Cara Menghidupkan Laptop ASUS yang Mati Paling Mudah

Apabila laptop Anda mati, atau tiba-tiba mati, mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda cari tahu penyebab dari hal tersebut. Sehingga pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menghidupkan laptop ASUS yang mati.

Kalau laptop Anda masih dalam jangka waktu garansi, sangat direkomendasikan untuk mencoba klaim garansi tersebut. Karena bisa jadi hal itu terjadi karena kegagalan produk. Namun untuk lebih lanjutnya, berikut telah kami rangkum untuk Anda.

Atau apabila Anda ragu, Anda perlu cek garansi untuk laptop ASUS Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui apakah laptop Anda telah tergaransi.

Beberapa Penyebab Laptop Mati

Ada beberapa faktor yang membuat laptop ASUS mati. Ada yang mati sementara lalu bisa hidup lagi, hingga yang mati total tidak dapat dihidupkan kembali. Dua penyebab umum laptop ASUS mati di antaranya:

Overheat

Overheat

Overheat terjadi saat suhu laptop terlalu panas sehingga prosesor otomatis berhenti bekerja dan laptop mati dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, laptop akan kembali normal saat suhu sudah turun. 

Karenanya, saat laptop mati, pastikan kamu memeriksa sirkulasi pendingin laptop apakah bekerja dengan baik atau tidak. Hindari memakai laptop di atas kasur, sofa, atau bantal karena menghambat sirkulasi udara. 

Untuk menyalakan kembali laptop ASUS yang overheat adalah dengan menekan tombol power laptop saat suhu laptop sudah turun, tidak lagi panas. Maka laptop akan kembali menyala seperti semula. 

Motherboard Bermasalah

Motherboard Bermasalah 

Motherboard adalah komponen penting dalam laptop ASUS maupun lainnya. Saat motherboard rusak, laptop tidak bisa hidup sama sekali. Motherboard biasanya rusak karena umur laptop atau penggunaan yang terlalu berat tidak sebanding dengan kemampuan dan spesifikasi laptop. 

Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati

Nah, buat kamu pengguna laptop ASUS yang tiba-tiba mati, kamu bisa lakukan cara menghidupkan laptop ASUS yang mati di bawah ini:

Cek Baterai

Hindari Laptop Mati Total

Baterai adalah sumber daya utama untuk laptop. Jadi, pastikan kamu cek apakah daya baterainya berisi atau tidak. Namun, jika laptop masih mati saat kabel baterai sudah dicolokkan, tunggu beberapa saat hingga baterai terisi beberapa persen.

Laptop tetap mati saat sudah diisi daya biasanya karena baterai habis total sehingga butuh beberapa waktu hingga baterai terisi dan bisa dinyalakan kembali. Jika masih belum dinyalakan, cobalah lepas baterai laptop (jika bukan baterai tanam) lalu pasang lagi. 

Cek Power Supply

Jika lampu indikator laptop mati tetapi adaptornya normal, coba periksa soket DC yang berada pada power supply laptop kamu. Soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil atau mengalir dengan tidak seimbang ke dalam komponen laptop. Sehingga laptop tidak akan bisa menyala.

Voltase / tegangan listrik yang tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan komponen power pada laptop ASUS kamu. Jadi, kurangilah tegangan listriknya. Yang paling penting, periksa juga tombol on/off power supply, lalu periksa juga ic power. Input daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak menyala.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Scroll 2 Jari Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Lakukan cara ini: lepaskan kabel charger lalu tekan tombol power on 30 detik hingga daya habis, atau lampu dalam keadaan mati. Kemudian pasang kembali charger dan coba hidupkan laptop ASUS kamu. 

Cek RAM Laptop

Cek RAM Laptop

Jika semuanya baik-baik saja, termasuk baterai juga masih penuh tapi layar tidak menampilkan apapun atau blank, kemungkinan besar masalahnya ada pada RAM laptop ASUS kamu. Untuk mengatasinya, coba lepaskan RAM lalu bersihkan PIN RAM dengan menggosoknya pada penghapus pensil lalu pasang kembali RAM. Coba juga pasang RAM pada socket yang berbeda, jika pada laptop kamu ada dua socket RAM. 

Cek Processor Laptop

Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati selanjutnya adalah dengan mengecek processor. Processor adalah komponen otak pada laptop dan komputer. Jadi, saat processor pada laptop mengalami kerusakan, otomatis laptop juga akan mati.

Penyebab paling umum rusaknya processor adalah karena overheating. Overheating terjadi karena pasta processor yang kering, fan, dan heatsink processor yang kotor, hingga tidak seimbang antara processor dengan RAM.

Cek Motherboard Laptop

Motherboard atau mainboard berfungsi sebagai komponen induk dalam laptop dimana komponen ini dapat menyambungkan satu dan lain komponen. Kerusakan motherboard sering ditandai dengan adanya bunyi “bip..bip..bip..”. Kemudian, laptop kamu mati total. 

Kerusakan motherboard juga ditandai dengan tidak adanya komponen atau lampu supply yang hidup. Untuk menghidupkan kembali laptop yang motherboardnya rusak, kamu perlu mengganti motherboard kamu dengan yang baru dan pastikan original. 

Bagaimana Jika Lampu Power Mati?

Jika lampu power laptop kamu mati, lakukanlah cara berikut:

Pertama, pastikan kamu menggunakan adaptor AC dan power cord AC dengan spesifikasi sesuai dengan yang disediakan oleh ASUS. Kemudian, cek apakah steker adapter longgar atau tidak, atau coba masukan ke outlet yang berbeda. Langkah selanjutnya, cek apakah ada kerusakan pada kabel adaptor AC. Apabila ada silahkan gunakan adaptor lain.

Lepaskan semua perangkat eksternal, seperti USB, memory Card, kabel internet, HDMI, CD-ROM, dll. Selanjutnya, lepaskan juga baterai (Untuk model baterai yang dapat dilepas) dan langsung gunakan adaptor AC untuk charging perangkat.

Kemudian, lepaskan adaptor AC, kemudian tekan dan tahan tombol power selama 40 detik untuk mereset CMOS.

Pasang kembali baterai (untuk model baterai yang dapat dilepas) dan hubungkan adaptor AC, kemudian coba restart laptop kamu.

Penutup

Demikian cara menghidupkan laptop ASUS yang mati, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Kedepannya, sebagai hal yang dapat kami rekomendasi untuk Anda adalah pastikan Anda tahu bagaimana cara merawat laptop. Sehingga hal tersebut dapat memperkecil kerusakan laptop.

FYI : Bagi Anda yang lagi butuh rekomendasi laptop buat kerja, Anda bisa mengunjungi link ini. Atau langsung menghubungi support.



Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here