Chromebook Adalah? Ini Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Chromebook adalah perangkat yang paling cocok digunakan sebagai media pembelajaran online seperti pembelajaran yang diterapkan saat ini. Jenis komputer baru ini memang sengaja dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. 

Sebab system operasi yang digunakan laptop Chromebook adalah Chrome OS, yang dikenal memiliki pemrosesan data yang lebih ringan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Selain itu, Chrome OS juga didukung dengan penyimpanan cloud milik Google yang memiliki fitur bawaan terbaik dari Google, lengkap dengan fitur keamanan berlapisnya.

Chromebook adalah perangkat jinjing yang sama seperti laptop, baik dalam segi bentuk dan komponen alat kedua perangkat tersebut pun sama. Hal yang membedakan antara laptop biasa dan Chromebook adalah prinsip operasinya saja berbeda.

Jika dipetakan dalam beberapa aspeknya, perbedaan laptop bisa dan Chromebook adalah sebagai berikut:

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Chromebook

Sudah disinggung di bagian awal, bahwa perbedaan yang paling menonjol antara laptop biasa dan Chromebook adalah system operasi yang digunakan. Rata-rata laptop biasa kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows, Linux atau bahkan Mac, maka seperti namanya system operasi yang digunakan Chromebook adalah Chrome OS. Browser ciptaan Google atau yang biasa disebut Google Chrome dijadikan sebagai alat pencarian utama. Sebab perangkat lunak utama yang digunakan dalam pengolahan data di Chromebook adalah Chrome.

Seluruh ekosistem yang dimiliki Google akan support terhadap Chromebook. Aplikasi seperti Google Document menggantikan Ms Word pada Microsoft Office yang biasa digunakan pada Windows, perangkat lunak yang digunakan menyimpan data menggunakan Cloud seperti Google Drive yang biasa Anda temukan pada perangkat Android. Hal ini menjadikan Chromebook memiliki kinerja yang lebih cepat, efisien, dan terpadu.

Fungsi Chromebook

Fungsi utama laptop Chromebook adalah untuk keperluan belajar dan bekerja. Laptop ini kurang cocok jika digunakan untuk aktivitas penyuntingan video, game, dan lainnya. Jika Anda lebih sering mengerjakan suatu aktivitas seperti mengedit video dan bermain game, maka akan lebih baik jika mengandalkan laptop saja. Memang dari awal diciptakannya bukan untuk mendukung hal tersebut.

Semua aplikasi yang ada di Android sudah kompatibel pada Chromebook, sehingga pengguna dapat dengan mudah menginstall dan menjalankan aplikasi seperti yang ditemukan pada Android di perangkat Chromebook Anda. Sama halnya seperti Android, proses penginstallan aplikasi (software) pada Chromebook juga dilakukan melalui Google Play Store. Keunggulan dari Google Play Store yang memiliki keamanan terenkripsi mumpuni membuat perangkat ini menjadi lebih aman dan kebal dari virus.

Harga Chromebook

Pada beberapa tipe Chromebook, harga perangkat ini umumnya lebih murah dibandingkan laptop keluaran terbaru. Hal ini disebabkan karena spesifikasi yang digunakan juga terbilang lebih rendah dari laptop biasa. Laptop Chromebook tidak memiliki banyak pilihan pengolahan data jika dibandingkan pada laptop biasa.  

Misalnya, Asus Chromebook Flip C214MA yang memiliki RAM 4GB LPDDR4 dan penyimpanan eMMC berkapasitas 64 GB dijual seharga Rp4.500.000.

Ketika Anda menggunakan Chromebook, sensasinya seperti halnya membuka Google Chrome Browser pada Android. Oleh karena itu, perangkat ini jauh lebih cocok jika penggunanya memiliki koneksi internet yang baik dan stabil untuk mendukung dalam berbagai penggunaan aplikasi Chromebook. Laptop satu ini bahkan dengan prosesor, RAM dan penyimpanan yang terbatas dapat menjalankan aplikasi terasa lebih ringkas. Sebaliknya, rasanya agak sulit jika dimanfaatkan saat dalam keadaan offline. 

Kelebihan Google Chrome

Silakan cek pada perangkat Anda saat ini, Google Chrome memiliki popularitas tertinggi dibanding peramban lainnya. Hal ini bukan tanpa alasan, web browser yang diciptakan oleh Google ini memiliki beberapa kelebihan dibanding para pesaingnya. Berikut ini kelebihan Google Chrome, antara lain:

Mendapatkan nilai pengguna tertinggi

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kecepatan dan desain antarmuka Google Chrome yang user-friendly menjadikan web browser ini banyak diminati. Selain itu, Google Chrome juga memiliki cukup banyak fitur bawaan yang sangat mendukung dalam mencari, mengelola dan menyimpan informasi.

