Cara Install Font di Windows 10 dengan Cepat dan Praktis

Seringkali pengguna Windows 10 masih kebingungan cara install font di Windows 10. Ataupun ada yang sudah bisa namun belum mengetahui langkah-langkah yang lebih praktis dan mudah.

Pemasangan font yang ingin kita gunakan dapat semudah copy paste, namun Anda perlu mengetahui caranya. Tentu Saja Windows 10 tidak hanya menyediakan satu cara untuk menginstall font.

Menambah font tidaklah sulit, berikut ini akan diberikan tutorial untuk menginstall, langkah demi langkah menambah font di Windows 10.

Pilih dan Download Font

Windows 10 sebenarnya telah menyediakan banyak tipe font yang dapat Anda pilih. Namun tetap saja, seringkali kita membutuhkan jenis font yang kita inginkan dan tidak terdapat di Windows 10.

Sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda perlu mencari font atau nama font yang Anda butuhkan. Mencari font tidaklah sulit, telah banyak sekali bertebaran di internet yang menyediakan font yang dapat secara gratis alias free dapat diunduh.

Kamu bisa mengunduh tipe font di https://fonts.google.com atau https://www.dafont.com atau diberbagai web yang menyediakan. File font biasanya masih dalam format RAR atau Zip sehingga Anda perlu mengekstraknya dahulu.

Secara sederhana, cara mendownload font yaitu:

  • kunjungi web yang menyediakan berbagai font
  • kemudian pilihlah font yang Anda inginkan
  • Download font yang telah Anda pilih
  • lalu pastikan file hasil unduhan telah Anda ketahui lokasi foldernya

Apabila file yang Anda terima berbentuk format RAR atau ZIP, maka Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Berikut cara singkat untuk mengekstrak file RAR atau ZIP: Cara mengekstraknya adalah sebagai berikut:

    1. Buka folder yang berisi file .zip yang ingin diekstrak.
  • Pilih file .zip.
  1. Pop-up akan muncul dan menampilkan konten file tersebut.
  2. Klik Ekstrak.
  3. Anda akan melihat pratinjau file yang diekstrak

Menginstall Font dengan Menu Setting (Pengaturan)

Cara install font di Windows 10 yang pertama adalah menggunakan menu setting. Cara ini terbilang cara standar dalam menginstall atau memasangkan font. Berikut telah disederhanakan caranya:

  1. Buka menu Start atau -gambar- Windows yang ada bawah paling pojok kiri.
  2. Pilih “Settings” dengan ikon berbentuk roda gerigi yang berada di atas menu Power.
  3. Pilih “Personalization”, kemudian kamu akan diarahkan pada jendelanya..
  4. Pada jendela personalization, kemudian cari dan pilih menu “Fonts“.
    (Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan pencarian yang ada di Taskbar dengan menulis keyword  “font settings”, lalu pilih yang paling sesuai”.
  5. Ketika masuk dalam jendela fonts, maka akan terlihat semua font yang telah terinstall pada komputer atau laptop kamu.
  6. Kemudian tinggal drag and drop yaitu dengan cara menarik (klik tahan) file font yang telah tersedia tadi (telah didownload) dan arahkan ke dalam kotak yang berada di jendela font.
Baca Juga  ASUS Chromebook Flip C436 Harga dan Spesifikasinya

Memasang Font secara Langsung dari Satu File Font

Apabila Anda tidak ingin repot-repot masuk ke dalam menu setting, atau Anda perlu secara intensif menginstall font, maka cara ini akan sangat cepat. Dengan cara ini kamu setelah mengunduh font dapat secara langsung diinstal.

Cara menambah satu tipe font dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Cari dan masuk ke dalam folder yang terisi font yang telah didownload.
  2. Lalu klik kanan pada file font tersebut.
  3. Kemudian pilih Install.
  4. Tunggu sampai proses instalasi font telah selesai.

Maka kemudian font Anda telah terinstal, dan untuk mengecek font yang sudah di Install, Anda dapat melihatnya pada menu font settings. Pada jendelanya akan terlihat font mana saja yang telah terpasang.

Menginstall Font secara Massal (Sekaligus)

Kadang kita membutuhkan instalasi font satu persatu, namun kara suatu alasan tertentu, kadang pula kita menginginkan menginstall font secara bersamaan sekaligus. Jadi dari beberapa font yang telah didownload, dapat langsung diinstal secara bersamaan.

  1. Buat suatu folder dengan nama bebas, lalu semua file font yang ingin di install dimasukkan dalam folder tersebut. Ingat yang dimasukkan adalah file yang telah diekstrak, bukan dalam format .rar maupun .zip.
  2. Lalu ketik TFF pada kolom pencarian sebelah kanan atas. Kemudian file-file font akan muncul.
  3. Blok semua file tersebut lalu klik kanan dan install.

Penutup

Demikian cara install font di Windows 10 yang semoga dapat membantu Anda. Jika dilihat secara seksama, sebenarnya mudah bukan dalam menginstall font tersebut? maka dari itu, sisanya Anda tingga membiasakan diri untuk menginstal sehingga akan hafal caranya.

Pada beberapa kasus, terkadang kita perlu memulai ulang aplikasi yang kita gunakan agar font yang telah kita install dapat digunakan.

Beberapa kasus juga membutuhkan mulai ulang atau restart komputer agar instalan tersebut muncul. Sehingga Anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut.

Rekomendasi yang Anda perlu perhatikan adalah mem-backup Windows 10. Dengan begitu data Anda akan kembali jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan. Termasuk font yang telah Anda install akan dapat kembali jika telah terbackup.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here