Cara Mengaktifkan Internet di Laptop Asus Windows 7,8, dan 10

Kebutuhan internet semakin dibutuhkan saat ini baik di handphone maupun laptop. Banyak laptop yang kini sudah dilengkapi dengan adapter wifi termasuk Asus. Untuk dapat menggunakannya, anda perlu mengetahui cara mengaktifkan internet di laptop Asus.

Dengan jaringan internet, anda dapat berselancar dengan nyaman di medsos. Dan anda juga dapat membagikan koneksi wifi ke pengguna lainnya, bagi yang belum tahu caranya bisa klik cara share wifi windows 10. Hal ini karena di laptop asus sudah dilengkapi wifi hotspot.

Anda juga tidak perlu menyalakan internet wifi setiap saat, anda dapat mematikannya terlebih dahulu baru kemudian menyalakan kembali ketika akan menggunakannya. Bagi yang belum paham cara menghidupkan wifi di laptop asus, simak langkahnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Internet di Laptop Asus

Masing-masing sitem operasi windows baik itu windows 7,8, maupun 10 memiliki cara yang berbeda. Namun untuk penggunaan masing-masing perangkat laptop dengan windows yang sama tidak jauh berbeda. 

Laptop Windows 7

cara mengkoneksikan WiFi ke laptop di windows 7 dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • KLik Start pada Windows 7 kemudian klik opsi Control Panel
  • Klik menu Hardware and Sound kemudian pilih adjust commonly used mobility settings
  • Tunggulah hingga muncul jendela Windows Mobility Center
  • Klik Turn Wireless On untuk mengaktifkan wifi atau jaringan internet.
  • Setelah di klik, maka laptop anda akan mulai terkoneksi dengan internet

Anda juga bisa menggunakan cara singkat menggunakan tombol keyboard dengan cara menekan tombol Windows + X untuk membuka menu Windows Mobility Center. Kemudian klik pada bagian Turn Wireless On. Tapi jika keyboardmu rusak, lebih baik baca dulu ini cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Pilih langsung pada tulisan Turn Wireless On  hingga berubah menjadi  Turn Wireless Off. Cek pada bagian pojok kanan bawah layar. Jika sudah terkoneksi internet, maka tombol wifi akan berubah menjadi aktif. Klik connect untuk menghubungkan ke jaringan yang diinginkan.

Laptop Windows 8

Bagi pengguna perangkat sistem windows 8, anda dapat mengikuti langkah berikut ini untuk cara mengaktifkan WiFi atau internet.

  • Pertama, anda harus membuka bilah Charms kemudian menempatkan kursor pada bagian pojok kanan atas atau bawah layar. Anda juga bisa menggunakan keyboard dengan menekan tombol Windows+ . Tunggu hingga muncul tampilan di sisi kanan layar.
  • Pilih Settings dengan icon roda gigi di bagian bawah bilah Charms.
  • Klik icon wifi pada sisi kiri menu pengaturan.
  • Setelah mengklik icon wifi, maka akan muncul jaringan internet yang dapat anda sambungkan.
  • Pilih salah satu jaringan untuk disambungkan ke laptop Asus anda.
Baca Juga  Cara Memasukkan CD ke Laptop ASUS yang Tidak Disertai Slot DVD Drive

Laptop Windows 10

Langkah mengaktifkan WiFi di laptop asus yang menggunakan windows 10 ada beberapa cara, yaitu dapat dilakukan menggunakan tombol wifi keyboard, icon wifi, hingga pengaturan pada sistemnya.

Untuk mengaktifkan internet menggunakan tombol keyboard, anda dapat menekan tombol wifi yang terdapat pada barisan keyboard F1,F2,F3, dan sebagainya. Tunggu hingga proses pengaktifan wifi selesai. Keyboard tombol wifi akan menyala jika laptop sudah terkoneksi internet.

Selanjutnya, cara menghubungkan WiFi di Laptop bisa melalui Action Center anda dapat menekan tombol action center pada taskbar sebelah kanan. Kemudian klik tombol Network. Ubahlah pengaturan off menjadi on. Tunggulah hingga muncul beberapa jaringan wifi, kemudian pilih jaringan yang akan disambungkan.

Cara ketiga, anda dapat menggunakan windows setting pada laptop anda dengan cara mengklik tombol start kemudian klik setting. Pilih Network and Internet dan pilih tab Wifi. Aktifkan Wifi dengan mengubah pilihan menu menjadi on.

Anda juga dapat menggunakan icon pada taskbar dengan mengklik icon wifi pada menu taskbar kemudian mengubah tombol off menjadi on. Melalui Windows Search juga dapat memberikan koneksi ke internet yaitu dengan cara mengklik tombol search dan ketik Wifi. Buka Wifi settings kemudian aktifkan wifi.

Penutup – Tambahan (Solusi)

Apabila laptop anda yang gagal tersambung ke internet sedangkan jaringan internet di sekitar menyala, maka anda perlu mengecek dahulu permasalahannya. Berikut ini beberapa solusi apabila menemukan masalah pada laptop yang tidak bisa connect ke internet.

  1. Anda dapat memastikan apakah fungsi wireless aktif atau tidak dengan mengklik icon Network and Internet kemudian pastikan taskbar wifi dalam keadaan on.
  2. Jika belum berhasil, maka cobalah untuk mereset BiOS ke pengaturan default
  3. Matikan komputer dengan benar, yaitu dengan mengklik icon start, pilih icon power, kemudian tekan dan tahan tombol [Shift] key serta pilih shutdown pada waktu bersamaan. Restart komputer dan coba lagi sambungkan ke internet.
  4. Jalankan Wireless Diagnosis My ASUS untuk mendiagnosa masalah. Ketik My Asus pada pencarian windows kemudian klik open. Pilih customer support. Pada menu System Diagnostic, pilihlah Wireless Connectivity Problem, klik check up. Ikuti saran petunjuk yang ditampilkan.

Untuk anda pengguna laptop Asus dan belum mengetahui cara mengaktifkan internet ke laptop Asus, langkah-langkah di atas dapat menjadi panduan anda sesuai tipe serta sistem operasi laptopnya masing-masing. Jika masih saja gagal, mungkin perlu coba cara berikut cara memperbaiki koneksi internet di laptop asus.

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here