Cara Download WhatsApp Di Laptop Windows 10 dan Penggunaannya

Saat ini, siapa yang tak kenal dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi yang biasa kita gunakan melalui Smartphone ini memang sangat membantu kita dalam urusan komunikasi. Bagaimana cara download WhatsApp di laptop windows 10?

Aplikasi  ini hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel lama. Perbedaannya adalah jika SMS menggunakan pulsa untuk mengirim pesan, maka WhatsApp menggunakan data internet. 

Selain itu dengan WhatsApp, bukan hanya pesan text yang dapat kita kirim, melainkan juga file berupa gambar, musik, dokumen dan lainnya.

Lalu bagaimana cara download WhatsApp di laptop? Kalau Anda sudah tahu bagaimana cara download aplikasi di Windows 10, tentunya ini akan mejadi mudah, namun ada cara yang lain juga. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Download WhatsApp di Laptop Windows 10

Berbeda dengan Windows 7, download dan install WhatsApp di laptop Windows 10 ternyata lebih mudah. Hal ini dikarenakan WhatsApp Desktop ini memang tersedia hanya untuk Windows 8 dan Win 10 bukan OS dibawahnya termasuk Windows 7. Berikut adalah cara download WhatsApp di laptop windows 10.

  1. Pertama, buka browser di laptop Windows 10 Anda. (Anda bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Safari)
  2. Selanjutnya kunjungi laman website resmi WhatsApp berikut ini :

https://www.WhatsApp.com/download/ 

  1. Pada halaman awal situs web tersebut klik opsi “Unduh untuk Windows” 
  2. Silahkan tunggu beberapa waktu hingga file aplikasi WhatsApp Desktop untuk laptop Windows berformat “.exe” berhasil terunduh 
  3. Setelah file terunduh, lakukan peng-install-an seperti Anda menginstal aplikasi pada umumnya.

Selain bisa mendownload WhatsApp melalui website resmi WhatsApp, Anda juga dapat mendownload melalui Windows Store yang sudah tersedia pada perangkat Windows 10 Anda. Beginilah cara download WhatsApp di laptop windows 10 melalui Windows Store. 

 

  1. Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda sudah login dan terhubung dengan akun Microsoft.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Windows Store (Anda bisa mencarinya menggunakan fitur pencarian).
  3. Arahkan ke kolom pencarian, lalu ketik dengan kata kunci “WhatsApp Desktop”
  4. Lalu tekan Get, kemudian tunggu proses download WhatsApp Desktop selesai.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai dilakukan. Apabila berhasil maka WhatsApp yang kamu download akan muncul pada menu Start atau Desktop laptop kamu.

Syarat Download WhatsApp di Laptop 

Ternyata tidak semua laptop dapat digunakan untuk WhatsApp Desktop. Seperti yang disampaikan diatas, bahwa WhatsApp Desktop ini ditujukan untuk Windows 8 dan Win 10 bukan OS dibawahnya termasuk Windows 7. 

Baca Juga  Cara Mengubah Jam di Laptop ASUS Paling Praktis!

Seperti dilansir dari laman resmi WhatsApp, aplikasi WhatsApp Desktop hanya bisa dipakai pada perangkat laptop yang mampu menjalankan minimal versi sistem operasi Windows 8.1 dan yang lebih baru atau Mac OS 10.10 dan setelahnya.

Selain itu, WhatsApp Desktop juga akan berjalan maksimal manakala perangkat Anda minimal telah memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB. 

Jika perangkat Anda tidak memenuhi syarat diatas, maka disarankan untuk menggunakan WhatsApp Web. Karena jika Anda memaksakan untuk menggunakan WhatsApp Desktop maka bakal lebih sulit untuk menggunakannya.

Perbedaan WhatsApp Desktop dengan WhatsApp web

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa jika perangkat Anda tidak memungkinkan untuk mendownload WhatsApp Desktop, pilihannya adalah WhatsApp Web. Lalu apasih yang membedakan WhatsApp Desktop dengan WhatsApp Web? 

Perbedaan WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web yang paling mencolok tentu adalah bagaimana cara mengaksesnya. WhatsApp Desktop merupakan sebuah aplikasi WhatsApp yang diunduh dan diinstal pada perangkat komputer, baik Windows atau MacOS. Penggunaanya sama dengan Anda menggunakan WhatsApp pada smartphone, hal tersebut dikarenakan WhatsApp dengan versi ini terpisah di perangkat Anda.

Sedangkan untuk WhatsApp Web, dapat diakses melalui browser, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Hal ini membuat pengguna harus membuka aplikasi browser terlebih dulu, lalu menuju ke alamat web.WhatsApp.com untuk mengakses WhatsApp tanpa aplikasi standalone.

Selain perbedaaan cara akses, Secara umum WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop tidak memiliki perbedaan lain yang mencolok. Baik WhatsApp Web maupun WhatsApp keduanya memiliki tampilan yang hampir sama. 

Mungkin pada versi Web, Anda akan menemukan tampilan yang tampak lebih luas dibanding versi desktop. Sedangkan pada versi desktop, Anda akan mendapati tombol minimize untuk memperkecil jendela aplikasi WhatsApp seperti pada umumnya aplikasi. 

Tentunya, fitur ini cocok digunakan bagi Anda yang memerlukan akses untuk banyak aplikasi dalam satu waktu. Tombol minimize itulah yang tidak Anda ditemukan di WhatsApp Web secara khusus.

Penutup

Demikian artikel yang mengulas bagaimana cara download WhatsApp di laptop Windows 10 beserta hal-hal yang perlu kamu ketahui terkait penggunaannya untuk perangkat komputer.

Sebenarnya caranya tidak terlalu berbeda dengan cara mendownload game di Windows 10, bahkan di Windows 11 pun sekiranya juga tidak jauh berbeda. Namun tetap saja ada yang bingung karena suatu alasan.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here