ASUS ProArt: Lini Produk ASUS Untuk Para Kreator Profesional

Melalui ASUS ProArt, perusahaan perangkat teknologi asal Taiwan ini kembali hadir dengan produk-produk handalnya. Kali ini sasaran tembaknya adalah segmen kreator profesional. Dengan tagline “Optimalkan Imajinasi Anda”, lini ASUS yang satu ini diciptakan oleh kreator untuk kreator melalui produk-produk berteknologi mutakhir dengan kualitas dan kompatibilitas yang telah teruji secara ketat untuk sebuah performa super ekstrem.

ASUS ProArt memiliki filosofi yang mengacu pada gabungan dua nilai sekaligus, yakni Pro dan Art. Pro diambil dari kata profesional yang merupakan fondasi kreativitas. Sementara Art yang secara harfiah berarti seni, meniscayakan kemungkinan tanpa batas, lantaran setiap ide, inspirasi, ataupun imajinasi adalah potensi sumber mahakarya. Sehingga ASUS ProArt hadir untuk sebuah kekuatan profesional komprehensif demi menunjang kreativitas tanpa batas.

Produk-produk ASUS ProArt

Produk ASUS ProArt tidak hanya berwujud dalam satu jenis produk, melainkan terdiri  dari beragam varian. Mulai dari laptop, desktop, monitor hingga motherboard. Seperti apa gambaran varian produk ProArt tersebut? Berikut kami sajikan uraiannya untuk Anda.   

Laptop

Produk-produk laptop ASUS ProArt didesain secara khusus dengan menggunakan sistem dan perangkat teknologi mutakhir untuk menghasilkan sebuah performa super yang memang diperuntukkan bagi kalangan kreator kelas pro. Mulai dari desain konstruksi, pilihan prosesor dan chip grafis, hingga unit-unit terkecil, ASUS sangat mempertimbangkannya secara detail untuk, lagi-lagi, menghasilkan sebuah performa yang mumpuni, sesuai dengan kebutuhan penggunanya yang memang berasal dari kalangan kreator profesional.

Ada banyak laptop yang telah hadri dari seri ProArt, tentu dengan kualitas desain dan spek yang sitimewa. Mulai dari ProArt Studiobook 15 H500, ProArt Studiobook Pro 15 W500, ProArt Studiobook Pro 16 OLED (W7600), ProArt Studiobook Pro 17 W700, ProArt Studiobook Pro X W700, dan sebagainya. Hanya saja, ulasan yang akan kami sajikan pada paragraf-paragraf selanjutnya adalah terkait salah satunya saja dari varian laptop ProArt yang ada, yaitu seri ProArt Studiobook Pro X.

ProArt Studiobook Pro X

Laptop ini diklaim sebagai laptop bertenaga Quadro RTX™-5000 pertama dengan layar NanoEdge empat sisi. Jenis panel layarnya menggunakan LED-backlit WUXGA (1920 x 1200), yang mampu memberikan visual layar super maksimal dengan layar gamut lebar serta akurasi warna yang super optimal, dengan bantuan chip grafis NVIDIA® Quadro RTX™-5000.

Seri ProArt Studiobook yang satu ini dibekali oleh dua pilihan prosesor. Pertama, prosesor Intel® Xeon® E-2276M  yang memiliki daya pacu 2.8GHz hexa-core, dan bila dibarengi dengan Turbo Boost akan mencapai hingga 4.7GHz, dengan kapasitas chace sebesar 12MB. Kedua, prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-9 (9750 H) yang punya daya pacu 2.6GHz hexa-core, dan bila dibarengi Turbo Boost akan mencapai kecepatan hingga 4.5GHz, dengan kapasitas chace 12MB. Sehingga mampu menawarkan kinerja mesin yang super cepat. Sangat cocok untuk menjalankan aktivitas renrending ataupun simulasi real-time yang super kompleks.

