Cara Menghapus Sampah Di Laptop Windows 10 Hingga Bersih

Pada kesempatan ini kita akan bahas tuntas cara menghapus sampah di laptop windows 10, namun sebelum itu ketahuilah, sampah di laptop adalah istilah yang digunakan untuk file-file yang sudah tidak berguna lagi tapi masih tersimpan di dalam drive. File sampah ini dapat berupa temporary file, cache, leftover dari aplikasi yang sudah dihapus, dan file-file lain yang sudah tidak dibutuhkan. 

File sampah di laptop Windows 10 yang tidak segera dibersihkan akan menumpuk yang kemudian membuat hard disk penuh. Kondisi ini akan membuat Windows 10 menjadi lemot. Karenanya, file sampah harus dibersihkan. Ada beberapa cara untuk menghapus file sampah di Windows 10. Simak caranya di bawah ini:

Cara Menghapus Sampah di Laptop Windows 10

Menggunakan CCleaner

Cara menghapus file sampah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini merupakan aplikasi cleaner untuk Windows terbaik yang dapat kamu akses secara gratis. CCleaner memiliki beberapa tools dalam membersihkan file sampah, yaitu membersihkan cache aplikasi, file temporary, browser cache dan tracker hingga system registry. 

Selain itu, CCleaner juga memiliki tools software uninstaller dan updater yang memungkinkan untuk memastikan tidak ada file yang tersisa saat kamu menghapus program di Windows 10. Adapun cara membersihkan sampah di CCleaner sebagai berikut:

Pertama, buka aplikasi CCleaner, lalu masuk ke tab Easy Clean. Klik Analyze dan tunggu hingga proses analisis selesai. Setelah itu, akan muncul daftar file sampah yang bisa dibersihkan dengan aman. Lalu klik tombol Clean All.

Kamu juga dapat menggunakan menu ‘Custom Clean’ untuk membersihkan sampah dari aplikasi atau browser tertentu yang kamu kehendaki. Fitur ini juga sangat berguna ketika kamu tidak ingin file cache tertentu dihapus. 

Selain itu, untuk membersihkan System Registry kamu bisa menggunakan fitur Registry Cleaner. Tapi saat menggunakan fitur ini, kamu harus lebih berhati-hati karena bisa menyebabkan eror. Jadi, lakukan backup terlebih dahulu sebelum menggunakannya.  

Aplikasi pembersih file sampah ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Langsung saja download dari situs resminya di:

https://www.ccleaner.com/ccleaner/download

Menggunakan Storage Sense

Cara menghapus sampah di laptop Windows 10 yang ke dua adalah dengan menggunakan Storage Sense. Cara ke dua ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Jadi, buat kamu yang tidak suka dengan aplikasi tambahan lain, cara ini cocok.

Storage Sense sendiri merupakan fitur bawaan yang hanya ada di Windows 10. Fitur ini memiliki tugas untuk melakukan pembersihan drive penyimpanan dari temporary files, old caches, previous update files, hingga file sampah lain yang biasanya memenuhi hard disk dan memberatkan sistem.

Baca Juga  ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Paling Ringan

Saat fitur pembersihan otomatis diaktifkan, maka kamu bisa menjaga Windows 10 tetap bersih dari file sampah tanpa harus membersihkannya secara manual karena Storage Sense akan melakukannya secara berkala sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan. Adapun cara akses Storage Sense adalah:

Buka Settings > System > Storage. Hidupkan Storage Sense dengan menekan tombol menjadi On.

Lalu klik Configure Storage sense or run it now. Untuk menghapus file sampah secara otomatis di Windows 10, kamu dapat menentukan jadwalnya, dan satu bulan sekali adalah yang paling ideal.

Langkah terakhir tekan tombol Clean now untuk melakukan scan hard disk dan membersihkannya. Storage Sense sendiri sangat efektif untuk membersihkan file sampah di Windows 10 secara otomatis, terutama untuk menghapus file-file sisa update Windows yang seringkali ukurannya bisa mencapai 5 GB-an. Kalau tidak dibersihkan file ini bisa membuat drive C cepat penuh.

Menggunakan Total PC Cleaner

Cara menghapus sampah di laptop Windows 10 terakhir adalah dengan menggunakan Total PC Cleaner. Total PC Cleaner juga merupakan aplikasi yang bagus untuk kamu gunakan sebagai alat pembersih di laptop Windows 10.

Aplikasi ini juga dapat kamu akses secara gratis. Tampilan aplikasi ini cukup sederhana dan sangat mudah sekali digunakan oleh orang awam, cukup dengan beberapa klik saja semua file sampah yang memenuhi hard disk bisa dibersihkan.

Caranya adalah dengan Install aplikasinya di Microsoft Store. Buka Microsoft Store lalu ketik “total pc cleaner” pilih aplikasinya lalu klik Install. Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi Total PC Cleaner tersebut lalu klik Start Scan. Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai. Setelah itu, pilih file sampah yang ingin dibersihkan. Klik tombol Clean.

Aplikasi ini bisa membersihkan semua file caches dari sistem, aplikasi, email, dan browser. Saat melakukan scanning, aplikasi Total PC Cleaner juga akan mendeteksi file-file besar yang ada di folder Download sebagai file sampah. Pastikan kamu memperhatikan file terutama di folder download yang ter-scan aplikasi ini. Jangan sampai kamu memilih untuk menghapus file yang masih kamu gunakan. Selamat mencoba!

 

FYI : Bagi anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, anda bisa mengunjungi link ini, atau langsung menghubungi support.

 

Artikel Terbaru

8 Cara Keluar Dari BIOS Utility ASUS Yang Masuk Terus

BIOS memiliki perang penting dalam sistem komputer atau laptop...

Cara Refresh Laptop Asus Agar Tidak Ngelag

Jika laptopmu ASUS mu tiba-tiba alami lag parah, kamu...

Cara Mengganti VGA di Laptop ASUS, Bisa atau Tidak?

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengganti VGA...

Penting, Cara Mengatasi Boot Loop Laptop ASUS

Apakah laptop ASUS kamu tiba-tiba tidak bisa masuk sistem?...

Syarat Dan Cara Klaim Garansi Laptop ASUS

Sebagai pengguna laptop ASUS, hendaknya mengetahui syarat dan cara...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

× Hubungi Kami