Cara Logout Akun Microsoft di Windows 10 (Sign Out) di Laptop / PC

Pastikan jika belum memilikinya, Anda dapat membuat akun microsoft pada website resmi Microsoft yaitu https://account.microsoft.com/account. Jika Anda telah memilikinya, seringkali banyak dari pengguna yang kebingungan cara logout akun microsoft di Windows 10.

Dalam satu perangkat komputer dengan sistem operasi Windows, Microsoft membolehkan penggunaan lebih dari satu akun. Oleh karena itu, beberapa pengguna komputer dapat login ke dalam akunnya masing-masing walaupun menggunakan satu perangkat komputer.

Pada Sistem Operasi Windows, pengguna dapat berpindah dengan cara melakukan proses sign out atau logout. Namun saran kami, pastikan Anda tahu cara backup windows 10, karene dengan itu Anda lebih aman dalam perpindahan akun.

Di sistem operasi Windows, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan ketika akan logout dan berpindah akun. Berikut ini cara sign out Akun Microsoft di Windows 10 (tidak jauh berbeda dengan Windows 11).

 

Logout Lewat Start Menu

Cara yang pertama dapat Anda lakukan melalui start menu. Cara ini merupakan cara yang mudah dan paling sering digunakan. Anda tinggal membuka menu start dengan menekan logo jendela di pojok kiri bawah.

Setelah menu start terbuka, Anda klik ikon foto profil yang berada di atas ikon file explorer. Ikon tersebut terletak di deretan bagian kiri bawah layar komputer Anda. Kemudian, Anda akan menjumpai opsi Sign Out dengan daftar akun yang ada di komputer tersebut.

Dari Start Menu ini apabila Kamu tahu cara ganti nama user Windows 10, Kamu dapat mengubah nama User dengan mudah.

Logout Lewat Power User Menu

Cara kedua ini memanfaatkan menu power user. Menu ini dapat Anda akses dengan meng klik kanan ikon jendela (start menu). Cara lain untuk mengaksesnya adalah dengan menekan shortcut kombinasi tombol keyboard Windows + X.

Kemudian, Anda cari opsi Shutdown or sign out. Opsi ini ada di urutan nomor dua dari bawah. Arahkan kursor Anda ke opsi tersebut, maka akan muncul opsi tambahan di sebelah kanannya. Setelah itu, Anda pilih opsi Sign Out / keluar.

Logout Lewat Jendela Shutdown Windows

Cara logout akun microsoft di Windows 10 selanjutnya dapat dilakukan melalui Jendela Shutdown Windows. Jendela Shut Down Windows ini dapat Anda buka dengan menekan shortcut Ctrl + F4 di keyboard.

Setelah terbuka, Anda klik tanda anak panah ke bawah di samping opsi Shut down. Lalu, Anda cari dan klik opsi Sign out. Setelah itu, Akun Anda akan keluar dari sistem operasi Windows di komputer Anda.

Logout lewat Windows Security Screen

Cara sign out Akun Microsoft di Windows 10 berikutnya dapat Anda lakukan lewat Windows Security Screen. Untuk membukanya, Anda tekan kombinasi tiga tombol keyboard Ctrl + Alt + Del.

Baca Juga  6 Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

Kemudian, seluruh layar Windows 10 Anda akan beralih ke Windows Security Screen yang dominan dengan warna abu-abu. Setelah itu, Anda cari dan pilih opsi sign out. Opsi ini terletak di urutan ketiga dari opsi-opsi yang ada di Windows Security Screen.

Logout Menggunakan Command Prompt

Cara sign out Akun Microsoft di Windows 10 satu ini menggunakan command prompt sebagai alatnya. Command Prompt memang memiliki banyak fungsi untuk mengeksekusi banyak perintah.

Akan tetapi, cara ini mungkin dinilai ribet oleh beberapa pengguna yang tidak terbiasa dengan antarmuka berbasis teks atau Command Line Interface (CLI).

Akan tetapi, jika telah terbiasa, cara ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengeksekusi berbagai perintah.

Salah satu perintah yang dapat dieksekusi oleh Command Prompt adalah perintah sign out. Untuk melakukannya, Anda dapat membuka aplikasi Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan cmd di kolom pencarian di sebelah start menu.

Setelah Command Prompt terbuka, Anda ketikkan perintah shutdown -L di dalamnya. Setelah itu, Akun Anda akan otomatis keluar dari Windows 10. Anda juga dapat mengetikkan perintah logoff untuk melakukan hal yang sama.

Logout Melalui Task Manager

Cara sign out Microsoft di Windows 10 terakhir adalah logout melalui Task Manager. Untuk melakukannya, Anda dapat membuka Task Manager terlebih dahulu. Anda dapat membukanya dengan mengetikkan ‘Task Manager’ di kolom search.

Anda juga dapat membuka Task Manager dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard komputer Anda. Lalu, Anda klik menu User di bagian atas jendela Task Manager. Di dalamnya, tertera beberapa akun yang digunakan di komputer tersebut. 

Untuk melakukan sign out pada satu akun, Anda dapat mengklik kanan nama akun tersebut kemudian pilih Sign Out.

Penutup

Itulah beberapa cara logout Akun Microsoft di Windows 10 yang dapat Anda coba. Memang Windows 10 atau bahkan yang terbaru seperti Windos 11 semakin memberikan kemudahan sehari-hari.

Namun apabila Anda mulai bosan dengan tampilan Windows yang ‘begitu-begitu’ saja, Anda dapat mengganti temanya, asalkan Anda tahu bagaimana cara mengganti tema Windows 10 atau 11.

Dan tahukah Anda bahwa Sistem Windows akan terasa lebih maksimal dan optimal ketika Anda mencobanya menggunakan berbagai produk-produk ASUS. Namun jangan lupa memilihnya sesuai kebutuhan Anda ya!

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here