Cara Memilih PC All in One Sesuai Kebutuhan

Memiliki PC all in one yang bisa mendukung seluruh aktivitas sehari-hari sudah menjadi hal penting bagi banyak pengguna. PC all in one semakin diminati karena sisi kepraktisannya. All in one PC (AIO) merupakan perangkat komputer yang menggabungkan monitor dan CPU menjadi satu bagian.

CPU tidak lagi terpisah dengan monitor, namun CPU ini sudah tersemat di dalam casing monitornya. Hal ini tentu menjadi lebih praktis, simple dan tidak memakan tempat. Terlebih perangkat PC all in one memiliki bobot yang relative ringan sehingga mudah dipindahkan.

Jenis monitor yang digunakan biasanya adalah jenis flat monitor yang sudah menggunakan teknologi modern. Bahkan sudah banyak tersedia produk monitor touchscreen atau layar sentuh.

Dari segi desain, pc all in one ini merupakan terobosan yang mampu menjawab keresahan penggunanya. Jika pada perangkat komputer biasa antara monitor dan CPUnya terpisah dan memakan banyak tempat, sedangkan pada perangkat AIO, keterbatasan space tidak akan menjadi persoalan. Keunggulan dari sisi inilah yang akhirnya menarik banyak penggunanya. 

Di pasaran sudah banyak variasi spesifikasi yang tersedia. Harganya pun beraneka ragam, tergantung spesifikasi, merk, tahun rilis, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan budget yang sesuai dengan spesifikasi PC AIO dengan kebutuhan penggunaan Anda. Semakin tinggi spesifikasinya, maka berbanding lurus dengan harganya.

Cara Memilih PC All in One

Sebelum memutuskan untuk membeli PC All in One, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tanyakan ke diri Anda, untuk apa saja PC ini digunakan?

Perangkat Harian

Jika PC all in one ini digunakan sebagai perangkat harian, maka pilihlah yang sesuai dengan budget yang tersedia. Semakin tinggi dan canggih spesifikasinya, harganya akan semakin mahal. Jika kebutuhan harian untuk membuka software yang ringan, seperti mengetik, membuat surat, artikel dan lain sebagainya, maka pilihlah yang harganya paling terjangkau. Meskipun harganya lebih murah, soal performa tidak perlu khawatir. Sebab, sudah dilengkapi berbagai teknologi dan fitur yang modern.

Penggunaan aplikasi Microsoft Office, seperti Word atau Excel, aktivitas browsing atau berselancar di dunia maya, menonton streaming film dengan spesifikasi yang ditawarkan PC AIO paling murah pun sudah cukup. Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih jika kebutuhan hariannya untuk hal-hal tersebut. 

Profesional dan Meningkatkan Produktivitas

Apabila akan menggunakan PC AIO sebagai pendukung kebutuhan profesional, maka pilihlah PC dengan spesifikasi tinggi sesuai kebutuhan. Semakin berat aplikasi penunjang pekerjaan anda, maka anda juga harus mencari spesifikasi PC yang lebih tinggi, agar memudahkan Anda membuka aplikasi dengan loading data besar.

PC jenis ini biasanya digunakan bagi orang yang bekerja sebagai video editor atau ilustrator. Dukungan PC AIO berspesifikasi tinggi, tentu akan meningkatkan produktivitas penggunanya. 

Perhatikan Komponen Utama PC All In One

Perhatikan beberapa komponennya seperti prosesor, RAM, kartu grafis, hingga penyimpanan internalnya. Lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut: 

Prosesor

Prosesor merupakan komponen paling penting dalam sebuah PC, seperti halnya otak dalam tubuh. Kemampuan sebuah PC akan sangat bergantung pada prosesor, berbagai aktivitas dalam memproses data ditentukan dari tingkatan prosesornya.

Semakin tinggi level prosesor yang dimilikinya, maka semakin lancar pula kinerja PC dalam menjalankan aplikasi berat. Komponen inilah yang harganya paling mahal. 

Pada jenis prosesor Intel Core i3, biasanya cocok digunakan untuk membuka aplikasi dengan loading data ringan, seperti Microsoft, memutar musik, menonton film, hingga streaming.

Harganya jauh lebih terjangkau. Jika masih kurang nendang, maka pilihlah produk dengan prosesor Intel Core i5 atau di atasnya. 

Prosesor jenis ini memiliki kinerja performa yang lebih baik sehingga mampu menjalankan aplikasi berat seperti aplikasi berbasis grafis, AutoCAD, Adobe, dan lainnya menjadi lebih responsif. Kemudian pada proses rendering juga dapat bekerja lebih cepat.

Random Access Memory (RAM) 

Jika sudah memutuskan jenis prosesor yang digunakan, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah RAM. RAM dengan kapasitas yang besar mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Random Access Memory (RAM) merupakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk berbagai data aplikasi yang berjalan pada perangkat. Semakin besar kapasitas RAM yang ditawarkan, maka semakin banyak juga aplikasi yang dapat dibuka dalam waktu bersamaan. 

PC All in One yang memiliki RAM 4 GB, sudah cukup untuk membuka aplikasi dasar yang terbilang ringan, seperti browsing, mengerjakan tugas, hingga menonton film. Sedangkan pada komputasi data yang berat, maka pilihlah produk dengan kapasitas RAM 6 GB ke atas. PC dengan kapasitas RAM 6 GB atau di atasnya, biasanya digunakan untuk mendukung produktivitas pekerjaan.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki PC AIO dengan kapasitas RAM 4 GB, Anda juga bisa melakukan upgrade RAM. Pengguna dapat menambahkan kapasitas RAM menjadi 8 GB. Siapkan budget untuk biaya tambahan seperti pembelian RAM baru dan pemasangannya. Pertimbangkan besaran kapasitas RAM yang Anda butuhkan dengan budget yang tersedia.

