6 Cara Menggunakan Laptop ASUS Khusus Bagi Pemula

Kali ini kita membahas cara menggunakan Laptop ASUS, tapi sebelumnya perlu kita ketahui bahwa laptop merupakan salah satu hasil produk teknologi yang sudah semakin berkembang hingga saat ini. Banyak perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi laptop dalam jumlah besar.

Kegunaannya yang sangat bisa membantu pekerjaan kantor, rumah, hingga tugas-tugas yang diperlukan dalam mengolah berbagai macam data. Mengetahui kegunaannya yang serba bisa, laptop kini semakin digemari oleh berbagai kalangan.

Salah satu perusahaan yang sedang naik daun saat ini yaitu ada merek ASUS. Merek yang satu ini sudah banyak sekali mendapatkan apresiasi penghargaan mengenai laptop yang diproduksinya. Mulai dari laptop untuk entry level, daily use, bisnis hingga gaming semuanya ada di ASUS.

Buat kamu yang masing sangat asing dalam menggunakan laptop atau baru memasuki tahun-tahun menggunakan laptop, pasti sedikit mengalami beberapa kesulitan. Terutama bagi pemula dalam hal teknologi laptop. 

Cara Menggunakan Laptop ASUS 

Bagi pemula, sebelum menggunakan laptop harus mengetahui beberapa hal penting dalam penggunaannya. Mulai dari jenis laptop, kebutuhan laptop hingga spesifikasi yang ingin digunakan. Beberapa aspek ini sangat penting untuk membantumu dalam meningkatkan pengetahuan dalam menggunakan laptop. 

Namun tidak perlu khawatir, kami memiliki beberapa cara menggunakan laptop ASUS yang langsung bisa kamu terapkan setelah langsung membeli produk laptop ASUS yang ingin kamu gunakan. Pastikan untuk diperhatikan dengan baik ulasan berikut ya.

Pemakaian Yang Tepat

Langkah pertama dalam menggunakan laptop ASUS yaitu selalu pastikan kamu menggunakannya dengan tepat dan benar. Banyak yang menggunakan laptop ASUS dengan benar tapi kadang tidak tepat dalam penerapannya. 

Ketika menggunakan laptop selalu pastikan baterai laptop dalam keadaan terisi, jangan biarkan baterai laptop kosong dalam keadaan lama, karena dapat menyebabkan kerusakan pada software baterai yang ada.

Jangan lupa untuk menyimpan dengan baik segala peralatan dan aksesoris laptop, seperti charger, tas laptop dll. Jangan terlalu sering menggunakan laptop di atas kasur atau tempat yang menghambat sirkulasi udara kipas laptop.

Jangan Menaruh Benda Di atas Laptop

Kegiatan yang satu ini memang sering menjadi kesalahan dasar bagi kebanyakan pengguna laptop. Meletakkan sesuatu di atas laptop yang semula hanya ingin sementara ternyata berlarut-larut hingga lupa. Apalagi benda yang diletakkan memiliki masa yang cukup berat. 

Kerusakan yang sangat fatal yaitu dapat merusak tampilan layar laptop atau menimbulkan garis-garis efek dari berat yang tidak mampu ditahan oleh laptop. Jika seperti ini jalan  satu-satunya yaitu memperbaikinya di service center.

Loading Boot Windows

Ketika kamu sedang menyalakan laptop, pasti akan muncul sebuah logo windows dan bulatan loading yang menandai bahwa sistem operasi windows sedang menjalankan operasinya. Memaksimalkan kinerja operasi windows bisa menjadi sesuatu yang baik untuk laptopmu. 

Baca Juga  ASUS Chromebook C204MA BU1430; Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Pelajar

Jangan langsung mengerjakan atau menjalankan aplikasi yang berat-berat, mulai dari yang ringan dan bertahap hingga yang berat. Karena sistem operasi butuh waktu hingga segala sesuatunya siap digunakan sepenuhnya.

Menjaga Keyboard 

Cara menggunakan laptop ASUS yang keempat yaitu dengan melakukan pembersihan atau menjaga keyboardmu tetap bersih dan berfungsi dengan normal. Jauhi minuman yang bisa merusak keyboardmu jika terkena tumpahan airnya. 

Hindari menekan tombol keyboard dengan keras, lakukan dengan sewajarnya. Selain keyboard, touchpad juga harus kamu pastikan berjalan dengan normal. Karena touchpad sangat rentan mengalami kerusakan jika terkena basah atau mengalami error karena intensitas penggunaan yang tidak benar.

Install Driver 

Driver merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk menjembatani sistem operasi dengan komponen-komponen hardware yang digunakan, agar setiap hardware dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 

Untuk memaksimalkan penggunaan hardware dan mendapatkan fungsinya gunakan driver yang sesuai dengan tipe laptop ASUS kalian. Dengan menggunakan driver yang tepat, kinerja laptopmu ajan semakin bagus dan jarang mengalami kerusakan sistem.

Pastikan menginstall di website resmi atau yang terpercaya, karena banyak orang-orang nakal yang dengan sengaja memasukkan virus untuk merusak hardware demi keuntungan mereka sendiri. Jika ragu, kamu bisa minta tolong ke orang yang lebih ahli dalam hal ini.

Install Aplikasi

Kegiatan yang satu ini sama halnya dengan melakukan instalasi driver. Kamu harus mencari yang cocok dengan laptop ASUS mu. Namun dalam melakukan instalasi aplikasi lebih flaksibel dibandingkan driver.

Banyak aplikasi yang kompatibel dengan banyak tipe laptop. Jadi kamu bisa dengan mudah menyesuaikan aplikasi mana saja yang ingin kamu install. Hindari menginstall aplikasi yang nantinya hanya membuat memori jadi penuh. 

Penggunaan Charge dan Baterai Laptop

Cara menggunakan laptop ASUS yang terakhir yaitu perhatikan penggunaan charger dan baterai laptop. Dalam menggunakan laptop, selalu pastikan laptop dalam keadaan baterai terisi penuh atau setidaknya memiliki baterai yang tersimpan.

Jangan gunakan charger yang tidak original, karena dapat menyebabkan konslet karena daya yang diberikan berbeda. Jika baterai laptop sudah penuh, segera cabut charger laptop. Jangan meninggalkan charger laptop menancap hingga berjam-jam, karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan menurunkan kesehatan baterai. 

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here