ASUS ExpertBook B5, Tawarkan Desain dan Performa Unggul bagi Profesional Bisnis

Dalam gelaran acara “Comfortable with Convertible: ASUS ExpertBook B5 OLED Launch” yang dihelat pada Minggu, 27 Februari 2022, ASUS luncurkan laptop anyarnya di deretan “Laptops for Work” yang diberi nama ASUS ExpertBook B5. Laptop ini dirancang untuk para profesional bisnis yang membutuhkan laptop dengan mobilitas dan portabilitas handal.

ASUS ExpertBook B5 hadir dalam dua varian desain. Yang satu menggunakan desain Clamshell (seri B5302CEA) dengan engsel 180o, satunya lagi mengusung desain Flipable 360o. Uniknya, laptop ini hadir dengan bobot yang cukup ringan, hanya 1 kg. Sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana, tanpa khawatir pegal di pundak saat dibawa menggunakan tas ransel/slempang.

Laptop ini bahkan digadang-gadang sebagai laptop bisnis pertama yang menggunakan teknologi layar canggih. Teknologi tersebut bernama ASUS OLED. Tak hanya itu, laptop ini juga memiliki performa mesin yang powefull, serta daya tahan baterai yang sangat lama. Nah, supaya tidak penasaran dengan laptop besutan ASUS yang satu ini, berikut kami sajikan informasi detailnya.

Desain ASUS ExpertBook B5

Bisa dikatakan, fokus utama desain ASUS ExpertBook B5 terletak pada mobilitas dan portabilitas. Desain bodinya dirancang sangat ringkas dan ringan, namun tetap tangguh. Keringkasan bodi laptop ini tampak dari ukuran ketebalannya yang hanya 16.9 mm atau 1.69 cm, dengan dimensi panjang x lebar sebesar 30.90 cm x 21.06 cm. Ditambah dengan bobot yang hanya 1 kg. Sehingga mudah untuk masuk ke dalam tas. 

 Menggunakan material logam premium yang ringan, yaitu magnesium-aluminium alloy, untuk bagian belakang layar dan bawah bodi. Konon, logam ini diklaim punya tingkat kepadatan 1.81 gram/cm3. Maka wajar, bila laptop ini memiliki bobot yang ringan.

Selain berpengaruh pada aspek bobot yang ringan, penggunaan material loga tersebut juga menunjang aspek ketangguhan laptop. Tak heran bila seri ExpertBook yang satu ini menyandang sertifikasi lolos pengujian esktrem berstandar militer Amerika Serikat: MIL-STD 810H. Laptop ini diklaim mampu bertahan meskipun berada di suhu atau lingkungan yang ekstrem maupun jatuh dari ketinggian tertentu. Sangat luar biasa, bukan?

Kinerja Mesin ASUS ExpertBook B5: Gesit dan Handal

ASUS ExpertBook B5 punya kinerja mesin yang gesit dan handal. Kegesitan dan kehandalan kinerja mesinnya bahkan sudah tervalidasi Intel® EVO. Ditenagai prosesor 11th Gen Intel® Core™ i7 dan didukung RAM DD4 3200 MHz dengan kapasitas sampai 48 GB. Ditambah dengan aspek penyimpanannya yang sudah menggunakan teknologi dua SSD M.2 NVMe PCIe 3.0×4 dengan kapasitas sampai 2 TB. Media penyimpanan tersebut bahkan dapat dikonfigurasi secara RAID demi meningkatkan kinerja. Paduan perangkat mesin yang sangat istimewa ini membuat ExpertBook B5 tergolong sebagai laptop dengan komputasi kelas bisnis untuk menunjang kebutuhan multitasking.

Kehandalan seri ExpertBook yang satu ini pun ditopang dengan daya baterai yang sangat istimewa. Baterainya diklaim mampu bertahan selama 14 jam dan telah didukung teknologi fast charging.

Konektivitas Lengkap Untuk Mobilitas

Untuk mendukung mobilitas yang tinggi, seri ExperrtBook yang satu ini dibekali konektivitas yang amat lengkap. Menggunakan teknologi konektivitas nirkabel berupa Wi-Fi 6 yang mampu memberikan kecepatan transfer data lebih cepat dan stabil. Dibekali pula port yang cukup lengkap, meliputi USB tipe-A, HDMI,  jack audio combo 3,5 mm, dan gigabit ethernet melalui Micro HDMI. 

