Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

Cara menghilangkan test mode windows 10 mungkin menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak Anda jika Anda sering menggunakan fitur test mode untuk menginstal driver atau aplikasi yang tidak bersertifikat.

cara menghilangkan test mode di windows 10
ytimg.com

Test mode adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak memiliki tanda tangan digital yang sah tanpa mengganggu kinerja sistem.

Namun, test mode juga dapat menimbulkan risiko keamanan dan mengganggu tampilan layar Anda dengan menampilkan watermark “test mode windows 10” di pojok kanan bawah.

Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menonaktifkan test mode setelah selesai menggunakannya. Dalam artikel ini, ASUS Business akan membahas beberapa cara untuk menghilangkan test mode windows 10 dengan mudah dan cepat. Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Munculnya Test Mode di Windows 10

Sebelum lanjut ke cara menghilangkan test mode windows 10, anda sebaiknya tahu dulu apa penyebab munculnya test mode di Windows 10 ini.

Penyebab munculnya test mode di windows 10 adalah karena Anda mengaktifkan fitur tersebut secara sengaja atau tidak sengaja saat menginstal driver atau aplikasi yang tidak bersertifikat oleh Microsoft.

Test mode adalah fitur yang berfungsi untuk mengetes sistem ketika dipasang suatu driver di luar bawaan Microsoft. Contoh driver yang umumnya bisa memunculkan pesan test mode adalah trackpad, audio, keyboard, dan lain-lain.

Test mode memungkinkan Anda untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak memiliki tanda tangan digital yang sah tanpa mengganggu kinerja sistem. Namun, fitur ini juga dapat menimbulkan risiko keamanan dan mengganggu tampilan layar dengan menampilkan watermark “test mode windows 10” di pojok kanan bawah.

Fitur test mode tidak hanya ada di Windows 10, tetapi juga di Windows 7, Windows 8, hingga Windows 11. Untuk itu cara menghilangkan test mode windows 10 dan versi lainnya mungkin bisa jadi berbeda dengan cara menghilangkan tes mode di artikel berikut ini.

Jika Anda ingin menonaktifkan test mode, Anda bisa menggunakan CMD atau aplikasi pihak ketiga seperti Test Mode Remover.

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 Menggunakan CMD

cara menghilangkan test mode di windows 10

Cara menghilangkan test mode windows 10 yang pertama adalah menggunakan CMD. CMD atau Command Prompt adalah salah satu alat bawaan Windows yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai perintah sesuai dengan kode yang dimasukkan.

Baca Juga  Cara Mereset Laptop ASUS Ke Settingan Pabrik Paling Mudah

Salah satu fungsi CMD adalah untuk menghilangkan test mode windows 10 dengan cara menonaktifkan fitur tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka CMD sebagai Administrator dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketikkan cmd dan tekan Ctrl+Shift+Enter. Atau Anda juga bisa mencari cmd di kolom pencarian Windows di tombol Start, lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  2. Setelah CMD terbuka, ketikkan perintah berikut lalu tekan Enter:

bcdedit -set TESTSIGNING off

  1. Jika perintah berhasil, Anda akan melihat tulisan “The operation completed successfully” di bawah perintah tersebut.
  2. Selanjutnya, restart Windows 10 Anda untuk menerapkan perubahan. Setelah restart, Anda tidak akan melihat lagi tulisan test mode windows 10 di layar Anda.

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 Menggunakan Aplikasi

Cara menghilangkan test mode windows 10 yang kedua yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda tidak ingin repot menggunakan CMD, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan test mode windows 10 dengan mudah.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Test Mode Remover, yang dapat diunduh secara gratis dari situs resminya. Berikut langkah-langka cara menghilangkan test mode windows 10 ,enggunakan Tes Mode Remover:

  1. Unduh dan instal aplikasi Test Mode Remover dari situs resminya.
  2. Jalankan aplikasi tersebut sebagai Administrator dengan cara klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  3. Pada jendela aplikasi, klik tombol Remove Test Mode dan tunggu prosesnya selesai.
  4. Setelah selesai, restart Windows 10 Anda untuk menerapkan perubahan. Setelah restart, Anda tidak akan melihat lagi tulisan test mode windows 10 di layar Anda.

Kesimpulan

Test mode windows 10 adalah fitur yang berguna untuk menginstal driver atau aplikasi yang tidak bersertifikat oleh Microsoft tanpa mengganggu kinerja sistem.

Namun, fitur ini juga dapat menimbulkan risiko keamanan dan mengganggu tampilan layar dengan menampilkan watermark “test mode windows 10” di pojok kanan bawah.

Untuk cara menghilangkan test mode windows 10, Anda bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan CMD atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Test Mode Remover. Kedua cara ini sama-sama mudah dan cepat untuk dilakukan.

Demikian artikel kami tentang cara menghilangkan test mode windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Cara Memilih Google Slides Background Agar Presentasimu Menarik

Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang populer. Untuk...

Apa Tugas Admin Marketing Online? Simak Jawabannya Di Sini

Tertarik menjadi admin marketing online? Jik iya, kamu harus...

Daftar Bisnis Online 2023 Dengan Prospek Bagus

Tertarik memulai bisnis online di tahun 2023? Sebelum itu...

10 Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional

Tertarik memulai bisnis online? Jika iya, maka Anda harus...

10 Teknik Marketing Online Yang Efisien

Teknik marketing online adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here