Laptop ini juga dibekali ScreenPad™ 2.0. Sebuah Pad berupa layar sentuh sekunder yang interaktif berukuran 5.65 inci dengan jenis layar Super IPS Full HD+ (2160 x 1080). Selain menambah keunikan desain, tambahan ScreenPad™ 2.0. tentu memiliki beberapa manfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah untuk memudahkan akses secara instan dalam meningkatkan produktivitas

Tak hanya itu, ProArt Sutidobook Pro X dibekali engsel 180o yang membuatnya dapat digunakan pada posisi horizontal (terlentang) secara penuh antara layar dan keyboard. Desain ini tentu sangat bermanfaat, terutama untuk berbagi ide dan desain bersama klien ataupun kolega, misalnya.

Laptop ini juga dibekali tombol pintas yang akan segera mengunci sistem untuk keamanan dan privasi. Dibekali pula tombol pintas untuk mematikan mikrofon dan kamera selama panggilan video. Serta disertai kunci “Quick Snip” yang berfungsi untuk meraih layar.

Untuk sistem operasinya, laptop ini menggunakan sistem operasi berbasis Windows 10 Pro for Workstations untuk model yang menggunakan prosesor Intel® Xeon®. Sementara untuk model yang menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-9 (9750 H) direkomendasikan berbasis pada Windows 10 Pro for Business. Serta dibekali baterai 95Wh 6-cell lithium-polymer.

Desktop 

Selain laptop, lini ProArt juga memproduksi perangkat desktop yang didesain secara apik untuk sebuah performa yang super-level. Mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dari kalangan profesional kreatif level “Pro”. Mini PC ProArt PA90 dan ProArt Station PD5 adalah salah dua di antaranya. Berikut kami sajikan informasi tentang salah satunya saja, yakni Mini PC ProArt PA90.

Mini PC ProArt PA90

Sesuai namanya, perangkat PC ini punya desain fisik yang ringkas, namun elegan dan estetis. Prejengannya sangat “lain” dari kebanyakan PC yang cenderung berbentuk balok-kaku. Mini PC ProArt PA90 cenderung lebih ke bentuk tabung. Pada sisi depan tampak tombol “power” yang posisinya berada di bagian bawah, diikuti emblem ASUS dengan font-nya yang khas, persis di bawah tombol power. Lalu terdapat dua port USB dan dua jack audio (mikrofon dan headset) yang letaknya berada di bagian paling bawah.

Baca Juga  Cara Memperbarui Windows 10, Cepat dan Simpel

PC ini ditenagai prosesor Intel® Core™ Generasi ke-9 untuk CPUnya, dan grafis NVIDIA® Quadro® untuk sisi GPU, serta 64GB RAM DDR4 yang didukung Intel® Optane™, dengan kapasitas penyimpanan yang tiga kali lipat: dua M.2 PCIe SSD dan satu HDD berukuran 2.5 inci.

Dengan dukungan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-9, Mini PC ini mampu memberikan kinerja hingga 30% lebih baik daripada prosesor generasi sebelumnya. Sehingga untuk kinerja multitasking pun dapat dipastikan akselerasinya akan lancar dan responsif. Termasuk pekerjaan-pekerjaan aplikasi dengan tuntutan yang sangat berat dan kompleks.

Selain itu, support grafis yang menggunakan seri NVIDIA® Quadro® P4000 mampu memberikan akselerasi sekaligus performa grafis yang optimal untuk beberapa layar berresolusi ultra-tinggi. Sangat cocok untuk desainer profesional yang butuh presisi dan detail. Termasuk untuk pekerjaan-pekerjanan yang berbasis bantuan komputer (CAD) seperti arsitektur. Tak hanya itu, kartu grafis NVIDIA® Quadro® P4000 yang siap VR mampu mendukung para desainer profesional untuk bekerja dengan model alami dalam ruang 3D, yang sanggup menciptakan lingkungan virtual imersif.

Aspek penyimpanan yang didesain tiga kali lipat melalui dua M.2 PCIe SSD dan satu HDD berukuran 2.5 inci, membuat Mini PC ini sanggup menyediakan transfer data yang ultra cepat serta kapasitas penyimpanan yang besar. Dukungan RAMnya yang sampai 64GB menyediakan kemampuan akses yang lebih cepat, baik untuk cache file maupun program besar. Belum lagi dukungan Intel® Optane™ yang mampu mengoptimalkan kinerja memori dan penyimpanan, serta respons sistem yang lebih cepat dan lebih efisien.

