Cara Hibernate Windows 10 secara Aman dan Mudah

Agar laptop kita dapat secara ekstra menghemat baterainya, maka Windows sebenarnya sudah menyediakan fitur penghematan tersebut yang disebut Hibernate. Cara hibernate Windows 10 sebenarnya gampang apabila kita mengetahui langkahnya.

Ketika meninggalkan laptop untuk sementara, hibernate sangat disarankan, karena hal ini dapat menghemat daya laptop. Pastikan Anda mengatur hibernate Windows secara aman.

Hibernate dapat diaktifkan tanpa ribet seperti masuk bios misal, tidak perlu demikian. Berikut cara agar Windows dapat hibernate atau tidur

Sekilas Tentang Hibernate, Fungsi dan Kegunaan

Apa itu hibernate? apa bedanya dengan mode sleep? secara definisi apa perbedaan dari hibernate dengan sleep? Semua pertanyaan itu sering sekali menjadi bahan obrolan atau diskusi, karena memang perbedaannya tidak begitu banyak.

Perlu Anda ketahui bahwa memang beda antara hibernate dengan mode sleep. Hibernate Windows berfungsi untuk memanajemen power pada Windows. Dengan hibernate, Windows akan menyimpan semua aktivitas atau pekerjaan yang sedang berjalan atau aktif di RAM dan akan dipindahkan ke Hardisk yang menjadi file-file.

Secara sederhana, hibernate ini akan berguna jika Anda menyalakan kembali laptop Anda dari setelah keadaan hibernate, perangkat akan kembali pada keadaan sebelum Anda meng-hibernate laptop Anda. Semua program, dokumen, sistem Windows akan kembali.

Jika diperas lagi, maka hibernate ini akan mematikan laptop Anda atau shut down tanpa harus menutup aplikasi yang sedang berjalan. Dan setelah komputer menyala kembali, semuanya akan kembali seperti semula seperti tidak terjadi apapun.

Hibernate Lebih Hemat Daya daripada Mode Sleep

Hardisk secara penyerapan daya listrik ternyata lebih rendah mengkonsumsi energi daripada RAM. Inilah yang menjadi dasar mengapa hibernate lebih unggul dalam hal penghematan baterai laptop.

Hibernate memiliki keunggulan yang dapat memindahkan aktivitas yang ada di RAM dan kemudian dipindahkan ke HDD. Dengan begitu RAM tidak bekerja sama sekali, berganti ke HDD yang memakan listrik lebih sedikit.

Pengambilan peran ini adalah suatu ide yang jenius, sehingga dapat memangkas penggunaan daya baterai laptop. Jika disederhanakan, beberapa kelebihan Hibernate daripada mode sleep dan shutdown (mematikan komputer) yaitu:

  • Hibernate lebih hemat daya dibandingkan Sleep.
  • Hibernate menyimpan seluruh data dan pekerjaan yang sedang aktif, sehingga kamu bisa langsung melanjutkan pekerjaan ketika menyalakan komputer.

Cara Memunculkan atau Mengaktifkan Hibernate Windows 10

Adakalanya hibernate sudah secara pengaturan awal atau default telah aktif. Namun juga tidak semuanya demikian. Lebih amannya, Anda perlu mengecek, apakah fitur hibernate Windows Anda telah aktif.

Agar dapat melihatnya, Anda perlu melihat di Start Menu -> Power.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Taskbar Windows 10 Dengan Cepat

Pada beberapa kasus, ketika pada jendela Power, ada yang telah muncul opsi hibernatenya. Namun banyak kasus juga yang opsi fitur hibernatenya tidak muncul. Sehingga perlu melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memunculkan opsi hibernate Windows 10.

Berikut cara hibernate Windows 10 yang semoga Anda dapat memahaminya, perhatikan dengan perlahan selangkah demi selangkah dan lakukan.

  1. Klik Start, lalu pilih Settings.Klik Start, lalu pilih Settings.
  2. Pilih System.Pilih System
  3. Pilih Power & Sleep di panel menu sebelah kiri.Pilih Power & Sleep
  4. Klik Additional power settings.Klik Additional power settings
  5. Pilih Choose what the power buttons do.Pilih Choose what the power buttons do
  6. Selanjutnya klik Change settings that are currently unavailable.Selanjutnya klik Change settings that are currently unavailable
  7. Centang Hibernate pada bagian Shutdown settings.Centang Hibernate pada bagian Shutdown settings
  8. Klik Save changes

Langkah-langkah hibernate tersebut seharusnya dapat dilakukan asalkan Anda menggunakan Windows 10. Dan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Windows 11.

Meskipun karena Windows 11 terbilang masih baru sehingga banyak yang masih meraba-raba ketika memasuki setting Windows yang menyediakan banyak opsi.

Mematikan Hibernate

Jika disuatu ketika Anda menginginkan untuk mematikan Hibernate karena suatu alasan tertentu, maka langkah-langkah atau tutorial mengaktifkan hibernate di atas dapat Anda gunakan.

Step-step menonaktifkan hibernate sama dengan menyalakannya. Namun hingga pada langkah ke 7, yaitu saat centang bagian hibernate, Anda tinggal menghapus centangnya. Dengan begitu fitur hibernate di Windows Anda akan mati atau nonaktif.

Cara Menggunakan Hibernate

Setelah Anda berhasil memunculkan opsi hibernate, untuk menggunakan Anda perlu klik Start atau Windows di pojok kiri bawah, lalu klik Power, lalu disitu akan terdapat pilihan hibernate, lalu pilih.

Cara Menggunakan Hibernate

Disaat Kapan Menggunakan Sleep Mode, Hibernate, dan Shutdown?

Gunakan Sleep jika kamu meninggalkan laptop dalam waktu secara sementara. Gunakan mode sleep untuk menghemat listrik dan baterai laptop.

Namun apabila kamu tidak menggunakan komputer dalam waktu yang lumayan lama, dan disisi lain kamu tidak ingin menutup semua aktivitas yang sedang kamu lakukan, maka kamu perlu menggunakan Hibernate.

Anda perlu memilih shutdown ketika Anda yakin telah selesai menggunakan laptop. Shutdown berarti kamu harus mematikan terlebih dahulu semua aplikasi aktif dan jangan lupa menyimpan dokumen yang sedang kamu kerjakan, lalu menutupnya.

Penutup

Demikian tutorial cara hibernate Windows 10 dengan mudah dan aman yang semoga dapat membantu Anda.

Pastikan Anda selalu me-update Windows 10 Anda, karena dengan selalu memperbarui, Anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaru.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here