Tak hanya itu, dibekali pula dua buah port USB tipe-C yang telah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery. Teknologi Thunderbolt 4 mampu menawarkan kecepatan transfer data tinggi hingga 40 Gbps, di samping sebagai display output dengan resolusi sampai 8K. Adapun teknologi Power Delivery memungkinkan pengisian daya menggunakan adapter yang sangat ringkas atau power bank. 

Baca Juga  Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS yang Tidak Disertai Slot DVD Drive

Layar ASUS ExpertBook B5

ASUS ExpertBook B5 diklaim sebagai seri laptop bisnis ASUS pertama yang mengusung teknologi layar ASUS OLED. Teknologi ini mengusung kehandalan panel OLED dan menyajikan visual dengan warna yang amat kaya dan akurat, tanpa mengabaikan kesehatan mata.

Jenis layar ini memiliki color gamut 100% DCI-P3 yang sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Gak hanya itu, teknologi HDR pada layar ASUS OLED pun sudah disertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Dukungan teknologi layar ASUS OLED pada ASUS ExpertBook B5 telah memenuhi standar kebutuhan industri kreatif. Sehingga konten yang ditampilkan ASUS OLED  dijamin sangat akurat. Dengan akurasi tampilan konten pada layarnya, laptop ini mampu memudahkan penggunanya meninjau konten yang sedang dikerjakan.

Tak hanya itu, jenis layar ASUS OLED juga sudah menggunakan fitur Eye Care yang mampu mengurangi spektrum cahaya biru berbahaya, tanpa menurunkan kualitas visual. Karenanya, teknologi yang telah tersertifikasi TÜV Rheinland ini dapat dibilang sangat mendukung kesehatan mata.

Dibekali Fitur IT Management Untuk Menunjang Profesionalitas Bisnis

ASUS ExpertBook B5 dibekali fitur IT Management yang mendukung profesionalitas pekerjaan profesional bisnis. Mulai dari fitur Trusted Platform Module 2.0 dan ASUS Control Center, lalu Data & Identify Security yang meliputi sensor fingerprint, Windows Hello Facial Recognition. Tak cukup di situ, laptop ini juga dibekali fitur BIOS/HDD Password, USB Storage Block, Secure File Shredder, dan Webcam Privacy Shield. Bahkan terdapat pula Hardware Protection berupa Kensington Security Slot dan ASUS Private View.

Dari segi kamera, terdapat kamera webcam 720p HD, dilengkapi 3D teknologi noise-reduction (3DNR) yang dapat menghilangkan noise hingga 23 persen sehingga meningkatkan kualitas gambar tanpa mengurangi detail dan eksposur.

Untuk keamanan, laptop ini menggunakan chip TPM 2.0 yang menjamin integrasi dan keamanan data yang tersimpan dalam laptop. Ditambah dengan keberadaan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello untuk mendukung sistem keamanan biometrik.

Disematkan pula fitur two-way AI noise-cancelling yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali dan menyingkirkan noise pada saat melakukan konferensi video. Konon, fitur ini tak cuma menyingkirkan suara secara satu arah dari mikrofon, namun juga menyingkirkan noise dari lawan bicara. Kemampuan ini tentu saja menjamin komunikasi dapat berjalan lancar dan mendukung produktivitas di berbagai situasi.

Keberadaan sensor sidik jari yang telah terintegrasi dengan sistem keamanan Windows Hello dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses laptop ini tanpa harus mengetikkan kata sandi. Cukup tempelkan jarinya, laptop langsung dapat diakses. Tak hanya itu, seri ASUS yang satu ini sudah dibekali fitur ASUS NumberPad 2.0 yang mampu membuat touchpad berperan sebagai numpad hanya dalam sekali sentuh.

Harga dan Ketersediaan ASUS ExpertBook B5

Untuk harga, ExpertBook B5 (B5302CEA)  yang merupakan varian clamshell dibanderol dengan harga mulai dari Rp22 juta. Sementara untuk  ExpertBook B5  Flip  (B5302FEA) yang merupakan varian convertibel dibanderol dengan harga mulai dari Rp21 juta.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here