Baca Juga  Cara Melihat RAM yang Terpakai di Laptop Windows 10 Mudah & Cepat

VGA atau Graphic Card

Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA berfungsi untuk memproses seluruh grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor. Komponen inilah yang biasanya dijadikan salah satu pertimbangan bagi orang yang bekerja di dunia grafis, seperti ilustrator atau videographer. Sebab pekerjaannya memang berkutat pada sektor grafis.

Ada beberapa pilihan kartu grafis (VGA) yang tersedia, yaitu NVIDIA, AMD, dan Intel. NVIDIA  terdapat beberapa jenis, yaitu seri GeForce dan Quadro. Pada kartu grafis dari AMD adalah AMD Radeon. Sedangkan kartu grafis Intel adalah Intel Graphic.

Jika tidak terlalu mementingkan kartu grafis, maka pilih kartu grafis standar yaitu Intel.  KArtu Grafis (VGA) jenis ini sudah cukup baik kualitasnya jika ditampilkan pada monitor.

Sedangkan kartu grafis NVIDIA dan AMD biasanya digunakan untuk kebutuhan tampilan layar dengan kualitas tinggi.

Kartu grafis dari NVIDIA dan AMD ini akan sangat cocok bagi Anda yang gemar bermain game modern atau keperluan professional yang memang membutuhkan tampilan grafis terbaik untuk menunjang hal tersebut.

Internal Storage

Jika file-file yang Anda gunakan rata-rata memiliki ukuran file kecil, seperti file Microsoft Office, music dan sebagainya maka pilihlah penyimpanan internal (storage) berukuran 500 GB. Penyimpanan internal dengan kapasitas tersebut harganya jauh lebih murah dan terjangkau.

Namun jika aktivitas Anda sehari-hari untuk menyimpan file berukuran besar dalam jumlah banyak seperti video, maka pilihlah PC dengan penyimpanan 1 TB ke atas. Kapasitas 1 TB hari ini termasuk kapasitas sedang. Jika 1 TB masih dirasa terlalu sempit, maka pilihlah yang memiliki kapasitas di atasnya.

Perhatikan Fiturnya

Masing-masing PC memiliki berbagai fitur yang disematkan. Pilihlah produk PC all in one yang memiliki fitur sesuai kebutuhan Anda. Fitur seperti layar touch screen dapat mengatur layar dengan mudah secara langsung dengan perintah sentuhan pada layarnya. Untuk kebutuhan presentasi harian, fitur ini akan sangat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien.

Para profesional dalam pekerjaan sebagai video editor atau illustrator juga bisa memanfaatkan fitur touch screen ini. Akan lebih mudah dalam mengatur posisi, melakukan zoom-in, zoom-out, dan lainnya. Secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas sebab akan lebih efisien. 

Jika sering menggunakan PC untuk mendengarkan musik, menonton video, atau serial film, maka perhatikan kualitas audio yang ditawarkan. Sensasi menonton yang dihadirkannya akan lebih nyaman di telinga.

PC AIO juga banyak yang sudah dilengkapi dengan Dolby Audio, sebuah teknologi yang biasa ditemukan pada bioskop sehingga suara yang dihasilkan akan lebih hidup dan nyata. 

Pengguna yang sering melakukan meeting online, membutuhkan perangkat untuk menampilkan wajahnya. Maka pilihlah PC AIO yang sudah dilengkapi dengan built-in camera di dalamnya. Sehingga mengeluarkan budget lebih untuk membeli webcam atau kamera tambahan lagi.

Tidak kalah pentingnya, cek juga resolusi gambar yang dihasilkan oleh PC AIO tersebut. Semakin tinggi resolusi yang dihasilkannya, maka akan semakin jernih juga gambar yang dapat ditampilkan.

Resolusi kamera yang dibutuhkan untuk meeting online, pilihlah PC AIO dengan built-in kamera beresolusi 720p ke atas. Sehingga gambar yang dihasilkan oleh built-in kamera PC AIO tidak terlalu burik.

Dalam mengikuti meeting online, Anda juga membutuhkan kualitas mic yang baik agar suara Anda dapat terdengar dengan jelas. Built-in mic yang bagus membuat suara Anda terdengar dengan bagus.

Sudah banyak PC AIO yang memiliki fitur noise reduction pada built-in micnya. Fitur ini mampu meredam suara yang mengganggu seperti suara angin, kipas angin, AC, kendaraan bermotor dan sebagainya dapat tereduksi sehingga suara Anda terdengar lebih jernih.

Perhatikan Kebutuhan PORT

Jumlah dan jenis port yang tersedia pada PC AIO akan memudahkan Anda dalam menyambungkan PC AIO ke berbagai perangkat, seperti smartphone, LCD, proyektor dan lainnya. Port USB wajib dimiliki PC AIO ada tiga, dua port untuk keyboad serta mouse dan sisanya untuk perangkat lainnya. 

Pada PC AIO terbaru, tersedia port USB Type-C, yang dapat menyambungkan perangkat smartphone ke PC. Untuk kebutuhan presentasi, port HDMI amat dibutuhkan, gunanya untuk menyambungkan PC dengan LCD atau monitor yang lebih besar. 

Demikian beberapa hal terkait cara memilih PC All in One sesuai kebutuhan. Hal ini perlu perhatian lebih karena akan sangat membantu dalam segala hal nantinya. Beberapa poin di atas harus dipikirkan secara matang, sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk spesifikasi yang tidak benar-benar Anda butuhkan. 

Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami