Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Gagal? Kenali Penyebabnya

Laptop anda tiba-tiba berwarna biru? Itu adalah hal yang sangat umum terjadi.  Anda tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi blue screen windows 10.

Situasi dimana sedang menggunakan laptop tetapi tiba-tiba muncul  tulisan “Your PC ran into problem and needs to restart” dan layarnya berwarna biru? situasi tersebut dinamakan Blue Screen

Permasalahan tersebut sering kali terjadi di setiap pengguna windows termasuk windows 10. Dalam situasi ini tidak perlu susah-susah cari cara masuk bios dan lain lain, cukup ikuti artikel ini saja.

Kenapa Blue Screen Terjadi pada Windows? Apa Penyebabnya?

blue screen

Ada beragam penyebab blue screen pada layar windows. Blue screen juga bisa muncul secara tiba-tiba saat startup, di tengah-tengah proses update windows 10, atau bahkan ketika anda sedang menggunakan komputer.  

Blue screen ditampilkan oleh Windows saat mengalami kesalahan sistem tertentu dan kondisi ini sangat mengganggu ketika sedang menggunakan komputer. Umumnya terjadi karena adanya masalah pada memory management BSOD ataupun gangguan baik pada hardware maupun software. 

Hal tersebut disebabkan karena adanya sistem crash yang terlalu parah. Normalnya, laptop atau komputer yang sedang mengalami blue screen akan secara otomatis ter-restart dan akan kembali seperti sedia kali. 

Blus screen juga bisa disebabkan karena adanya masalah dengan low-level software yang beroperasi pada windows. Kondisi eror ini biasanya ditandai dengan  stop kodenya masing-masing. Kode ini dapat anda lihat di barisan paling bawah.

  • CRITICAL_PROCESS_DIED yaitu proses eror karena rusaknya file penting di dalam Windows 10.
  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED yaitu error yang tidak dapat ditangani di bagian driver Windows. 
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL yaitu eror pada driver, memori, atau antivirus pada PC atau laptop.
  • VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED yaitu gagalnya driver merespon video
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGEED_AREA yaitu kesalahan pada kode di driver atau antivirus di PC atau laptop.
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION yaitu windows tidak dapat mengeksekusi kode di bagian driver.
  • DPC_WATCHDOG_VIOLATION yaitu munculnya masalah ketika menggunakan Hyper-V dan adanya kesalahan dalam Hyper-V

Ketika terjadi error, laptop anda akan mengalami crash sehingga gagal berjalan dengan normal. Kemunculan blue screen ini juga dapat mengakibatkan hilangnya data. Hal ini karena laptop anda tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data yang masih aktif berjalan.

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10?

Ada beberapa cara yang harus dilakukan ketika PC blue screen, dan yang dapat anda lakukan untuk menormalkan kembali perangkat windows 10 anda. Berikut tips yang dapat anda ikuti 

Tanpa Install Ulang

install ulang

Anda dapat mengatasi blue screen yang terjadi pada laptop anda tanpa harus menginstal ulang. Cara ini juga dapat anda terapkan pada laptop milik anda. 

Baca Juga  Kamera Tidak DItemukan Di Google Meet? Ini Cara Mengatasinya

Pertama, anda perlu membersihkan RAM pada perangkat anda. Jika pemakaian RAM pada perangkat anda sudah lama, maka wajar saja jika rentan mengalami error. Padahal RAM tersebut berfungsi sebagai pembaca, penyimpan data sementara dan berbagai instruksi program. 

Anda dapat membersihkan RAM dengan menggosok bagian logam kuning RAM menggunakan penghapus. Jika belum berhasil, maka solusinya adalah anda perlu mengganti RAM.

Kedua, anda bisa membatasi untuk tidak melakukan overclocking. Meskipun dapat membuat kinerja PC lebih tinggi, namun overclock dapat menyebabkan perangkat sistem menjadi tidak stabil bahkan bisa merusak komponen PC. 

Jika ingin melakukan overclocking, maka jangan memaksakan clock speed melewati limit yang diperkirakan.

Ketiga, anda dapat mengecek menggunakan troubleshoot. Fitur ini dapat membantu anda untuk mengecek apakah ada kerusakan yang menyebabkan laptop blue screen sekaligus memperbaikinya dengan mudah. 

Anda dapat membuka menu control panel, klik system Security, pilih Security and Maintenance, klik opsi Maintenance, kemudian klik Start Maintenance.

Keempat, anda dapat mengupdate sistem windows 10 untuk memperbaiki bug yang mungkin menjadi penyebab blue screen. Anda dapat mengupdate system dengan cara membuka Settings windows 10, memilih menu Update & Security, kemudian klik Check for Updates.

Jika keempat cara tersebut sudah dilakukan tapi tidak berhasil, maka cara mengatasi laptop tiba tiba blue screen? yang anda perlu lakukan adalah terpaksa dengan menginstall ulang pada perangkat anda.

Dengan Perintah CMD

cmd scan

Sistem operasi windows memiliki program Command Prompt atau yang dikenal dengan CMD. Cara ini dapat anda lakukan bagi anda yang masih awam dengan fitur pada perangkat PC ataupun laptop anda.

Cara mengatasi BSOD di windows 10 dengan cmd yaitu anda bisa menggunakan perintah SFC Scannow yang berfungsi untuk memeriksa sekaligus memperbaiki file sistem yang rusak secara menyeluruh termasuk untuk permasalahan blue screen.

Langkah-langkah mengatasi blue screen dengan CMD cukup mudah. 

  • Pada menu pencarian Windows 10, ketikkan CMD
  • Setelah itu anda dapat mengklik kanan pada CMD dan pilih Run as administrator
  • Klik Yes jika muncul jendela User Account Control
  • Setelah itu anda ketikkan perintah CMD sfc/scannow dan tekan enter

Penutup

Demikianlah cara mengatasi blue screen windows 10 yang dapat dicoba pada perangkat anda. Tapi sebelum itu sebagai langkah antisipasi, ada baiknya jika anda juga mempelajari tentang cara backup windows 10.

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here