Mini PC ini pun dilengkapi sistem pendingin canggih berupa pendingin CPU cair all-in-one, sehingga dapat memberikan kinerja penuh pada CPU di samping membantu menghindari perlambatan, crash aplikasi, dan “close” secara tiba-tiba. Sistem pendinginnya didesain secara inovatif melalui pemanfaatan auto setting, yang berada di bagian penutup atas PC, sehingga mampu memaksimalkan aliran udara pada CPU. Bahkan hanya menghasilkan 25,5dB saat idle dan 32dB pada beban penuh. Artinya, penggunanya dapat berkonsentrasi pada pekerjaan tanpa kebisingan.

Untuk harga, Mini PC ProArt PA90 ini dibandrol dengan kisaran harga 63-65 juta. Sebuah harga yang pantas bila melihat desain konstruksi dan spek yang disematkan. 

Monitor 

Lini ASUS ProArt juga memproduksi monitor berkualitas tinggi. Dirancang dengan teknnologi mutakhir untuk menghasilkan performa layar yang super istimewa. Akurasi warna yang optimal, rentang warna yang luas dan dilengkapi konektivitas yang serbaguna. Cocok untuk para profesional kreatif seperti arsitek, desainer, programmer, editor dan animator video kelas Pro. 

Beberapa produk monitor dari lini ini, di antaranya adalah ProArt Display PA329CV, yang menggunakan jenis panel LED ukuran 32 inci 4K UHD (3840 x 2160) dengan sudut pandang luas IPS 178o. Akurasi warnanya Delta-E < 2 yang sudah dikalibrasi dari pabrik dengan verifikasi Calman. Monitor ini punya standar wana internasional 100% dan keseluruhan warna luas 100% Rec. 709. Desain yang ergonomis lengkap dengan paketan C-clamp, sehingga dapat memperluas ruang kerja dengan penyesuaian miring, berputar horizontal ataupun vertikal, serta tinggi-rendahnya dapat disesuaikan. Dilengkapi ProArt Pretes dan ProArt Palette yang mampu memberikan pelbagai parameter warna kondisional.

Ada juga seri ProArt Display PA248QV yang menggunakan jenis panel WUXGA (1920 x 1200) berukuran 24.1 inci, dengan refresh rate mencapai 75Hz yang sudah didukung teknologi Adaptive-Sync (48~75Hz). Dilengkapi konektivitas yang ekstensif melalui DisplayPort, HDMI, D-sub, audio in, earphone jack dan empat port USB 3.0 untuk konektivitas yang lebih fleksibel. Desain ergonomis untuk posisi miring, berputar dan lainnya.

Motherboard

ASUS ProArt pun menghadirkan produk motherboard level Pro untuk kalangan kreator level Pro. Produk-produk motherbord ProArt ini dirancang melalui teknologi terbaru untuk menghasilkan performa super dengan desain pendingainan yang efisien, serta konektivitas super cepat. Beberapa di antara motherboard ProArt yang ada, salah satunya adalah ProArt Z690-CREATOR WIFI. Perangkat ini dirancang untuk prosesor 12th Gen Intel® CoreTM, yang didukung DDR5. Perangkat ini pun siap untuk PCIe 5.0 dengan 4 x Slot Pcie 4.0 M.2. Dilengkapi ThunderboltTM 4, juga ethernet 10Gb dan 2.5 Gb internal, serta WiFi 6E. 

Seri lainnya adalah ProArt X570-CREATOR WIFI yang dirancang dengan kekuatan core yang cukup banyak. Cocok untuk modelling maupun animasi yang super halus. Perangkat ini siap untuk prosesor desktop AMD RyzenTM seri 5000 atau seri 5000 G, atau seri 4000 G, atau seri 3000 maupun 3000 G, bahkan seri 2000 dan 2000 G. Dilengkapi thunderboltTM 4, ethernet 10Gb dab 2.5 Gb internal, WiFi 6E dan port USB.

Perlu Anda ketahui bahwa seluruh produk ASUS ProArt, baik jenis laptop, desktop, monitor maupun motherboard, telah memiliki sertifikasi ISV (Independent Software Vendor). Ini untuk memastikan bahwa seluruh perangkat tersebut berfungsi seperti yang diharapkan. Demikian infromasi yang dapat disampaikan. 

Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami