Cara Cek Net Framework di Windows 10 dengan Control Panel dan RegEdit

Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi windows pastinya tidak asing lagi dengan perangkat lunak NET Framework. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Cara Cek Net Framework di Windows 10, alangkah baiknya kita membahas apa itu Net Framework.

Namun sebelumnya, demi keamanan maksimal perangkat Anda, cara blok aplikasi dengan firewall windows 10 menjadi penting, apalagi jika mulai berurusan dengan Net Framework.

Berikut sekilas tentang Net Framework agar lebih dapat memahami kelanjutannya.

Net Framework

Perangkat lunak yang satu ini merupakan perangkat lunak kerangka kerja untuk memfasilitasi segala kebutuhan aplikasi yang sedang berjalan di Windows.

Net Framework adalah Software yang menyediakan dua komponen utama: Common Language Runtime (CLR), untuk menangani aplikasi yang sedang berjalan, dan Framework Class Library (FCL), pustaka kode terkelola untuk melakukan pemrograman pada aplikasi.

software ini memiliki cukup banyak versi. Jika dilihat dari sejarahnya, pengembangan software ini sendiri pertama kali dimulai pada akhir tahun 1990 dengan nama awal Next Generation Windows Services (NGWS).

Kemudian pada akhir tahun 2000, versi beta dari NET Framework 1.0 mulai dirilis. Dua tahun kemudian, Software versi ini mulai beroperasi dengan membawa kode terkelola ke Windows NT 4.0, 98, 2000, ME dan XP.

Sejak pertama kali rilis hingga saat ini, Microsoft sudah meluncurkan hingga 16 versi dari software ini. Versi yang paling baru dari software ini adalah versi 4.8. Pada setiap versi, terdapat Common Language Runtime (CLR), class library dasar, serta library terkelola lainnya.

Setiap versi terbaru dari perangkat lunak ini, selain menambahkan fitur baru, juga mempertahankan fitur dari versi sebelumnya. Software ini mempunyai banyak sekali manfaat atau fungsi bagi laptop kalian.

NET Framework dirancang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang sedang berjalan di perangkatmu. Berikut merupakan fungsi dari Software ini:

  • Menyediakan lingkungan pemrograman yang konsisten dan berorientasi pada objek. Dimana objek tersebut dapat berupa kode objek yang disimpan dan dieksekusi secara lokal, atau dieksekusi secara lokal namun didistribusikan melalui web, maupun dieksekusi dari jarak jauh.
  • Menyediakan lingkungan eksekusi kode yang dapat:
    • Meminimalkan penyebaran perangkat lunak dan masalah perbedaan versi
    • Mempromosikan eksekusi kode yang aman, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak sepenuhnya terpercaya
    • Menghilangkan masalah kinerja lingkungan yang tertulis atau ditafsirkan
  • Membuat pengalaman developer konsisten di berbagai jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis Windows dan aplikasi berbasis Web.
  • Membangun semua komunikasi berdasarkan standar industri untuk memastikan bahwa kode dari perangkat lunak ini terintegrasi dengan kode lainnya.

Terus bagaimana Cara melihat Net Framework pada windows 10?. Cara melihat Net Framework di windows 10 bisa menggunakan control panel dan juga bisa menggunakan RegEdit.

Baca Juga  Cara menyambungkan WiFi ke laptop ASUS Paling Ampuh!

Cara Cek Net Framework Menggunakan Control Panel 

Setiap laptop tentunya mempunyai perangkat lunak yang namanya control panel. Control panel bisa digunakan untuk mengecek apakah laptop kalian sudah dimuat aplikasi Net Framework atau belum. 

Untuk mengecek perangkat lunak ini menggunakan control panel sangat mudah untuk dilakukan. Kalian bisa menemukan control panel hanya dengan mencarinya di fitur start. Berikut cara melihat Net Framework ini dari control panel :

  • Klik pada Start Menu.
  • Search Control Panel untuk membuka settingan nya.
  • Setelah masuk Control Panel, cari & Buka Programs and Features.
  • Klik Turn Windows features on or off.
  • Pada jendela tersebut, akan ditampilkan beberapa fitur windows yang sudah dan belum terinstall, jika sudah terinstall, maka akan ditandai dengan checklist pada box.
  • Klik OK.

Anda juga dapat membaca bagaimana cara memperbaiki koneksi internet di laptop asus Anda.

Cara Cek Net Framework Menggunakan RegEdit

Dengan cara cek Net Framework menggunakan RegEdit kamu bisa mengetahui versi dari software ini yang terinstall di laptop kamu. 

Berikut cara melihat Net Framework menggunakan RegEdit:

  • Di bagian Start Menu ➡ klik Run.
  • Ketik regedit.exe. dan tunggu Registry Editor muncul.
  • Di registry Editor, buka lokasi:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\NDP\v4\Full.
  • Jika kamu tidak menemukan folder ini, artinya NetFX yang digunakan di bawah 4.5. Apabila kamu menemukan folder tersebut berarti Net Framework yang kamu gunakan adalah versi 4.5 dan lanjutannya.

Sedangkan jika dalam komputer atau laptop kamu belum tersedia, kamu bisa menginstall perangkat lunak ini. 

Berikut cara install NET Framework 3.5 Windows 10 secara offline bisa dilakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi tautan berikut untuk mengunduh Software ini: 
https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=25150 
  1. Setelah proses pengunduhan selesai, buka file yang telah diunduh tersebut.
  2. Ikuti petunjuk instalasi dan komputer Windows 10 kamu segera akan terinstal software ini dengan versi 3.5.

Ketika kamu mau mengunduh software ini, kamu harus mengunduh atau mendownloadnya secara penuh. Akan tetapi jika di laptop temanmu mempunyai software ini kamu bisa mengcopy nya ke flashdisk.

Setelah itu bisa langsung kamu pindahkan ke laptop kamu. Cara ini sangat bermanfaat jika komputer yang ingin kamu install software yang satu ini  tidak memiliki koneksi ke Internet.

Penutup

Begitulah cara cek Net Framework, apakah komputer kalian sudah terpasang atau belum Net Framework. Karena software yang satu ini sangat penting bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Windows. 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here