Baca Juga  Cara Logout Akun Microsoft di Windows 10 (Sign Out) di Laptop / PC

Fitur bawaan menarik

Meski sebenarnya setiap web browser juga pasti memiliki fitur-fitur yang berbeda didalamnya, namun Google Chrome memang lebih sering digunakan karena mempunyai fitur menarik seperti Task Manager, Omnibox, Mode Incognito dan lain-lain.

Terdapat fitur baru yang bisa ditambahkan, atau yang biasa disebut sebagai Ekstensi. Fitur Ekstensi merupakan fitur-fitur yang dapat diinstall pada web browser Google Chrome. Tujuan menambahkan ekstensi, ini beraneka ragam sesuai kebutuhan. Fitur Ekstensi dari Google Chrome merupakan sebuah fitur baru yang dapat membantu penggunanya.

Terhubung langsung dengan Google Search Engine 

Chromebook adalah perangkat yang bergantung pada ekosistem Google, sehingga tidak heran jika menggunakan search engine yang dimiliki Google. Search engine dari Google ini memiliki lebih banyak informasi didalamnya. Search engine dari Google ini merupakan peramban yang paling sering digunakan dibanding yang lainnya seperti Yahoo, Bing dan Yandex.

Lebih hemat RAM dan kecilnya ukuran memori

Google Chrome cenderung mempunyai ukuran memori yang lebih kecil sehingga dapat kompatibel atau dapat digunakan pada perangkat dengan speksifikasi rendah sekalipun. Selain itu, pemrosesan awal Google Chrome juga berjalan lebih cepat dibanding yang lainnya.

Fitur-Fitur Unggulan Pada Google Chrome

Fitur-fitur unggulan pada Google Chrome sangat berpengaruh pada kinerja Chromebook. Hal inilah yang menjadikan Chromebook tidak perlu memiliki spesifikasi yang tinggi. Sebab sudah didukung oleh fitur unggulan dari Google Chrome.

Meskipun setiap web browser memiliki fitur-fitur unik agar mempunyai ciri khas didalamnya. Berikut ini adalah Fitur-fitur pada Google Chrome, antara lain:

  • Menyimpan riwayat situs yang pernah dikunjungi
  • Menyimpan riwayat data yang pernah didownload
  • Dapat mengelola Bookmark untuk menyimpan dengan baik situs yang sering dikunjugi
  • Memiliki mode Incognito atau penelusuran situs tanpa meninggalkan jejak
  • Terdapat fitur Bandwidth Saving yang mampu menghemat lebih banyak data
  • Terdapat Task Manager untuk mengelola program, seperti memeriksa memori dan menghentikan pemasangan installasi di dalamnya.
  • Terdapat fitur Omnibox, sebuh fitur yang dapat digunakan untuk pencarian memori
  • Fitur Translate atau terjemahan pada Google Chrome sudah mendukung lebih dari 50 bahasa
  • Multi Profil, sebuah fitur memungkinkan penggunanya menjalankan beberapa akun Google sekaligus berdasarkan kebutuhannya
  • Pengguna dapat menyematkan (pin) tab untuk menandai beberapa tab yang ingin diutamakan, setelah dipin maka akan bergeser ke paling kiri
  • Berfungsi penuh untuk jaringan, baik itu internet dan intranet

Beberapa Ekstensi penting pada Google Chrome

Fitur baru dapat ditambahkan dengan mudah, yaitu dengan menambahkan ekstensi pada Google Chrome. Ekstensi yang diinstall bisa disesuaikan sesuai kebutuhan penggunanya. Sehingga dapat menambah kenyamanan dan produktivitas. Berikut ini beberapa ekstensi penting pada Google Chrome:

  • LastPass: Ekstensi LastPass digunakan untuk menyimpan semua Password pengguna. Hal ini sangat membantu ketika ingin ingin login (masuk) ke situs yang diinginkan. Melalui ekstensi ini username dan password akan dimasukkan secara otomatis mengisi formulir.
  • Similarweb: Ekstensi Similarweb biasanya digunakan untuk mengetahui seberapa populer dari website kompetitor. Ekstensi ini juga akan menampilkan data statistic pengetahuan dan estimasinya dalam bentuk traffic.
  • Momentum: Ekstensi Momentum, digunakan untuk merancang dashboard pribadi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan fokus, inspirasi dan produktivitas.

Dengan berbagai kelebihan di dalamnya tidak heran jika Chromebook adalah perangkat terbaik yang dapat digunakan oleh pelajar dan mahasiswa dalam mendukung pembelajaran online. Rendahnya spesifikasi pada perangkat ini dapat tercover dengan baik oleh system operasi yang digunakan Chromebook adalah Chrome OS. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan laptop terbaru saat ini.

Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara...

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Tahun 2023

Laptop untuk desain grafis semakin populer digunakan oleh para...

Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting Di Laptop

Jika kamu berencana mengadakan meeting atau belajar memakai Zoom,...

Cara Ganti Foto Profil Zoom Di Laptop

Kalau kamu sering menggunakan Zoom apalagi jika untuk kegiatan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here