Cara Defrag Windows 10 agar HDD Kerja Optimal

Hampir semua orang telah menggunakan laptop dan PC. Terutama kaum milenial yang harus melek akan teknologi. Tapi pernah gak kalian mendengar tentang cara defrag Windows 10 untuk memaksimalkan kinerja HDD?

Cara ini salah satu yang dapat menghilangkan penyakit “lemot” di laptop atau PC kalian, meskipun banyak juga cara mengatasi laptop yang lemot.

Jika kalian menggunakan laptop ataupun PC dengan sistem operasi Windows 10, apakah kalian tahu cara defrag Windows 10? Nah,  supaya tidak menyandang gelar “Gaptek” mari simak penjelasan berikut.

Sekilas tentang Defrag

Sekilas tentang Defrag

Proses defrag merupakan kegiatan merapikan ataupun menyusun ulang data-data yang tersimpan pada sebuah penyimpanan HDD. Data-data tersebut yang tadinya berantakan dan terkesan tidak tertata menjadi lebih rapi seperti sediakala. 

Dapat kita analogikan seperti kasus dalam toko buku. Misalkan kita ingin membeli buku di bookstore, tapi kita menemukan tata letak buku tersebut tidak sesuai dengan kategorinya. Novel bercampur dengan buku sekolahan, ataupun buku sekolah yang bercampur dengan roman.  

Dengan kondisi seperti itu tentunya kita akan kesulitan dalam mencari buku yang akan kita cari. Supaya kita bisa dengan mudah mencari buku sesuai kategori yang kita inginkan maka perlu dirapikan.

Konsep merapikan buku berdasarkan genre tersebut hampir sama dengan proses defrag. Nah, untuk melakukan defrag terhadap hardisk tentunya harus ada alat tersendiri. Kabar baiknya, Windows 10 telah menyediakan layanan bawaan yang secara khusus dapat memenuhi kebutuhan defrag untuk HDD-mu.

Penasaran bagaimana cara defrag Windows 10? Yuk simak uraian berikut ini.

Cara Defrag Windows 10 melalui GUI

Cara Defrag Windows 10 agar HDD Kerja Optimal

Salah satu cara untuk mengakses fitur layanan defragmenter HDD adalah lewat kolom pencarian. Secara default Windows 10 telah menyediakan kolom ini di sudut kiri bawah, tepat bersebelahan dengan ikon Windows. 

Setelah mengarahkan kursor ke kolom tersebut lalu mengkliknya, sebuah kotak berisi software yang belakangan Anda pakai akan muncul. Anda bisa langsung mengetikkan “Defragment” atau “Defrag” saja di kolom pencarian. Hal yang pertama Anda lakukan untuk defrag Windows 10 melalui menu adalah 

  • Buka kolom pencarian Windows 10, lalu ketik “defrag”Buka kolom pencarian Windows 10, lalu ketik “defrag”
  • Pilih “Defragment and Optimise Drives”

Anda bisa langsung mengklik “Defragment and Optimise Drives” tersebut untuk membukanya. Sebuah daftar akan menampilkan informasi seputar harddisk-mu, seperti tipenya (Hard disk atau Solid-state drive), serta catatan sistem terakhir mendefrag drive-mu, dan statusnya.

Namun defrag Windows 10 hanya akan memunculkan drive dalam format NTFS, sementara drive berformat exFAT takkan muncul dalam daftar itu. Dengan kata lain, Anda hanya bisa mendefrag drive yang ada dalam daftar dengan format yang sesuai.

Saat ini Anda hanya perlu fokus pada status terbaru masing-masing drive dalam kolom “Current status”. Bila sudah tertera “OK (0% fragmented)” berarti Anda tak perlu melakukan defragment untuk mengoptimalkan drive yang bersangkutan.

Baca Juga  Cara Menghubungkan Laptop ke Speaker Bluetooth Windows 10

Tetapi bila bertuliskan selain itu atau bahkan “Needs optimization”, artinya Anda harus mendefrag drive tersebut.

  • Pilih Bagian Hardisk yang Ingin Di-defrag
  • Klik Tombol “Optimise”Bagian Hardisk yang Ingin Di-defrag

Setelah memilih drive, klik tombol “Optimise” untuk memulai prosesnya. Saat proses sedang berjalan, Anda akan melihat indikator persentasenya di kolom “Current status”. 

Setelah prosesnya selesai, keterangan waktu di kolom “Last run” akan berubah, dengan status “OK (0% fragmented)” di kolom “Current status”. 

Secara default, sistem defrag Windows 10 akan bekerja secara rutin setiap satu minggu sekali. Bila defrag reguler ini tidak berjalan dengan baik, Anda bisa men-defrag-nya sendiri secara manual sesuai tutorial tadi.

Namun jika Anda tak ingin repot, Anda bisa mengaktifkan atau mengubah pengaturannya melalui Optimise Drives. Hal tersebut adalah cara defrag otomatis di Windows 10. Hampir sama cara diatas, namun Anda perlu mengklik tombol “Change settings” untuk membuka pengaturan tersebut.

Kemudian berikan centang pada kotak “Run on a schedule (recommended)”. Silakan pilih frekuensi atau rentang waktu defrag otomatisnya, mulai dari “Daily” (harian) hingga “Monthly” (bulanan). Terakhir klik “OK”, lalu tutup jendela atau kotak Optimise Drives dengan mengklik tombol “Close” di sudut kanan bawah

Cara Defrag Windows 10 Lewat CMD

 

cmd

Selain Cara Defrag Windows 10 melalui Menu, Anda juga dapat defrag Windows 10 melalui CMD. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, buka command prompt atau cmd pada laptop dengan cara buka Run lalu ketik cmd atau kamu juga bisa menemukannya melalui kolom search.
  2. Kemudian setelah window cmd terbuka, langsung saja lakukan defragment pada disk yang akan kamu perbaiki performanya.
  3. Syntax untuk melakukan defrag melalui cmd adalah ketik “defrag” diikuti dengan lokasi disk yang akan dituju.
  4. Jika kamu ingin mendefrag local disk C, maka cukup ketikkan defrag C, kemudian tekan enter.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai.

defrag windows dengan cmd

Cara Defrag Windows 10 Lewat CMD tersebut dibilang  cukup efektif dan informative. Dengan cara tersebut Anda dapat melihat berbagai status atau informasi tentang status defrag dan juga informasi tentang disk yang kamu defrag saat itu.

Penutup

Perlu Anda ketahui, untuk memastikan performa laptop selalu baik, Anda perlu melakukan defrag lakukan secara rutin. Dengan mengetahui cara defrag Windows 10, Anda dapat melakukan proses atau cara defrag Windows 10 Anda.

Dengan begitu, Windows 10 Anda dapat lebih cepat dalam proses pembacaan data serta performa yang akan semakin meningkat. Tunggu apalagi, segera defrag Windows 10 Anda dan rasakan manfaatnya.

Rekomendasi untuk meningkatkan keamanan dari pearangkat Anda adalah dengan mem-backup Windows. Dengan cara ini data Anda akan kembali ketika terjadi sesuatu yang tidak  diinginkan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here