Apa Itu TPM Di Windows 11

Windows 11 sudah makin populer dan banyak digunakan. Bagi kamu yang ingin install Windows 11, kamu harus tahu apa itu TPM di Windows 11.

Mengapa kamu harus tahu apa itu TPM di Windows 11? Sebab tanpa adanya fitur TPM ini, maka kamu tidak bisa menginstall Windows 11 di perangkatmu. Maka dari itu di artikel kali ini, kita akan membahas apa itu TPM, fungsinya, cara cek TPM, dan cara mengaktifkan TPM di perangkatmu.

Trusted Platform Module 2.0 (TPM) adalah chip keamanan hardware yang sangat penting untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda. Dalam Windows 11, TPM 2.0 diperlukan untuk menjalankan fitur-fitur keamanan tertentu seperti Windows Hello, BitLocker, dan Secure Boot.apa itu tpm di windows 11

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu TPM di Windows 11, apa kegunaan dan pentingnya TPM di Windows 11, cara cek TPM di Windows 11, serta cara mengaktifkan TPM di Windows 11.

Apa itu TPM di Windows 11?

TPM 2.0 adalah sebuah chip keamanan hardware yang berfungsi untuk memberikan keamanan tambahan pada sistem komputer atau perangkat lunak dengan menyediakan kunci enkripsi yang terpisah dari kunci enkripsi software. TPM 2.0 memastikan integritas sistem, autentikasi pengguna, dan melindungi data dari serangan yang tidak diinginkan.

Pada Windows 11, TPM 2.0 sangat penting karena beberapa fitur keamanan hanya dapat diaktifkan jika TPM 2.0 tersedia.

Apa kegunaan dan pentingnya TPM di Windows 11?

Setelah tahu apa itu TPM di Windows 11, lanjut ke fungsi dari TPM. TPM 2.0 sendiri sangat penting untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda.

Dengan menggunakan TPM 2.0, pengguna dapat memperkuat keamanan sistem komputer mereka dengan menjamin integritas sistem, autentikasi pengguna, dan melindungi data dari serangan yang tidak diinginkan. Beberapa fitur keamanan Windows 11, seperti Windows Hello, BitLocker, dan Secure Boot, hanya dapat diaktifkan jika TPM 2.0 tersedia.

Dengan menggunakan fitur-fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa data mereka tetap aman dari serangan yang tidak diinginkan. Sudah jelas sekarang apa itu TPM di Windows 11 dan pentingnya TPM ini.

Cara cek TPM di Windows 11

Setelah tahu apa TPM di Windows 11, kita lanjut ke cara cek TPM. Untuk memastikan bahwa sistem Anda memenuhi persyaratan TPM 2.0 untuk menjalankan Windows 11, Anda dapat memeriksa pengaturan TPM di sistem BIOS atau UEFI Anda.

Baca Juga  5 Tips Cara Merawat Baterai Laptop ASUS Agar Awet

Berikut adalah cara untuk memeriksa pengaturan TPM di Windows 11:

  1. Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard Anda untuk membuka dialog “Run”.
  2. Ketik “tpm.msc” di kotak dialog dan tekan Enter.
  3. Jika TPM sudah aktif, maka Anda akan melihat pesan “The TPM is ready for use” di layar.

Cara mengaktifkan TPM di Windows 11

Jika TPM belum aktif di sistem komputer Anda, Anda dapat mengaktifkannya melalui pengaturan BIOS atau UEFI. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan TPM di Windows 11:

  1. Restart komputer Anda dan masuk ke pengaturan BIOS atau UEFI.
  2. Cari pengaturan untuk TPM dan pastikan bahwa opsi TPM sudah diaktifkan.
  3. Simpan perubahan dan keluar dari pengaturan BIOS atau UEFI.
  4. Setelah sistem komputer Anda restart, Anda dapat memeriksa pengaturan TPM menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang apa itu TPM di Windows 11, fungsinya serta cara cek dan mengaktifkannya di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa TPM 2.0 sangat penting untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda.

Dalam Windows 11, TPM 2.0 diperlukan untuk menjalankan fitur-fitur keamanan tertentu seperti Windows Hello, BitLocker, dan Secure Boot. Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang apa itu TPM di Windows 11, apa kegunaan dan pentingnya TPM di Windows 11, cara cek TPM di Windows 11, serta cara mengaktifkan TPM di Windows 11.

Untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda, pastikan bahwa TPM 2.0 sudah aktif dan tersedia di sistem komputer Anda. Jika TPM 2.0 belum aktif di sistem komputer Anda, Anda dapat mengaktifkannya melalui pengaturan BIOS atau UEFI.

Setelah TPM 2.0 sudah aktif, Anda dapat memastikan bahwa fitur-fitur keamanan Windows 11, seperti Windows Hello, BitLocker, dan Secure Boot, sudah dapat diaktifkan.

Dengan memastikan bahwa sistem komputer Anda sudah dilengkapi dengan TPM 2.0 dan fitur-fitur keamanan yang tersedia di Windows 11 sudah diaktifkan, Anda dapat memastikan bahwa data Anda tetap aman dari serangan yang tidak diinginkan.

Itulah penjelasan tentang apa itu TPM di Windows 11, fungsinya, dan cara cek serta mengaktifkannya. Jika menurutmu tulisan tentang apa itu TPM di Windows 11 ini berguna, share ke teman-temanmu.

Untuk pembahasan dan tutorial lainnya silahkan cek kategori-kategori yang ada di web ASUS Businesss ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here