6 Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

Cara menghapus aplikasi di Windows 10 sangat penting diketahui oleh semua penggunanya. Menghapus aplikasi terutama yang sudah tidak lagi terpakai akan sangat bermanfaat untuk kinerja Windows 10 yang lebih baik. 

Menghapus aplikasi di Windows 10 terdiri dari berbagai cara alternatif yang dapat kamu coba. Namun, ternyata saat kamu berusaha menghapus aplikasi, ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dihapus. Nah, aplikasi yang sulit atau tidak dapat dihapus biasanya terjadi karena beberapa faktor:

  1. Aplikasi tersebut bawaan
  2. Kemungkinan terkena virus
  3. Kamu mengizinkan fungsi tertentu di aplikasinya yang membuat aplikasi tersebut tidak dapat dihapus
  4. Aplikasi corrupt

Cara menghapus aplikasi di Windows 10

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa cara alternatif yang dapat kamu gunakan untuk menghapus aplikasi. Cara-cara di bawah juga dapat kamu gunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak dapat dihapus. Yuk, intip caranya di bawah ini:

Melalui Apps Setting

Cara pertama adalah melalui Apps Setting. Melalui cara ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Caranya, pertama klik Start terlebih dahulu di laptop Windows 10 kamu. Kemudian ketik  ‘Settings’ pada search box di menu Windows.

Selanjutnya klik menu Settings. Kemudian pilih menu Apps untuk melihat semua aplikasi di PC kamu.

Pada beberapa opsi menu di bagian kiri, pilih Apps & Features. Lalu di bagian Installing apps, pilih opsi Allow apps from anywhere.

Cara selanjutnya adalah cari aplikasi yang ingin kamu hapus. Untuk mencarinya, kamu bisa memanfaatkan fitur search box, sortir dan filter. Setelah itu, klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.

Jika muncul text box untuk mengonfirmasi, klik Uninstall lagi.

Menggunakan Windows PowerShell

Cara menghapus aplikasi di Windows 10 yang ke dua adalah menggunakan Windows PowerShell. Untuk menggunakan alternatif ini, kamu terlebih dahulu harus memasukkan kode perintah supaya perintah tersebut dapat difungsikan. 

Caranya, langkah pertama, klik kanan pada menu Windows. Lalu pilih menu Windows PowerShell (Admin). Setelah menu Administrator: Windows PowerShell akan muncul, lalu ketikkan perintah berikut ini:

DISM /Online /Get-ProvisionedAppxPackages | select-string Packagename

Selanjutnya klik enter. Setelah itu, semua aplikasi yang ada di laptop Windows 10 kamu akan muncul di Windows Power Shell. Untuk menghapus aplikasi yang kamu inginkan, kamu perlu mengetikkan lagi perintah:

DISM /Online /Remove-ProvisionedAppxPackage /PackageName: (Aplikasi yang ingin dihapus)

Misalnya kamu ingin menghapus Mozilla Firefox, maka ketikkan:

DISM /Online /Remove-ProvisionedAppxPackage /PackageName: Mozilla Firefox

Pastikan kamu menuliskan nama aplikasinya dengan benar sesuai dengan yang ditampilkan pada PowerShell. Jika sudah, tekan Enter untuk memulai proses uninstall. Pastikan juga kamu melakukan langkah di atas dengan benar, karena Windows PowerShell ini tidak memberi notifikasi setelah berhasil uninstall. Segera cek apakah aplikasi tersebut masih ada atau sudah berhasil terhapus.

Baca Juga  Cara Hibernate Windows 10 secara Aman dan Mudah

Menggunakan Aplikasi Unlocker

Cara selanjutnya untuk menghapus aplikasi di Windows 10 adalah menggunakan aplikasi Unlocker. Unlocker adalah aplikasi yang didesain khusus untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa terhapus karena sebab di atas. 

Caranya, download dan pasang aplikasi Unlocker. Jika sudah dipasang, buka aplikasi Unlocker. Kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus. Lalu klik OK pada aplikasi tersebut. Selanjutnya buka menu dropdown dan pilih Delete. Terakhir klik OK untuk memulai proses uninstall dari aplikasi. Selain digunakan untuk menghapus aplikasi, Unlocker juga dapat digunakan untuk melakukan rename dan memindahkan data di PC kamu.

Melalui Start Menu

Cara menghapus aplikasi di Windows 10 selanjutnya adalah melalui Start Menu. Cara ini sebenarnya jarang digunakan, tetapi juga cukup efektif dan layak dicoba. Caranya klik tombol Windows di laptop kamu lalu cari aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih opsi Uninstall.

Melalui Control Panel

Pertama klik Start lalu ketik Control Panel pada search box di menu Windows. Kemudian buka Control Panel. Selanjutnya arahkan cursor ke bagian opsi Programs lalu pilih menu Uninstall a program. Cari aplikasi yang ingin dihapus. Lalu klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih opsi Uninstall/Change. Jika muncul notifikasi dari User Account Control, pilih Yes untuk melanjutkan proses uninstall.

Menggunakan Safe Mode

Cara terakhir adalah dengan melalui safe mode, aplikasi yang akan dihapus akan secara otomatis nonaktif. Cara ini bisa jadi alternatif lain selain cara-cara di atas. Caranya:

  • Masuk ke menu System Configuration dengan klik tombol Windows + R.
  • Kemudian ketikan perintah msconfig, selanjutnya buka tab Boot.
  • Pada bagian Boot Option, centang opsi Safe boot.
  • Lalu pilih opsi Minimal.
  • Jika sudah, klik OK.
  • Setelah itu, laptop kamu akan otomatis restart dan masuk ke mode safe boot.
  • Lanjut uninstall aplikasi seperti biasanya.
  • Jika sudah, masuk ke menu System Configuration lagi.
  • Lalu hapus tanda centang pada Safe boot dan klik OK untuk kembali ke mode normal.

Penutup

Demikian adalah Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10, dengan melakukan tips di atas maka akan meminimalisir kinerja laptop kamu. Sehingga terhindar dari loading lambat yang bikin tidak sabar.

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here