Cara Mematikan Laptop ASUS Windows 10 Mudah, Praktis, dan Aman

Pengguna laptop pun terbilang cukup masif pada era sekarang. Hal itu disebabkan karena hampir semua tugas dan pekerjaan telah terdigitalisasi. Sehingga kita harus paham Cara Mematikan Laptop ASUS Windows 10 yang benar aman.

Akan tetapi, beberapa pengguna mungkin agak kesulitan untuk mengoperasikan perangkat laptop. Pastikan tidak keliru dengan cara logout akun microsoft dengan aman, karena mematikan laptop memiliki caranya sendiri.

Terlebih lagi, pengguna baru, yang umumnya, gagap dengan teknologi. Bahkan, pertanyaan semacam “bagaimana cara shutdown laptop ASUS Windows 10” pun juga masih banyak ditanyakan oleh para pengguna baru ini.

Mengapa Windows 10?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mematikan laptop ASUS Windows 10. Lalu, mengapa artikel ini hanya membahas laptop dengan Windows 10?

Tentu, hal tersebut dikarenakan sebagian besar laptop sekarang menggunakan Sistem Operasi Windows 10. Salah satu sebabnya adalah versi Windows yang lebih tua ‘dimatikan’ oleh pihak Microsoft dengan tidak didukungnya update untuk versi-versi tersebut.

Untuk mengetahui cara mematikan laptop ASUS Windows 10, Anda dapat menyimak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mematikan Laptop ASUS Windows 10

Dalam dunia komputer atau laptop, terdapat istilah yang disebut dengan shutdown. Istilah ini merupakan perintah untuk mematikan perangkat komputer atau laptop. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mematikan laptop ini. Berikut penjelasannya.

Melalui Start Menu

Melalui Start Menu

Cara pertama ini merupakan cara yang mudah dan sering digunakan oleh pengguna laptop Windows. Jika Anda benar-benar awam dalam menggunakan komputer atau laptop, Anda dapat mempraktikkan cara ini.

  1. Cari dan klik ikon jendela yang berada di pojok kiri bawah laptop Anda. Ikon ini dinamakan start menu. Cara lain untuk membuka menu ini adalah dengan menekan tombol bergambar ikon jendela di keyboard yang berada di sebelah kiri tombol alt dan spacebar.
  2. Setelah menu start terbuka, Anda klik tulisan ‘Power’ yang berada di atas ikon menu start tersebut.
  3. Di sana, terdapat tiga pilihan, yaitu ‘Sleep’, ‘Shutdown’, dan ‘Restart’. Untuk mematikan laptop, Anda pilih ‘Shutdown’.
  4. Setelah menunggu beberapa saat, laptop Anda akan mati.

Melalui Jendela Shutdown Windows

Melalui Jendela Shutdown Windows

Cara berikutnya adalah cara mematikan laptop ASUS melalui Jendela Shutdown Windows. Cara ini juga sangat sering digunakan karena terbilang sangat mudah. Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut beberapa langkahnya.

  1. Pastikan terlebih dahulu, laptop Anda berada di halaman desktop. Untuk memastikannya, Anda minimize atau tutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
  2. Jika sudah, tekan kombinasi tombol Alt + F4 di keyboard secara bersamaan. Sesaat kemudian, jendela Shutdown Windows akan muncul.
  3. Arahkan kursor Anda ke kotak yang berisi berbagai pilihan. Kotak ini terdapat di bagian tengah jendela. Kemudian klik kotak tersebut, maka akan muncul beberapa perintah.
  4. Pada jendela ini, terdapat lebih banyak pilihan perintah yang dapat Anda gunakan daripada pilihan yang berada di start menu. Anda tinggal pilih perintah ‘Shutdown’ untuk mematikan laptop.
  5. Pada langkah ketiga di atas, Anda juga dapat menggunakan tombol anak panah di keyboard untuk memilih perintah. Setelah sampai pada pilihan yang dituju. Anda tekan Enter.
Baca Juga  2 Cara Melepas Baterai Laptop ASUS Yang Baik Dan Aman

Sebagai tambahan, Anda dianjurkan untuk menutup layar laptop ketika laptop benar-benar dalam kondisi mati. Biasanya ditandai dengan matinya lampu indikator yang berada di bagian sisi-sisi laptop.

Jika layar telah ditutup dan laptop belum benar-benar mati, terkadang Windows hanya akan melakukan perintah ‘sleep’ bukan ‘shutdown’. Perintah ‘sleep’ ini hanya akan mematikan layar Anda dan juga menguras baterai Anda.

Mematikan laptop dan kemudian menyalakannya kembali terdapat suatu fitur yaitu tentang BIOS, sehingga cara masuk BIOS berbeda-beda. Di BIOS inilah ada banyak fitur yang tidak di dapat ketika sudah masuk pada Windows.

Cara Mematikan Laptop ASUS Windows 10 Menggunakan Tombol Power

Cara Mematikan Laptop ASUS Windows 10 Menggunakan Tombol Power

Cara satu ini merupakan cara yang paling instan untuk mematikan laptop Anda. Pasalnya, Anda hanya harus menekan tombol power fisik yang terdapat di laptop. Untuk benar-benar mematikan laptop ini, Anda harus menekan tombol power agak lama.

Biasanya, akan ada sedikit bunyi ‘bip’ ketika laptop dimatikan menggunakan cara ini. Langkah ini merupakan cara mematikan laptop ASUS yang hang.

Kondisi laptop yang hang ini, umumnya, menyebabkan Anda tidak dapat mengoperasikan apapun. Anda tidak dapat mengoperasikan mouse atau touchpad untuk menggerakkan kursor. Anda pun juga tidak dapat menekan keyboard laptop.

Oleh karena itu, solusi untuk mematikan laptop dalam kondisi ini adalah dengan menekan tombol power fisik laptop.

Meskipun cara satu ini merupakan cara yang paling instan, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya. Jika Anda sering melakukannya, hardware pada laptop Anda lama-kelamaan akan mengalami kerusakan karena cara ini hakikatnya merupakan cara paksaan.

So, Anda sebaiknya melakukan cara ini, hanya ketika kondisi laptop hang dan tidak bisa melakukan apapun dengan laptop Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara mematikan laptop ASUS Windows 10 yang dapat Anda terapkan. Rekomendasi untuk Anda pengguna laptop ASUS, pastikan Anda tahu cara cek garansi laptop ASUS, agar ketika mengalami kerusakan dapat klaim garansi.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here