6 Cara Mudah untuk Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop!

Kehilangan data atau file di laptop adalah suatu hal yang mengerikan, apalagi jika file yang hilang atau terhapus bersifat penting. Tugas sekolah, file pekerjaan, file skripsi, bahkan foto-foto kenangan. Tentunya kalian yang mengalami hal ini akan panik dan mencari cara mengembalikan data yang terhapus di laptop. 

Cara mudah untuk mengembalikan data yang terhapus di laptop

Membersihkan data di laptop akan membuat performa atau kinerja laptop menjadi semakin kencang. Namun, terkadang kita lalai dan ceroboh dalam membersihkan beberapa data yang kiranya dapat menjadikan kinerja laptop lambat.

Data penting atau momen kenangan kita yang tersimpan di laptop terkadang tak sengaja ikut terhapus. Namun, tak perlu panik karena ada beberapa cara mengembalikan data yang terhapus di laptop yang bisa kalian ikuti demi menyelamatkan data penting kalian. 

Mengembalikan data yang hilang dengan Cmd

Cmd atau Command Prompt adalah antarmuka baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi dan yang disediakan oleh Microsoft pada: OS/2 Windows CE, dan keluarga sistem Windows NT.

Dengan menggunakan Cmd, kalian bisa mengembalikan data yang hilang di laptop kalian. Berikut kalian dapat mengikuti bagaimana cara mengembalikan data yang hilang di laptop kalian pada penjelasan di bawah ini :

  • Pertama, kalian bisa masuk ke bagian kolom search lalu ketikkan ‘cmd’ (tanpa tanda petik).
  • Yang kedua, klik kanan pada cmd dan pilih opsi run as administrator.
  • Langkah ketiga adalah, ketikkan ‘chkdsk (nama drive pada folder yang ingin dikembalikan) : /f’ (tanpa tanda petik). Contoh penulisan : chkdsk D: /f (D dituliskan karena misalnya file yang hilang berada di drive D).
  • Langkah selanjutnya, silahkan ketik ‘ATTRIB -H -R -S /S /DX:*.*’ (dituliskan tanpa tanda petik). Dalam penulisannya, huruf X diganti sesuai dengan drive yang menjadi tempat penyimpanan data kalian. 

Mengembalikan data yang hilang menggunakan Riwayat File

Cara mengembalikan data yang hilang di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan riawayat file. Cara ini dapat dilakukan ketika kalian menggunakan sistem operasi Windows 10.

Fitur ini memungkinkan kalian untuk melihat file atau datanya terlebih dulu, kemudian mengembalikan bila berkenan. Ketika menggunakan langkah ini, kalian harus melakukan back up file terlebih dahulu.

Cara mengembalikan data yang hilang di laptop dengan metode ini dapat kalian lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Masuk menu settings, kemudian klik pada pilihan update & security lalu klik backup untuk kemudian pilih add a drive. 
  • Pada langkah selanjutnya, akan muncul daftar dari partisi hard drive eksternal yang digunakan dalam menyimpan backup data atau file kalian.
  • Kemudian, klik partisi atau drive yang bisa dipilih. Ketika tidak ada drive yang dapat dipilih, maka kalian dapat menggunakan hard disk eksternal.
  • Pastikan terlebih dulu bahwa kalian pernah melakukan backup file, sehingga data yang terhapus dapat dikembalikan. 

Pulihkan Versi Sebelumnya

Dalam upaya atau cara mengembalikan data yang hilang di laptop selanjutnya adalah menggunakan Pulihkan Versi sebelumnya. Langkah ini merupakan alternatif ketika data kalian telah benar-benar terhapus di recycle bin pada laptop.

Berikut ini merupakan cara mengembalikan data yang hilang di laptop :

  • Langkah awal, kalian dapat masuk ke menu start pada laptop atau komputer yang kalian pakai. 
  • Kemudian, klik kanan pada folder bagian yang menyimpan data yang terhapus tersebut.
  • Selanjutnya, kalian bisa memilih versi berisi data atau file-file yang ingin dikembalikan lalu klik OK.
  • Lalu kalian dapat masuk ke dalam folder untuk menemukan data atau file yang dikembalikan tersebut.
Baca Juga  Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Menggunakan Recuva

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga bisa menggunakan recuva sebagai cara mengembalikan data yang hilang di laptop kalian. Recuva merupakan software file recovery.

Software ini cocok digunakan untuk kalian jika ingin recover file namun tidak ingin repot. Yang pertama harus kalian lakukan tentunya dengan mendownload software recuva terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, kalian bisa mengikuti petunjuk pada software recuva tersebut. Misalnya seperti memilih lokasi penyimpanan file yang terhapus untuk mengembalikannya. 

Memanfaatkan Recycle Bin

Menggunakan recycle bin adalah salah satu cara mengembalikan data yang hilang di laptop ketika data tersebut tidak sengaja terhapus. Fitur ini dapat kalian gunakan dalam pertolongan pertama menyelamatkan data penting kalian.

Dalam recycle bin, file yang terhapus tidak akan langsung hilang, namun akan tersimpan terlebih dahulu di dalamnya.

Hanya saja, dalam recycle bin ini terdapat batas waktu yang ditetapkan pada file yang tersimpan selama 30 hari hingga kemudian data atau file benar-benar terhapus dari laptop kalian. 

Caranya pun cukup mudah ketika kalian merecovery file menggunakan recycle bin ini. Cara mengembalikan data yang hilang di laptop dengan menggunakan recycle bin ini adalah dengan masuk ke menu recycle bin.

Ketika kalian sudah masuk ke dalamnya, kalian bisa mencari data-data yang ingin direcover atau dikembalikan dengan memilih opsi restore. Setelah melakukan hal tersebut, data yang hilang akan kembali ke folder asalnya. 

Menggunakan Aplikasi Bor Disk 

Selain recuva, kalian dapat menggunakan alternatif tools lainnya untuk menyelamatkan data yang hilang dari laptop kalian. Kalian dapat menggunakan Bor Disk atau Disk Drill.

Dalam penggunaanya, disk drill ini dapat digunakan pada sistem operasi windows atau macOS. Berikut adalah cara mengembalikan data yang hilang di laptop menggunakan Disk Drill :

  • Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mendownload disk drill terlebih dulu. Kalian dapat mendownload disk drill dari layanan Setapp.
  • Setelah mendownload, kalian bisa membuka aplikasi tersebut. Di dalamnya, kalian akan melihat hardisk atau penyimpanan yang terpasang di laptop kalian.
  • Selanjutnya, klik pulihkan untuk memulai atau membuka hardisk SSD. Ketika proses recover atau pengembalian telah selesai, maka tombol  recover akan berubah menjadi continue. 
  • Klik continue untuk mulai proses pencarian file data yang hilang. 
  • Akan muncul semua data yang hilang, kalian dapat memilih beberapa data yang kalian kehendaki untuk di recover ataupun semua folder. Namun, dalam proses pemilihan tersebut tidak ada jaminan jika file yang telah hilang tersebut dapat dikembalikan semuanya. 
  • Setelah memilih, kalian bisa klik tombol pulihkan. 
  • Proses pemulihan selesai, jika berhasil terbuka maka file tersebut dapat dikembalikan dengan selamat.   

Itulah beberapa cara mengembalikan data yang hilang di laptop yang dapat kalian ikuti dengan mudah. 

Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami