dengan memori jenis DDR4 RAM sebesar 4GB yang dipadukan dengan penyimpanan eMMC hingga 32GB.

Soal harga, ASUS Chromebook C214 adalah yang paling murah di kelasnya, dijual dengan harga mulai Rp5,6 jutaan di Indonesia. Pilihan warnanya hanya satu, yaitu Dark Grey saja, dengan garansi resmi selama 3 tahun dari ASUS Indonesia.

Berikut spesifikasi utamanya: 

  • Layar : 11,6 inci (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare, Touchscreen
  • CPU : Intel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
  • OS : Chrome OS
  • RAM : 4GB 
  • Penyimpanan : 32 GB eMMC 5.1
  • Kartu Grafis : Intel HD Graphics 600
  • Baterai : 3 -Cell 50 Wh Battery
  • Dimensi : 292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm
  • Berat : 1,2 Kg

Laptop ini didukung berbagai colokan input dan output, seperti COMBO audio jack, Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), dan micro SD card. Terdapat kamera di atas layarnya yang memiliki resolusi HD 720p, world-facing 5MP AR camera. Soal konektivitas, laptop ini dibekali Wi-Fi 5 (802.11 ac) dan Bluetooth 5.0.

ASUS Chromebook C425

Selanjutnya ada ASUS Chromebook C425, merupakan produk Chromebook terbaru dari ASUS yang harganya cukup ramah di kantong. Laptop ini memiliki prosesor lebih baik dibandingkan dengan Chromebook daftar sebelumnya, yaitu Intel Core m3/i5/Gold dengan memori hingga 8GB. 

Ukuran layarnya 14 inci dengan grafis Intel HD Graphics 615. Soal harga, ASUS Chromebook C425 dibanderol dengan harga Rp 8,7 juta. Adapun spesifikasi utama yang ditawarkan sebagai berikut:

  • CPU : Intel Core m3/i5/Gold
  • Sistem Operasi : Chrome OS
  • Memori : up to 8 GB
  • Penyimpanan : up to 128 GB
  • Layar : 14 inci 
  • Kartu Grafis : ‎Intel HD Graphics 615
  • Baterai : 48 Whr
  • Dimensi : 32.17 x 20.80 x 1.69 ~ 1.69 cm
  • Berat : 1.44 Kg

Melalui layar IPS yang berukuran 14 inch tersebut ASUS Chromebook C425 mampu menghasilkan resolusi Full HD sebesar 1920×1080. Ada juga kamera yang terletak di sebelah atas layar yang mampu menghasilkan resolusi hingga HD 720p.

Beberapa port Input/Output tersedia, antara lain 2 buah port USB Type-C (Gen 1) dan 1  Type-A (Gen 1). Ada juga konektivitas Bluetooth dan WiFi 802.11a/b/g/n/ac. ASUS Chromebook C425 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 8,7 juta. Sudah termasuk garansi 1 tahun dari ASUS Indonesia.

Baca Juga  ASUS ExpertBook B5, Tawarkan Desain dan Performa Unggul bagi Profesional Bisnis

ASUS Chromebook 204 

Jika seri laptop sebelumnya dirasa masih terlalu mahal, maka Asus Chromebook 204 layak dipertimbangkan. Laptop ini hadir dirancang khusus untuk Pembelajaran Jarak Jauh, yang telah ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4020. Memori yang tersedia di dalamnya adalah memori 4GB LPDDR4. Dipadukan dengan penyimpanannya eMMC sebesar 32GB dan didukung dengan grafis Intel HD Graphics 600.

Dibandingkan produk sebelumnya, Layar ASUS Chromebook 204 jelas lebih kecil. Ukurannya hanya 11,6 inci dengan berat 1,2 kg. Harga laptop ini dibanderol mulai dari 5,3 jutaan saja.

Adapun spesifikasi utama yang ditawarkan, antara lain:

  • CPU : Intel Celeron N4020
  • Sistem Operasi : Chrome OS
  • Memori : 4 GB LPDDR4
  • Penyimpanan : 32 GB eMMC
  • Layar : 11,6 inci IPS-level Panel, Anti-glare display
  • Kartu Grafis : Intel HD Graphics 600
  • Baterai : 50 Whr
  • Dimensi : 29.20 x 19.90 x 1.95 cm
  • Berat : 1,2 Kg

Layar LCD laptop ini berukuran 11,6 inch menggunakan teknologi IPS-level Panel dengan resolusi HD berukuran 1366 x 768 piksel. Layarnya ini memiliki rasio 16:9. Ada juga beberapa colokan Input/Output yang tersedia, antara lain 2 buah colokan USB 3.2 Gen, 1 colokan Type-A, 1 colokan USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2 buah USB 3.2 Gen 1 Type-C yang sudah support display/power delivery, 1 buah colokan USB 3.2 Gen 1 Type-C yang juga support display/power delivery, dan 1 buah colokan 3.5mm Combo Audio Jack.

Untuk mendukung aktivitas online seperti belajar online, bekerja online dari rumah maupun streaming, laptop ini telah dibekali dengan kamera yang mampu menghasilkan resolusi HD hingga 720p. Tersedia konektivitas WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2.

Sebagai laptop yang dirancang untuk memenuhi aktivitas pembelajaran jarak jauh, laptop ini telah ditenagai baterai 50 Whr. Soal harga, jangan khawatir. ASUS membanderol laptop ini juga sangat terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa, yaitu mulai dari Rp 5,3 juta saja. Sudah termasuk garansi 1 tahun dari ASUS Indonesia.

Demikian beberapa rekomendasilaptop Chromebook dari ASUS. Dengan system operasi yang ditawarkannya yaitu Chrome OS, pengguna dapat merasakan sensasi android yang tersemat dalam sebuah laptop. Seluruh ekosistem Google juga telah didukung secara penuh. Sistem operasi yang dikenal lebih ringan dari Windows ini menjadikan perangkat dengan spesifikasi rendah pun dapat menjalankan berbagai aplikasi secara lancar.

Jika penyimpanannya menurut Anda terbatas, maka manfaatkan beberapa penyimpanan cloud yang tersedia, seperti Google Drive agar dapat menghemat ruang. Penggunaan Google Drive ini juga menjadikan Chromebook lebih praktis karena dapat berbagi dengan perangkat Android secara langsung. Seluruh file yang tersimpan dapat dibuka kapan pun dan dimana pun, baik itu melalui Chromebook maupun android. Selama memiliki aplikasi terkait di dalamnya.

Namun yang harus menjadi perhatian adalah ASUS Chromebook merupakan perangkat yang didesain ketergantungan pada koneksi internet. Kelebihan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya akan berjalan lebih maksimal jika memiliki koneksi internet yang mumpuni. Jadi usahakan selama Anda memakai Chromebook, koneksi internet di daerah Anda juga stabil.

Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami