2 Cara Mengeluarkan CD Dari Laptop ASUS Teraman

Belakangan ini, penggunaan DVD pada laptop semakin berkurang peminatnya. Dikarenakan laptop yang memakai DVD cenderung terlihat lebih besar dan berat jika dibawa kemana-mana. Dari kecenderungan inilah saya akan membahas problem umumnya yakni cara mengeluarkan CD dari laptop ASUS.

DVD yang tersedia pada laptop khususnya ASUS pasti memiliki berbagai macam kelebihan. Seperti halnya jika ingin melakukan install ulang atau install driver yang menggunakan CD maka akan sangat berguna jika laptop tersebut memiliki ruang DVD. 

Kegunaan ruang DVD ini juga bisa digunakan selain install driver maupun sistem operasi saja. Kamu bisa menggunakannya untuk menonton film dengan memakai CD film yang tersedia. Rasanya akan sangat klasik karena cara ini memang terkesan ketinggalan zaman.

Namun hingga sekarang, masih ada beberapa perusahaan laptop yang menggunakan ruang DVD sebagai keunggulan laptop mereka. Bahkan seri gaming juga turut menggunakan ruang DVD untuk menunjang dalam bermain game yang menggunakan CD.

Cara Mengeluarkan CD Dari Laptop ASUS

Dalam praktiknya, laptop yang menggunakan ruang DVD cenderung memiliki banyak kerusakan terkait hardware DVD nya. Kerusakan ini disebabkan karena berbagai macam faktor. Seperti tombol DVD yang secara tidak sengaja tertekan.

Akibat ketidaksengajaan karena menekan tombol DVD, keluarnya ruang DVD juga tidak baik sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada engsel bakan hardware DVD itu sendiri. Kerusakan yang lain juga bisa disebabkan oleh tidak sesuainya ukuran CD dengan ruang DVD yang tersedia.

Cara mengeluarkan CD dari laptop ASUS juga harus diperhatikan dengan baik, karena kalau tidak anya akan menambah kerusakan pada CD maupun ruang DVD yang tersedia. Hindari menggunakan CD bajakan atau yang sudah terlihat secara fisik itu CD rusak.

Penggunaan CD yang sudah rusak dapat menyebabkan kinerja optik pada ruang DVD menjadi tidak maksimal bahkan dapat menyebabkan error pada ruang DVD jika hal tersebut terus berlanjut. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan cara mengeluarkan CD dari laptop ASUS yang baik, berikut caranya:

  1. Langkah yang pertama pastikan dengan benar jika CD sudah masuk ke dalam ruang DVD yang tersedia
  2. Untuk mengetahuinya kamu bisa pergi ke menu This PC
  3. Jika sudah, pilih DVD Drive yang ada pada samping kiri laptopmu
  4. Jika tersedia, maka akan ada tulisan berupa nama CD yang kamu masukkan
  5. Selanjutnya kamu hanya perlu klik kanan pada DVD Drive yang ada, kemudian pilih opsi eject
  6. Secara otomatis CD yang ada pada ruang DVDmu akan keluar
  7. Pastikan untuk menunggu hingga ruang DVD keluar secara sempurna, baru kamu bisa mengambil CD yang kamu masukkan.
Baca Juga  ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Paling Ringan

Itu tadi merupakan cara mengeluarkan CD dari laptop ASUS yang bisa kamu terapkan pada laptopmu. Selalu perhatikan kondisi ruang DVD dan CD yang ingin kamu masukkan agar terhindar dari kerusakan yang fatal.

Ada beberapa kasus atau masalah di mana CD yang masuk ke ruang DVD tersangkut dan susah untuk dikeluarkan. Jika hal tersebut terjadi, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikannya.

Melalui Tombol Manual

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah yang bisa kamu lakukan jika terjadi kasus seperti CD yang susah keluar atau tersangkut. Pada laptop yang memiliki ruang DVD pasti memiliki tombol manual sebagai alternatif jika melalui sistem operasi tidak dapat berjalan.

Caranya kamu hanya perlu mencari tombol manual yang disediakan pada laptop ASUSmu. Biasanya tombol manual terletak tidak jauh dari ruang DVD yang tersedia. Bisa dibagian bawah atau samping ruang DVD.

Jiak sudah ketemu, kamu bisa menekan tombol tersebut secara benar. Tunggu hingga ruang DVD merespon dengan mengeluarkan CD. Jika berhasil, maka kamu bisa langsung mengambil CD yang tersangkut di ruang DVD.

Melalui Force Eject

Ini merupakan cara mengeluarkan CD dari laptop ASUS  yang paling terakhir. Opsi ini dapat kamu gunakan jika cara sebelumnya tetap tidak berhasil mengeluarkan CD dari ruang DVD. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Periksa sebuah lubang yang tersedia di dekat ruang DVD 
  • Lubang ini merupakan langkah darurat jika cara yang sudah dilakukan di atas masih belum bisa mengeluarkan CD yang ada di ruang DVD
  • Kemudian tekan lubang tersebut dengan menggunakan sebuah jarum atau apapun yang bisa masuk dalam lubang tersebut
  • Secara otomatis ruang DVD akan langsung keluar 

Penutup, Bagaimana Jika Semua Cara Gagal?

Cara yang terakhir jika ruang DVD masih saja tidak mau keluar. Kamu bisa membawa laptopmu ke service center terdekat untuk menanyakan masalah yang kamu alami. Bisa jadi karena hardware yang ada sudah mulai usang dan perlu diganti.

Karena cara di atas merupakan cara mengeluarkan cd dari laptop yang masih bisa kita tangani sendiri tanpa harus pergi ke service center. Sehingga jika masih saja terjadi masalah, langkah yang tepat yaitu membawanya ke service center. Selamat mencoba!

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here