Cara Membersihkan Laptop ASUS Agar Tidak Lemot, Auto Ngebut!

Apakah laptop Anda sudah mulai terasa lemot saat digunakan? Jika iya, Anda telah berlabuh pada artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membersihkan laptop ASUS agar tidak lemot ketika dipakai.

Kinerja laptop yang mulai terasa lamban akan terasa cukup mengganggu bagi pengguna. Apalagi jika laptop tersebut Anda fungsikan sebagai penunjang pekerjaan Anda sehari-hari. Produktivitas Anda juga ikut terganggu.

Namun, Anda jangan terburu-buru berpikir untuk berganti ke laptop baru. Karena hal tersebut masih bisa diatasi dengan melakukan beberapa pembersihan dan perawatan laptop agar tidak lemot.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan laptop ASUS Anda, tidak ada salahnya jika kita mengidentifikasi dan mengetahui beberapa penyebab dari lambannya sebuah laptop.

Mungkin beberapa hal di bawah ini merupakan penyebab dari lemotnya laptop Anda tersebut. Lalu, apa saja hal-hal tersebut. Langsung saja simak berikut ini.

  1. Pekerjaan yang dibebankan kepada laptop terlalu berat

Hal ini umumnya dipicu dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di laptop. Aplikasi yang berjalan ini memakan kapasitas memori RAM.

Penggunaan aplikasi yang kurang kompatibel dengan kemampuan prosesor. Hal tersebut tentunya akan membuat kinerja laptop menjadi lemot bahkan sampai hang.

  1. Kapasitas penyimpanan internal pada laptop sudah mulai sesak

Kapasitas penyimpanan yang hampir penuh juga mempengaruhi kemampuan baca dari hardware penyimpanan itu sendiri. Semakin banyak file di dalamnya, maka tugas dari hardware ini semakin berat. Hal inilah yang menjadikan laptop semakin lemot.

  1. Infeksi virus atau malware

Ada virus yang menginfeksi laptop juga menyebabkan laptop menjadi lemot. Virus-virus ini juga memakan resource dari laptop. Apalagi jika virus-virus tersebut memang didesain untuk itu. Laptop bahkan dapat hang saat infeksi dari virus-virus ini sudah sangat parah.

  1. Usia laptop yang sudah tua

Laptop merupakan barang elektronik yang memiliki usia pakai. Setelah beberapa waktu, kinerja dari laptop Anda akan menurun. Ini dikarenakan hardware yang menyusun laptop tersebut sudah mulai mencapai batas kinerjanya.

Perkembangan software yang kian pesat pun juga menyebabkan hal ini terjadi. Dengan beberapa update, software-software tertentu bahkan sudah tidak kompatibel lagi dengan laptop-laptop lama.

Cara Membersihkan Laptop ASUS

Dari uraian penyebab lemotnya laptop ASUS di atas, dapat disimpulkan bahwa laptop adalah perangkat elektronik yang memiliki limitasi tertentu. Apabila limit tersebut telah terlewati, performa laptop akan otomatis menurun.

Baca Juga  ASUS Chromebook Flip C436 Harga dan Spesifikasinya

Untuk itulah, perlu bagi para pengguna untuk mengetahui cara membersihkan laptop ASUS agar tidak lemot saat digunakan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan ke laptop Anda.

Uninstal Aplikasi-aplikasi yang Tidak Digunakan

Uninstal Aplikasi-aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang sering atau bahkan tidak Anda gunakan sama sekali hanya akan membuat penuh penyimpanan laptop Anda. Oleh karena itu, Anda harus menguninstalnya.

Anda dapat menguninstal aplikasi-aplikasi ini dengan mengakses bagian pengaturan dari tiap-tiap aplikasi. Akan tetapi, terdapat cara yang lebih mudah untuk menguninstal aplikasi-aplikasi ini.

Anda cukup memanfaatkan fitur Uninstall a program yang ada di Control Panel. Langkahnya dapat Anda simak di bawah ini.

  1. Klik menu Start dan ketik ‘control panel’ menggunakan keyboard.
  2. Pada menu Program, Anda klik tulisan ‘Uninstall a program’.
  3. Di sana, tertera semua aplikasi yang telah terintal di laptop Anda. Klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda uninstall dan pilih opsi Uninstall. 

Hapus File di Folder Temporary

File-file yang ada di temporary ini adalah hasil ekstraksi dari aplikasi seperti editing video maupun dokumen. Pengguna laptop biasanya tidak ingat bahkan tidak mengetahui file-file jenis ini akan tersimpan otomatis di dalam laptop.

Jika tidak dibersihkan, file-file ini akan menumpuk dan memakan memori pada laptop. Sehingga, laptop akan menjadi lemot. Oleh sebabnya, Anda dapat menghapus file-file tersebut dengan cara berikut

  1. Buka kotak dialog Run dengan menekan Windows + R
  2. Ketik %temp%, lalu tekan Enter
  3. Anda dapat menghapus semua file di dalamnya dengan menekan tombol CTRL + A lalu tekan Shift + Del.

Batasi penggunaan aplikasi di laptop Anda

Seperti yang telah disinggung di atas, setiap laptop memiliki limitasi tertentu. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali limitasi ini. Jangan memaksakan laptop Anda berjibaku dengan aplikasi dan software yang terlalu membebaninya.

Hal tersebut juga dapat menurunkan performa dan kinerja laptop dalam jangka waktu yang singkat.

Penggunaan aplikasi-aplikasi ini dapat Anda lihat di Task Manager. Untuk membukanya, Anda tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc. Kemudian, klik tab Performance untuk melihat seberapa banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara membersihkan laptop ASUS agar tidak lemot. Semoga bermanfaat.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.



Artikel Terbaru

Cara Install Laptop ASUS Pakai Flashdisk

Cara Install Laptop ASUS - Melakukan proses instalasi Windows...

Cara Setting LAN Windows 10 Terlengkap

Berikut akan kami bahas cara setting LAN Windows 10...

Cara Menghilangkan Password di Windows 10 Sangat Mudah!

Pada kesempatan kali ini, kita secara khusus akan membahas...

Cara Menghilangkan Lock Screen Windows 10 dengan Mudah

Dikarenakan update Windows 10 yang menjadikan kita tidak dapat...

Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami